infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Semen Baturaja Capai Rp 70.000 per Sak

Posted by infokito™ pada 3 Juni 2008

Harga semen Baturaja di tingkatan pengecer harganya merangkak naik hingga Rp 70 ribu per sak, Selasa (3/6) menyusul kelangkaan jenis semen tersebut di pasaran. Padahal distributor menetapkan harga jual mencapai Rp 50 ribu per sak.

Pantauan sripo di beberapa toko bangunan di wilayah Perumnas, Lemabang hingga Kertapati rata-rata harga berkisar Rp 65 ribu hingga 75 ribu per sak. Padahal pihak distributor hanya menetapkan harga Rp 50 ribu persak.

Seperti yang diungkap Juan, pegawai toko Sumber Jaya di Jl Jend A Yani 7 Ulu khusus semen Baturaja sulit sekali di cari kalau pun ada pasti harganya mahal dan langsung diserbu pembeli terutama pengembang perumahan.

“Memang harganya mahal tapi semen itulah yang paling banyak dicari konsumen,” kata Juan sembari mengakui pabrik semen Baturaja di Kertapati cenderung membatasi pembelian.

Menurut Juan, tokonya bisa dapat empat mobil, tetapi satu bulan ini paling cuma dapat satu mobil saja satu mobil truk berkapasitas 160 sak semen. Untuk mengatasi kelangkaan semen, menurutnya toko biasanya menyediakan semen cadangan lain merek Holcim atau Tiga Roda yang harganya mencapai Rp 60 ribu dan Rp 65 ribu per sak.

Begitupun sejumlah toko bangunan Besi Naga Mas yang berada di Jl Musi Raya No 218. Novi pegawai malah tidak menyediakan semen Baturaja karena tidak ada stok.

“Kami hanya menyediakan Holcim dan Tiga Roda yang beasal dari Jakarta, sulit kalau cari Semen Baturaja stoknya memang tidak ada,” tegasnya.

Kesulitan pemilik toko makin bertambah bila air sungai musi surut atau tidak sedang pasang. Biasanya kapal pengangkut semen dari Jakarta tidak datang akibatnya stok semen merk Holcim maupun Tiga Roda juga menipis dan harganya juga naik.

“Terakhir, minggu lalu harga semen Baturaja mencapai Rp 60 ribu sekarang malah Rp 70 ribu,” kata Merry pemilik toko bangunan Herman yang berad di Jl Siaran No 1 Palembang.

Ria, salah salah satu pegawai distributor semen Baturaja PD Sumber Rezeki ketika ditemui Sripo di kantornya yang berada di Jl A Yani No 42 7 Ulu menegaskan semen Baturaja sedang kosong dan hingga sore ini pihaknya baru mendapatkan satu mobil saja yang berisi 160 sak dan langsung habis.

“Lihat saja, gudang kami kosong,” tegas Lia yang enggan menyebutkan kapasitas semen yang didapatnya dari PT Semen Baturaja Palembang.*(Dewi Handayani/SRIPOS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: