infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Danau Ranau Butuh Investor

Posted by infokito™ pada 2 Juni 2008

Keelokan wisata alam nan asri dari taman Wisata Danau Ranau, seakan tenggelam dalam riuhnya Visit Musi 2008, minimnya Promosi dan juga Inovasi dalam pengelolaan wisata itu dituding menjadi penyebabnya. Ketua DPRD OKUS HA Wahab Nawawi SSos MM menyatakan bahwa Danau Ranau butuh Investor terkait recovery danau ranau terkait pembangunan Fisik dan promosi. Dirinya meminta Dinas terkait untuk lebih kreatif dan inovatif agar recovery tempat wisata tersebut lebih maksimal.

Lebih lanjut dalam penjelasan resmi ini Wahab ditemani oleh beberapa Wakil dari setiap komisi, yaitu Al Juandi dari Komisi I, Sugirikso dari Komisi II dan Meriadi dari Komisi III. Wahab menyatakan bahwa selama ini SKPD yang membidangi masalah ini yaitu Dinas Pariwisata belum mempunyai keinginan yang kuat, terbukti belum adanya investor yang berminat melakukan investasi untuk pembangunan kawasan wisata tersebut. Padahal apa yang dimiliki oleh Danau tersebut punya nilai wisata yang eksotis dan masih asri, seharusnya menurut wahab ada Inovasi kreatif agar ada perubahan terkait hal itu.

Begitu banyak yang bisa dilakukan oleh Dinas pariwisata sebagai leading sector dibidang ini, seperti membuat website khusus. Selain itu ikut dalam pameran pariwisata, membuat leaflet khusus, kalender, bulletin, ataupun memasang iklan di bandara. Sehingga bukan hanya Investor yang tertarik, namun calon Wisatawan Domestic ataupun mancanegara akan tertarik dan mendatangi kawasan wisata tersebut.

Terpenting adalah hal tersebut akan menambah PAD OKU Selatan sendiri, kalaupun memang Dinas pariwisata dapat membuat inovasi dan gebarakan yang baik seperti itu, dirinya dan Anggota DPRD OKUS yang lain akan mendukung sepenuhnya, ” Dengan promosi yang baik tapi tepat sasaran, investor dan wisatawan akan datang ke OKU Selatan dan PAD pun bisa meningkat,” ujar Wahab

Senada dengan itu Al Juandi berkomentar lebih keras, terkait recovery danau ranau tersebut jangan hanya mengadakan seremony acara ataupun festival apapun yang menghabiskan biaya jutaan rupiah. Namun tidak mendatangkan hasil baik untuk mendatangkan investor maupun maupun wisatwan. Menurut Al Juandi hal-hal yang berkaitan denagn promosi adalah hal-hal yang seharusnya sudah dipahami oleh Dinas pariwisata. Dirinya menyatakan bahwa pembuatan website ada yang gratis, kalaupun harus bayar hanya empat juta rupiah namun hasil yang dicapai luar biasa.

Menurut Al Juandi karena jutaan mata sekarang perharinya berada didepan layar computer untuk browsing internet, jadi itu peluang agar Wisata danau ranau terlihat keberadaan dan keindahannya. Tidak hanya oleh orang Indonesia namun jutaan manusia dibelahan dunia manapun, “ Promosi harus efektif efisien dan tepat sasaran, sehingga tidak ada pemborosan,” ujar al Juandi diamini oleh yang lain.

Ketika kami mewawancarai sebagian masyarakat, mereka membenarkan bahwa selama ini promosi danau ranau hanya pada acara ini dan itu, tapi tidak ada promosi berarti. Promosi tersebut seperti kalender atau leaflet maupun Promotion Board pariwisata di pintu masuk OKU selatan, yang bisa menjadi petunjuk bagi siapapun yang memasuki OKU Selatan, bahwa banyak tempat yang Indah di OKU Selatan, seperti kawasan Wisata danau ranau.

Dirinya meminta semua pejabat tidak saling menyalahkan namun bersama-sama merumuskan bagaimana recovery Danau ranau serta menjadikan tempat tersebut sebagai aset utama OKU Selatan. Sehingga pengelolaaannya bisa maksimal,” ujar Benny warga Kisau.

Kami berusaha meminta konfirmasi kepada Kepala Dinas pariwisata Yusuf Arni Ms, terkait tudingan beberapa pihak yang menyatakan bahwa dirinya kurang maksimal dalam melakukan pengelolaan danau ranau. Namun sayangnya ketika beberapa kali ingin ditemui, Yusuf tidak bisa ditemui karena alasan sibuk dan juga ketika dikonfirmasi via telpon, nomer HP Kepala Dinas tersebut belum bisa dihubungi. (fedrik adhar/SRIPO)

9 Tanggapan to “Danau Ranau Butuh Investor”

  1. khotaman said

    saya asli dari danau ranau, menurut saya untuk mempromosikan danau ranau tidaklah sulit, tetapi yang lebih sulit adalah keseiapan dari masyarakat ranau itu sendiri, ranau ini susah di capai dari kota, maka perlu transportasi yang handal, seni budayanya sudah semakin luruh sehingga masyarakat ranau sekarang tidak lagi memikirkan apakah daerahnya mau dijadikan daerah wisata, tetapi mereka memikirkan untuk bertahan hidup……

  2. Wrisaba said

    makasih sekali, kalu bapak dewan yang terhormat perhatian dg masalah danau ranau yg kita cintai ini, ku rasa selain sdm dg moral yg bagus, ya infrastruktur ni, gimana ranau mau maju kalo listrik saja hanya hidup malem hari, kadang giliran pula. gimana mau buat situs, pemkab okus saja belum punya, mo masang spedy aja pemkab ga mau, apalagi mo pasang hotspot viasat.. kayaknya berat, tapi jujur aja, aku walau di ranau tidak ada warnet, tetep bisa browsing, chatting and lain”.. tunggu aja blogg ku. ranau asli.

  3. edward said

    memang tidak mudah untuk memajukan kota wisata,seharusnya masyarakat itu sendiri mendukung dengan adanya wacana/program2 yg di rencanakan oleh pemerintah,danau ranau adalah tempat wisata yang bagus untuk kedepannya maka dari itu pemerintah perlu adanya investor/untuk memajukan kota wisata kita, walaupun entah kapan itu terlaksana,toh kita menyadari kota kita jauh tertinggal oleh kota2/daerah2 yg lain. harap di maklumkan saja bangkitlah dan majulah daerah ku. “putra asli muaradua haji.”

  4. romeo said

    smoga OKUS (muaradua, ranau dan kota2 OKUS lain nya) tetep maju dengan infrastruktur baru smoga jg bapak2 yang ada di OKUS siap bersaing dengan tetangga kota OKUS seperti OKUT yang perkembangannya dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakatnya, PESAN buat bapak2 pembangunan daerah OKUS fokus dan lebih mendahulukan kepentingan masyarakat daripada kepentingan pribadi, saya tetap mendukung OKUS atas perkembangannya bravo KOTA MUARADUA.

  5. hoi roby kartolo ma mno boz kto tu lah pack ngnt cak nyo nii

  6. sairanau said

    to :
    Ketua DPRD OKUS HA Wahab Nawawi SSos MM

    kalau memang pemda stempat dan didukung oleh pemda sumsel untuk memajukan Danau ranau pemerintah pusat jakarta siap membantu,

    tamong jak ranau

  7. Dengan ini kami tawarkan Kerjasama
    FASILITAS KREDIT MIN $ 5.000.000,-via Singapore
    Skema Agunan : Existing LC / SBLC / BANK GARANSI /CREDIT LINE
    Jika Bapak/Ibu pimpin sekiranya memerlukan informasi detil mengenai skema ini kiranya dapat menghubungi kami ZAKIRA KONSULTAN 021-32019028 / 08129670040
    atau pada email konsultankredit@yahoo.com .

    Salam
    David Al-fitri, ST

  8. online said

    awal yang baik

  9. I. Dee said

    thn 1985 aku sdh idak di okus, merantau.
    Tiap balek ke okus kadang dewean, kadang sekeluarga, pasti nyempatkan jalan2 ke ranau.
    Nyaris 30 tahun aku merantau tiap keranau penjingoan ku masih pecak dulu lah..
    Iwak mujairnyo yg berubah jadi iwak nila. Hampir nian aku tekijang..
    Sikok guru sikok ilmu jgn saling ganggu
    ha ha ha ha
    salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: