infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

KPK Kumpulkan 10 Departemen Bahas Aset Negara

Posted by infokito™ pada 7 Mei 2008

10 Departemen dikumpulkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam pertemuan itu dibahas kepemilikan aset yang sudah berubah pemilik dan menjadi persengketaan.

“Kami mengundang mereka. Bagaimana mengelola aset negara, karena banyak yang bermasalah,” kata Wakil Ketua KPK bidang Pencegahan Haryono Umar di Gedung KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Selasa (6/5/2008).

Departemen yang hadir antara lain Departemen Keuangan yang diwakili Sekjen Depkeu Mulya Nasution, hadir pula Sekjen ESDM Warjono Karno, Sekjen Dep Pekerjaan Umum Wijanarko, Irjen Depag M Suparta, Irjen Depsos Maman Supriatna, dan Plt Sekjen Depdagri Seman Widjoyo.

Haryono menjelaskan, saat ini banyak sekali aset yang sudah beralih fungsi. “Apakah itu digunakan instansi lain maupun masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Sekjen Depkeu Mulya Nasution mengatakan, saat ini pemerintah tengah berupaya agar aset yang beredar dapat disahkan menjadi barang milik negara. “Nantinya, kita berupaya bagaimana aset yang kita miliki benar-benar kita kuasai dan kita manfaatkan,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini aset negara memiliki nilai hingga Rp 1.200 triliun. “Kita sedang menginventarisir aset-aset yang berjumlah mencapai Rp 1.200 triliun itu,” ujar Mulya.

Sekjen ESDM Warjono Karno memaparkan, saat ini Kementerian ESDM memiliki permasalahan dalam mengelola asetnya yang berada di Bandung. “Alhamdulillah sudah kita tangani dan saat ini sedang dalam tahap sertifikasi aset,” ujarnya.

Sementara dari Depsos, diakui Irjen Depsos Maman Supriatna, saat ini tengah berupaya mengambil lagi 4 asetnya yang tengah berada dalam sengketa.”Di Karang Anyar seluas 17 hektar yang dimiliki masyarakat, di Pulogadung seluas 700 m2, di Cimbeluit (1.900 m2), dan di Cawang (7.900 m2),” bebernya.

Irjen Depag M Suparta mengaku telah menarik 22 asetnya dan disertifikasi menjadi milik Depag. “Sekarang tinggal lahan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta seluas 10 ribu m2,” ujarnya.

KPK mengaku gembira atas antusiasme dari pihak penyelenggara ini. “Dan ini juga disambut gembira dari teman-teman,” tutur Haryono sembari menunjuk 6 rekannya yang mengikuti konferensi pers. (ary/nvt/detik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: