infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

HET Elpiji Ditoleransi Rp 60.000

Posted by infokito™ pada 7 Juni 2008

Tingginya harga gas untuk konsumsi rumah tangga 12 kg saat ini disinyalir merupakan permainan para agen dan pengecer gas. Akibatnya harga ketentuan Pertamina Rp 55-60 ribu melambung tinggi melebihi ketentuan, Oleh sebab itu Pertamina mengajak masyarakat untuk berperan aktif dan melaporkan jika terjadi kecurangan.

“Sangat disayangkan, masih banyak agan yang berbuat curang dengan menjual gas 12 kg diluar harga ketentuan pemerintah. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan oleh sebab itu jika ada yang melakukan kecurangan segera laporkan ke Polisian, YLKI atau Hiswana Migas,” tegas Humas Pertamina, Robert, Kamis (5/6).

Menurutnya berdasarkan ketentuan pemerintah gas elpiji konsumsi keluarga dijual Rp 55-60 ribu pertabung. Jadi jika ada yang melebihi ketentuan segera laporkan, sebab dapat merugikan masyarakat.
Ia mengatakan, kondisi ini tidak bisa dibiarkan. Mengingat kesulitan masyarakat akan lebih terasa ketika kebutuhan mereka akan gas semakin sulit, sehingga tak jarang agen sengaja menciptakan kondisi kelangkahan sehingga dengan seenaknya mereka bisa meningkatkan nilai jual barang.

“Saya khawatir sekali sebab saya dengar saat ini harga tabung gas mencapai Rp 70 ribu untuk tabung 12 kg, bahkan saya juga sempat mendapat keluhan ketika harga pertabung menginjak harga Rp 100 ribu,” keluhnya.

Disinggung mengenai tidak tersedianya tabung 12 kg dipasaran, Robert mengatakan, saat ini suplai tabung perhari tersebut mereka lakukan. Tetapi kebutuhan gas rumah tangga banyak diambil alih oleh pelaku usaha, sehingga tak jarang mereka melakukan aksi borong tabung gas sebanyak 12-15 tabung perhari.

Menurutnya setiap bulan Pertamina mendistribusikan 2.951 ribu tabung perbulan, sedangkan kebutuhan tabung gas 12 kg perhari sebanyak 138 ton perhari. Sedangkan khusus pelaku usaha Pertamina memberikan subsidi sebesar Rp 6 ribu per kg untuk tabung 50 kg, dengan harapan mereka tidak akan mengurangi jatah gas rumah tangga. (cw5/SRIPO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: