infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Bupati Resmikan Pabrik CPO di Banyuasin

Posted by infokito™ pada 30 April 2008

Satu lagi pabrik kelapa sawit dalam waktu dekat beroperasi di Kabupaten Banyuasin. Pabrik kelapa sawit berkapasitas ratusan ton per bulannya itu dibangun PT Cahaya Cemerlang Lestari (CCL) di Desa Bentayan, Kecamatan Tungkal Ilir, Banyuasin.

Selasa (29/4/2008) siang kemarin, pembangunan pabrik minyak kelapa sawit ini diresmikan Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed. Dalam sambutannya,Amiruddin berharap, pihak PT CCL lebih memberdayakan tenaga kerja warga sekitar.

“Kita harapkan kepada pihak PT CCL dapat membantu rakyat Banyuasin, khususnya di Dusun Tri Tunggal Desa Bentayan, Kecamatan Tungkal Ilir, sebagai pekerja di pabrik tersebut,” katanya.

Menurut Amiruddin, untuk tenaga ahli, pihaknya mungkin tidak memiliki. Tetapi, untuk buruh perkebunan atau pabrik, tentu warga sekitar dapat diberdayakan kemampuannya. Dia memperkirakan Juni 2008 mendatang, pabrik yang saat ini pembangunannya sudah mencapai 40% tersebut sudah bisa beroperasi.

“Pabrik ini memiliki kapasitas mengolah sawit sebanyak 45 ton per jam. Tentu akan dapat membantu meningkatkan perekonomian daerah Tungkal Ilir dan sekitarnya. Selama ini sebagian besar rakyat Tungkal Ilir menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian,” ucapnya.

Wakil Direktur PT Cahaya Cemerlang Lestari Roni Yolanda menuturkan, pembangunan pabrik kelapa sawit di Desa Tri Tunggal tersebut tidak hanya semata-mata untuk kepentingan bisnis, tetapi juga turut membantu masyarakat, terutama dalam penjualan bahan baku CPO. Apalagi, keberadaan kelapa sawit tersebut sangat dekat dengan areal perkebunan rakyat Tungkal Ilir. (yopie cipta raharja/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: