infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Islandia Negara Paling Damai di Dunia

Posted by infokito™ pada 21 Mei 2008

Islandia menjadi negara paling aman di dunia, dengan Indonesia berada pada urutan ke-68 dan AS pada posisi 97, demikian menurut pengkajian yang dirilis Selasa.

“Indeks Perdamaian Global”, yang disusun Economist Intelligence Unit, menempatkan AS pada posisi 97 dari 140 negara berdasarkan penilaian seberapa aman situasi dalam negeri negara bersangkutan dan interaksinya dengan dunia luar. Peringkat AS merosot setingkat dari 96 tahun lalu, namun masih berada di depan daripada musuh bebuyutannya, Iran, yang berada pada urutan ke-105.

Irak yang diserbu AS pada 2003, yang berakibat tergulingnya Saddam Hussein, memperoleh peringkat terbawah dalam indeks atau posisi ke-140. Afghanistan, negara lainnya yang diserbu AS pada dekade ini, juga berada di urutan kelima dari bawah, bersama dengan Sudan, Somalia dan Israel.

Negara kecil, stabil dan demokratis menduduki peringkat atas dalam indeks, dengan 16 negara dari 20 besar berasal dari Eropa Barat dan negara demokratis di Eropa Tengah. AS mendapat kecaman dari dunia internasional karena invasinya ke Irak dan situasi kacau menyusul serbuan AS itu.

Citranya semakin rusak akibat skandal penyiksaan tahanan di penjara Abu Ghraib, Irak, dan penahanan para tersangka teroris di pangkalan AL Teluk Guantanamo.

Dalam menetapkan peringkat, indeks mempertimbangkan 24 indikator langkah perdamaian dalam negeri dan luar negeri, termasuk penempatan pasukan pemelihara perdamaian di bawah panji PBB di luar negeri, tingkat kejahatan dengan kekerasan, penghormatan terhadap HAM, jumlah tentara yang tewas di negara asing dan penjualan senjata.

Negara industri terkemuka yang tergabung Grup Delapan (G-8) berada dalam peringkat 50 besar, kecuali AS dan Rusia (131). Jepang bercokol di urutan delapan, Kanada ke-11, Jerman ke-14, Italia ke-28, Prancis ke-36 dan Inggris posisi ke-49.

Peringkat Indonesia meningkat dari 78 pada 2007 menjadi 68 pada tahun ini, demikian laporan Reuters. (ANTARA News)

5 Tanggapan to “Islandia Negara Paling Damai di Dunia”

  1. indonesia peringkat 68,,, 😆 banyak jambret ama demo si

  2. lha Indonesia kok cuma 68???….
    Swiss peringkat berapa yah?…harusnya tinggi, kan bisa nabung banyak2 di sana tanpa takut uang nya di tarik paksa karena hasil korupsi…hihihih

  3. economatic said

    Jelas aja Islandia No. 1, udah negaranya jauh, terpencil, deket kutub, dingin banget, posisi negaranya nggak menguntungkan, nggak punya negara tetangga terdekat, penduduknya sedikit, Amerika aja nggak tertarik,dsb siapa lagi yang kurang kerjaan gangguan negeri semacam ini dan susah-susah cari berita ditempat itu.
    Salam http://economatic.wordpress.com/

  4. andri said

    INDONESIA banyak freesex sih ama korupsi!!

  5. Kenneth said

    Karma positif, nga suka ngurusin negara dan budaya lain makanya aman2 aja…. beda sama kekuatan2 besar global yg doyannya ngurusin negara dan budaya lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: