infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Jembatan Ogan VII Mulai Dibangun

Posted by infokito™ pada 26 Mei 2008

Pemerintah Kabupaten OKU kembali membangun jembatan rangka baja menggunakan anggaran APBD 2008 sebesar Rp14,9 miliar. Jembatan Ogan VII akan menghubungkan Desa Kepahyang, Kecamatan Peninjauan, dengan Desa Lubuk Banjar, Kecamatan Lubuk Raja. Pembangunan jembatan dimulai dengan upacara peletakan batu pertama oleh Bupati OKU H Eddy Yusuf di Desa Kepahyang, Kecamatan Peninjauan,Sabtu (24/5).

Menurut Bupati, pembangunan jembatan adalah salah satu cara meningkatkan siklus perekonomian penduduk dengan meningkatkan sarana transportasi rakyat. Dengan lancarnya pertukaran arus barang dan jasa, dipastikan perkembangan pola pikir dan perekonomian masyarakat dapat terdongkrak dari keterbelakangan.

Sarana jalan dan jembatan, kata Bupati,adalah hal dasar dan mutlak untuk mengejar ketertinggalan, utamanya dalam menggerakkan perekonomian serta pendistribusian hasil pertanian rakyat yang selama ini hanya menggunakan sarana jembatan gantung.

”Karena itu,pembangunan jembatan gantung kita stop karena dinilai kurang efisien,” kata Bupati. Dia mengungkapkan, meskipun APBD Kabupaten OKU tidak terlalu besar jika dibandingkan Kabupaten OKU Timur yang lebih besar dan di atas sedikit Kabupaten OKU Selatan, Kabupaten OKU tetap membangun infrastruktur semacam ini.

Dengan proporsional alokasi anggaran APBD Kabupaten OKU yang 70% dialokasikan dalam bentuk pembangunan dan 30% untuk alokasi biaya rutin, termasuk gaji para pegawai, pada 2005 OKU mampu membangun jembatan rangka baja Ulak Lebar di Desa Sukajadi,Kecamatan Ulu Ogan, sepanjang 60 meter. Lalu pada 2006, telah dibangun jembatan rangka baja sepanjang 100 meter di Desa Gunung Liwat, Kecamatan Pengandonan.

Kepala Subdinas Bina Marga Ulia Mahdi melaporkan, pembangunan jembatan rangka baja yang menghubungkan Desa Kepahyang, Kecamatan Peninjauan, dengan Desa Lubuk Banjar, Kecamatan Lubuk Raja, dan jalan penghubung sepanjang 120 meter dengan lebar 9 meter ini akan dibangun selama 244 hari kalender masa pengerjaan dengan kontraktor pelaksana PT Anugrah Artha Abadi Nusa.

”Alokasi anggaran menggunakan APBD Kabupaten OKU 2008 sebesar Rp14.991.738.000,”ujar Ulia seraya mengatakan, tujuan pembangunan jembatan untuk memperlancar transportasi di dua kecamatan yang terpisah Sungai Ogan. (jimmy octa harto/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: