infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

VCD “Ali Makhrus Atamimi” Gegerkan Padang dan Mentawai

Posted by infokito™ pada 29 Mei 2008

Puluhan VCD berisi khutbah pendeta Ali Makhrus Atamimi yang menghujat agama Islam dan Rasulullah SAW telah diedarkan di kota Padang dan Mentawai, provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Sebelumnya, kedamaian ranah Minang juga diguncang dengan beredarnya alat-alat tulis bergambar Yesus.

Salah seorang pengedarnya, perempuan bernisial ROT (50 tahun) dalam pengakuannya kepada polisi menyatakan, VCD khutbah pendeta Makhrus yang melecehkan Islam itu selain diedarkan di kota Padang juga telah dia sebarkan di Mentawai.

“Di Mentawai dia sempat menyebarkan VCD tersebut pada sebuah kegiatan anak-anak pelajar dan ibu rumah tangga. Dia datang dari Jakarta ke Sumbar untuk menyebarkan isu-isu yang bisa meresahkan masyarakat,” kata Kapoltabes Padang, AKBP Bambang Ramelan kepada wartawan, Selasa (27/05) kemarin.

Wanita yang diduga anggota jaringan pengedar VCD menghujat Islam itu tertangkaptangan oleh Satpam di pertokoan Ramayana Plaza Andalas Padang, Selasa sore. Saat itu ROT kedapatan sedang beraksi memasukan keping VCD pada setiap saku baju yang dipajang di pertokoan Ramayana dengan berlagak sebagai calon pembeli. Satpam Plaza Andalas menggiringnya ke Polsek Padang Barat selanjutnya dibawa ke Mapoltabes Padang untuk mengusutan lebih lanjut.

ROT berdalih VCD itu awalnya berjumlah 15 kepening yang diperoleh dari seorang pengendara sepeda motor di Atrium Senen, Jakarta. Kemudian dia gandakan menjadi 39 keping. Namun polisi masih akan terus mengusut asal-muasal VCD tersebut. Sebelum disebarkan di kota Padang, VCD itu terlah disebarkan ROT di kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dalam VCD tersebut diketahui sang pendeta mengaku bernama Habib Ali Makhrus Atamimi. Dalam Khutbahnya selama satu jam lebih, Makhrus juga mengklaim keturunan Habib (cucu Rasulullah SAW -red) dan pernah belajar di Mekah. Sebelum murtad, Habib Ali Makhrus juga mengaku telah diangkat sebagai ketua FPI Jatim pada tanggal 10 Jan 2004 silam dan sangat dekat dengan pimpinan Laskar Jihad Ja’far Umar Thalib.

Kepingan VCD bersama tersangkat ROT kini diamankan di Mapolresta Padang. Wanita itu tengah disidik dengan ancaman pasal 156 KUHP tentang penghinaan terhadap agama dengan ancaman hukuman lima tahun kurungan.

Kapoltabes Padang, AKBP Bambang Ramelan kepada wartawan menyatakan akan terus melakukan penyidikan untuk mengungkap jaringan pengedar VCD yang isinya menghina Islam itu. Kapoltabes Padang berharap masyarakat tidak terprovorokasi oleh VCD tersebut. [DN (Padang)/www.hidayatullah.com]

4 Tanggapan to “VCD “Ali Makhrus Atamimi” Gegerkan Padang dan Mentawai”

  1. leelly said

    wah benar2 edan nih.. pendeta pake nama habib segala lagi… dunia benar-benar mau kiamat sepertinya.
    hayo pak polisi jangan ragu ngeberantas orang-orang yang “Uedan” seperti Ibu ROT ini …
    saya sampei ga habis pikir, apa karena Bodoh atau memang benaran “Gila” nih si Ibu…….????!!!!!!!!!!

  2. rizal said

    lama-lama aku jadi gak habis pikir, apa memang pada agama tertentu sebegitunya dalam menyebarkan keyakinannya? sudahlah,….mendingan kita ngurusin umat masing-masing yang masih susah cari air bersih, masih belum tau apa itu akademik, yang kabur saat melihat aparat datang, serta yang mengalami kelainan jiwa akibat tindak kekerasan di rumah tangga. itu jauh lebih mulia, lebih jelas dan lebih menguntungkan, ya gak?

  3. Kita sebagai umat beragama yang beradab sebenarnya dilarang untuk memprovokasi dan menyebarkan faham keagamaan kepada orang lain yang sudah beragama karena itu tidak sesuai dengan UUD 1945 pasal 29 ayat 1 dan 2.apalagi orang tersebut bekas orang islam dan mantan pentolan FPI ini patut disayangkan dan bisa melukai hati umat islam,marilah kita tanamkan pluralisme yang menjadi acuan hidup berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat kaerena bagaimanapun juga kita harus saling menghormati dan menghargai agama lain agar tercipta kedamaian dan ketentraman.maka saran saya untuk orang yang menyebarkan propaganda dan fitnah tersebut harus diproses hukum .

  4. aya said

    pa benar tuh orang mantan ketua FPI Jatim, paling ngaku2 aja.pake sok ngaku keturunan nabi Muhammad sgala lg.ya begitulah…namanya ingin menghancurkan islam apa aja ya dilakukan.makanya kita semua harus waspada…organisasi islam pun hrs waspada jangan sampai disusupi orang2 yang ingin merusak agama kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: