infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Protes BBM di Eropa Meluas

Posted by infokito™ pada 30 Mei 2008

Aksi protes yang didorong oleh kenaikan harga minyak menyebar ke lebih banyak negara di Eropa, dengan pemogokan ribuan nelayan. Di Spanyol, negara terbesar penghasil ikan di Eropa, pemogokan diperkirakan akan mengancam produksi industri perikanan. Para nelayan di Prancis sudah beberapa minggu menggelar protes, dan mitra-mitra mereka di Portugal, Belgia dan Italia juga melakukan unjuk rasa. Para supir truk barang di Inggris dan Belanda mengadakan aksi protes serupa pada awal pekan ini.

Pemogokan itu mencerminkan kemarahan mereka atas kenaikan harga bahan bakar minyak, dengan harga minyak di atas $130 per barel. Serikat-serikat pekerja mengatakan harga solar sangat tinggi, setelah naik 300% lebih dalam lima tahun belakangan. Sementara itu, harga grosiran ikan selama 20 tahun terakhir ini statis.

Komisi Eropa telah menjanjikan bantuan langsung untuk merombak industri perikanan Eropa, namun komisi itu mengatakan subsidi untuk mengurangi kenaikan harga BBM akan ilegal.

Pembakaran ban

Beberapa ribu nelayan mendatangi kementerian pertanian di Madrid, di mana mereka membagikan 20 ton ikan segar kepada warga di depan umum untuk menarik perhatian pada krisis yang dihadapi industri perikanan.

Banyak dari nelayan yang membunyikan peluit dan melambaikan poster bergambar ikan mati. Seorang pemimpin serikat di Barcelona mengatakan kegiatan penangkapan ikan di negara itu terhenti.

“Semua kegiatan terhenti,” kata Jose Caparros kepada kantor berita AFP.

Serikat-serikat buruh Spanyol juga mengancam mereka akan memblokir pelabuhan, sehari setelah polisi Prancis dengan paksa membubarkan para nelayan yang memblokir depot minyak.

“Kami harus mengerahkan rakyat Prancis dan jika kami harus memblokir pelabuhan, kami akan melakukannya,” kata Xavier Aboy, pemimpin serikat pekerja di kawasan Galicia di Prancis barat laut kepada kantor berita AFP.

Di Prancis, aparat berwenang menawarkan 100 juta ero dalam bentuk bantuan, yang mendorong sebagian nelayan kembali bekerja.

Pada Kamis subuh, polisi anti huru-hara Prancis membubarkan para pengunjuk rasa dari depot minyak di Fos-sur-Mer dan Lavera di Laut Tengah, serta dari kilang minyak miliki perusahaan Total di La Mede, Prancis selatan.

Pada hari yang sama, polisi bentrok dengan demonstran yang membakar ban di kota pelabuhan Lorient, sementara ratusan lainnya menggelar protes di Quimper, Brittany.

Di Italia, setidaknya 5.000 nelayan diperkirakan akan melakukan pemogokan, kata serikat buruh utama di negara itu, Federcoopesca. Pemerintah Italia sudah menolak untuk memberi dana bantuan darurat. (BBC)

2 Tanggapan to “Protes BBM di Eropa Meluas”

  1. O-S said

    negara mana aja yg ga terpengaruh dg kenaikan BBM? modal mereka pasti kenceng ya?

  2. infoGue said

    Artikel di blog Anda sangat menarik dan berguna sekali. Anda bisa lebih mempopulerkannya lagi di infoGue.com dan promosikan Artikel Anda menjadi topik yang terbaik bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!

    http://ekonomi-internasional.infogue.com
    http://ekonomi-internasional.infogue.com/protes_bbm_di_eropa_meluas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: