infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

SenamPTN Gantikan SPMB

Posted by infokito™ pada 13 Mei 2008

Sistem penerimaan mahasiswa baru yang akan digelar 2–3 Juli 2008 diganti menjadi seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SenamPTN). Penerimaan mahasiswa baru pengganti seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) ini akan diikuti 57 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

Ketua Panitia SenamPTN yang juga Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Dr Fasichul Lisan menjelaskan, perubahan payung seleksi mahasiswa baru ditempuh setelah sejumlah PTN mengkritisi pengelolaan keuangan SPMB yang dinilai melanggar hukum. Dengan adanya payung baru tersebut, pelaksanaan serta pengelolaan keuangan akan mengikuti peraturan yang ada.

”Secara prinsip, tidak ada perbedaan dalam pelaksanaan SenamPTN ini dengan SPMB yang selama ini dilakukan. Namanya saja diganti SenamPTN. Singkatan itu dipakai agar lebih mudah diingat saja,” tuturnya. Sementara calon mahasiswa yang akan mendaftar sudah bisa membeli formulir pendaftaran 16–28 Juni 2008.

Formulir untuk program IPS dan IPA atau dua pilihan PTN dijual seharga Rp150.000 dan formulir program IPC atau tiga pilihan PTN senilai Rp175.000. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Fasli Jalal mengatakan, calon mahasiswa yang akan membeli formulir harus menyetorkan dana langsung ke rekening Panitia SenamPTN di Bank Mandiri.

”Untuk sementara memang dialihkan dari Bank BNI ke Bank Mandiri dengan alasan teknologi yang tersedia mampu mengelola pemasukan dari SenamPTN dan diteruskan sebagai penerimaan negara bukan pajak (PNBP),” katanya di Jakarta kemarin.

Dia membenarkan mekanisme pelaksanaan SenamPTN masih sama dengan SPMB. Pencetakan soal akan dibuat di tujuh provinsi, yaitu Aceh, Padang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar. Sementara pengumuman hasil tes akan dilakukan pada 1 Agustus 2008.

Dalam pelaksanaan SenamPTN, pemerintah akan memberikan beasiswa sebesar Rp10 miliar untuk 2.000 siswa yang memiliki potensi untuk meneruskan pendidikan di perguruan tinggi. Formulir pendaftaran untuk beasiswa ini diberikan kepada calon mahasiswa secara cumacuma.

”Proses penjaringan mahasiswa berpotensi itu dengan melihat dari formulir gratis kepada mereka.Setelah mereka ikut tes masuk PTN, sebanyak 2.000 mahasiswa yang berprestasi itu akan diurutkan nilainya apakah mereka dapat masuk,” ujarnya.

Fasli mengatakan, dari sekitar 25 juta penduduk Indonesia, hanya 17,24% saja berusia 19–24 tahun yang terserap di perguruan tinggi. Sementara itu, angka partisipasi kasar (APK) PTN yang telah disepakati dalam renstra (rencana strategis) Depdiknas 2005–2009 adalah 18%. Itu berarti masih diperlukan 180.000 mahasiswa baru.

”Salah satu tidak terserapnya calon mahasiswa sekitar 180.000 calon mahasiswa karena ketiadaan biaya untuk mengikuti Senam- PTN,” ujar Fasli. Ketika ditanya kemungkinan adanya tes potensi akademik dalam SenamPTN, Fasli menegaskan terserah masing-masing perguruan tinggi.

”Terserah masing-masing PTN apa mau menambah dengan tes potensi akademik. Tetapi, dari panitia SenamPTN sebenarnya sudah ada karena ada beberapa komponen dalam soal tes yang mencoba memasukkan variabel-variabel tes potensi akademik,” paparnya. (rendra hanggara/sindo)

2 Tanggapan to “SenamPTN Gantikan SPMB”

  1. asuna17 said

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/senamptn_gantikan_spmb

  2. Elly said

    Saya mau tanya, kalau SNMPTN di Kepri khususnya Batam ada atau tidak ya?
    Soalnya SPMB tahun kemarin ada.
    Bagaimana dengan kebijakan tahun ini, apakah SNMPTN juga akan diadakan di Batam?
    Rencananya saya mau daftar ke universitas negeri yang ada Jakarta.
    yah, sekalian pulang kampung ke sana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: