infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

KPUD Palembang Dihimbau Netral

Posted by infokito™ pada 8 Juni 2008

Dewan meminta KPUD Palembang profesional dan netral dalam melaksanakan tugasnya supaya hasil pilkada dapat diterima semua pihak. Ketua Komisi I DPRD Kota Palembang Mulyadi mengimbau KPUD Kota Palembang untuk netral dalam pelaksanaan Pilkada Kota Palembang yang diselenggarakan Sabtu kemarin. Dia menuturkan, keberadaan KPUD saat ini menjadi sorotan masyarakat dalam pelaksanaan pilkada. Karena itu, diharapkan KPUD bisa bersikap netral dalam pilkada supaya tidak menimbulkan masalah di masyarakat.

“Kita hanya mengingatkan KPUD Kota Palembang untuk tetap netral dan tidak melakukan berbagai kegiatan yang dianggap kecurangan dari berbagai pihak,” jelasnya kemarin. Dia mengatakan, KPUD Kota Palembang adalah lembaga perwujudan demokrasi sehingga jangan dirusak. Dia berharap, lembaga yang menangani permasalahan suara rakyat itu bersikap profesional.

“Karena sedikit saja salah dalam pelaksanaan di lapangan, dapat menimbulkan persoalan yang dapat merugikan kita semua,” tandasnya. Sementara menyikapi banyaknya pengaduan beberapa pihak kepada pihak berwajib dan maraknya aksi demo selama pilkada,Mulyadi mengatakan, hal itu merupakan bentuk demokrasi yang tidak bisa dihindari. Dia menyatakan, KPUD Kota Palembang dapat menyikapi dan mengambil kesimpulan seputar aksi yang dilakukan berbagai pihak.

“Kami berharap KPUD dapat menyelesaikan semua persoalan yang terjadi selama masa kampanye kemarin,” ungkapnya. Selain itu, kata dia, KPUD Kota Palembang harus berani mengambil sebuah keputusan dalam bentuk pemberian sanksi bagi pihak yang melanggar. “Sebab, banyaknya laporan pelanggaran yang masuk ke meja KPUD Kota Palembang belum terselesaikan dengan baik. Kita berharap gerak cepat dari KPUD Kota Palembang dalam menyelesaikan berbagai persoalan itu, ”tandasnya.

Mulyadi meminta KPUD juga cermat menyikapi masalah yang dapat merugikan salah satu pasangan calon. Dia berharap KPUD Kota Palembang dapat mengatasi permasalahan intimidasi yang masih dilakukan oknum salah satu tim kampanye.Dia menilai intimidasi merupakan pelanggaran hukum yang merusak citra Pilkada Kota Palembang.

”Kita berharap KPUD dapat jeli melihat sebuah persoalan agar tidak menimbulkan persolan baru nantinya setelah penghitungan suara dilakukan,”ujarnya tegas. Sementara itu, Ketua KPUD Palembang Kemas Khoirul Mukhlis mengatakan, pihaknya selama ini bersikap netral dan menolak tegas tudingan KPUD berat sebelah atau berpihak kepada salah satu calon.

”Sebab, KPUD Kota Palembang merupakan lembaga yang dibentuk berdasarkan undangundang yang merupakan hukum tertinggi,”tandasnya kemarin. Mukhlis menyebutkan, KPUD Kota Palembang selama ini menjadi sasaran tembak salah satu calon dan pihak tidak bertanggung jawab yang ingin merusak tatanan demokrasi. Karena itu, KPUD Kota Palembang selalu dipersalahkan dalam setiap persoalan pelaksanaan pilkada.

“Seluruh anggota KPUD Kota Palembang telah berusaha maksimal menyelenggarakan pilkada yang baru pertama kali ini. Kita jamin hasilnya valid dan bisa dipertanggungjawabkan di hadapan publik,”bebernya. Dia menambahkan, apabila dalam penghitungan suara nantinya terdapat beberapa pihak yang tidak menerima, sebaiknya disampaikan secara bijaksana.Dia menegaskan, pihaknya sangat kooperatif dalam menerima laporan maupun aduan dari masyarakat untuk kesuksesan Pilkada Kota Palembang. (edy parmansyah/SINDO)

Satu Tanggapan to “KPUD Palembang Dihimbau Netral”

  1. Pindi said

    Selamat Pak Eddy Santana Putra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: