infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Hapus Tunjangan, Fasilitas Pejabat Untuk Hemat Uang Negara

Posted by infokito™ pada 22 Mei 2008

Pemerintah juga harus melakukan penghematan dengan menghapus tunjangan dan fasilitas bagi pejabat pemerintahan dan subsidi bagi partai politik yang sangat membebani keuangan negara.

“Semua penghapusan tersebut akan lebih bermanfaat jika pemerintah benar-benar ingin melakukan penghematan keuangan negara,” kata Ketua DPD Partai Indonesia Sejahtera (PIS) Sumut, Ruslan, SE kepada ANTARA di Medan, Rabu.

Menurut dia, anjuran pemerintah untuk melakukan penghematan terkait rencana kenaikan harga BBM harus dilakukan terhadap seluruh elemen bangsa termasuk pejabat pemerintah dan wakil rakyat.

Beban keuangan negara membengkak untuk memanjakan pejabat pemerintah

Selama ini pemerintah terlalu banyak memberikan fasilitas bagi pejabat yang sebenarnya dianggap tidak perlu sehingga beban keuangan negara “membengkak”.

Ruslan mencontohkan pemberian mobil dinas bagi kepala dinas, uang baju, uang perumahan, biaya transportasi dan kesehatan bagi pejabat yang setiap tahunnya menghabiskan keuangan negara triliunan rupiah.

Negara juga harus menyediakan mobil dinas, uang baju, dana transportasi, biaya perumahan, dana kesehatan bagi seluruh unsur penegak hukum seperti kepolisian, kejaksaan dan kehakiman.

Lain lagi terhadap wakil rakyat dengan adanya mobil dinas bagi unsur pimpinan dewan dan pimpinan komisi, dana studi banding, uang jas tiap tahun, uang rapat dan segala macam dana yang tidak perlu.

“Semua fasilitas tersebut membuat pejabat pemerintah menjadi `manja` meski mereka telah diberi gaji oleh negara,” katanya.

Hapus subsidi bagi pembinaan konstituen parpol tak berguna

Ia menambahkan, pemerintah juga harus menghapuskan dana subsidi bagi pembinaan konstituen terhadap parpol yang memiliki kursi di legislatif yang diberikan setiap tiga bulan.

“Negara `dipaksa` membiayai parpol sampai ratusan miliar per tahun tanpa manfaat yang jelas selain hanya untuk keuntungan bagi parpol itu sendiri,” katanya.

“Bayangkan beban yang harus ditanggung negara jika seluruh pejabat di Indonesia tersebut harus `dilayani` kebutuhannya meski telah digaji oleh negara,” tegasnya.(ANTARA News)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: