infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Masyarakat OKU Timur Jengkel Layanan PLN

Posted by infokito™ pada 29 April 2008

Masyarakat di Kabupaten OKU Timur jengkel dengan pelayanan PLN cabang Lahat Ranting Martapura. Pasalnya sejak setahun belakangan ini masalah lemahnya tegangan listrik di wilayah ini tak kunjung diselesaikan pihak PLN. Lemahnya tegangan listrik ini biasanya terjadi setiap hari pada pukul 18.00- 21.00 WIB Masalah semacam ini sudah sangat sering dikeluhkan masyarakat setempat.

Seperti di Kecamatan Martapura dan Belitang. Namun, bukannya membaik malah sebaliknya kondisi bertambah parah. Akibatnya roda pemerintahan hingga denyut perekonomian masyarakat menjadi terganggu. Sehingga sering terjadi kerusakan elektronik akibat tidak stabilnya tegangan listrik.

Saat pantauan SINDO Senin (28/4) di lapangan hampir rata-ratar umah masyarakat di Kecamatan Belitang, walau rumahnya sudah dialiri listrik namun kebanyakan dari mereka, masih tetap memakai genset sebagai alternatif listrik untuk membantu mengatasi penerangan rumah saat beban puncak datang. Seperti yang diungkapkan Nasroh, 60, warga Desa Bedilan 1 Kecamatan Belitang.

Dia mengatakan, pemerintah sekarang ini tidak peduli dengan permasalahan ini, bahkan tetangganya saja ada yang menjadi anggota DPRD OKU Timur tapi tidak bisa berbuat apa-apa. Dirinya mengaku, walau sudah memiliki listrik namun masih tetap memakai genset saat tegangan listrik mulai tidak stabil. Keluhan serupa juga disampaikan Budiono, 37, warga Kecamatan Martapura. Dia mengaku sangat kecewa dengan pihak PLN yang tidak bisa menyelesaikan permasalahan ini.

Ketika dikonfirmasi, Anggota Komisi III DPRD OKU Timur Anton Nurdin Minggu (27/4) mengatakan, dewan tidak bisa juga menyalahkan pihak PLN karena daya aliran listrik yang disalurkan untuk masyarakat OKU Timur memang kurang atau tidak mencukupi bagi kebutuhan listrik warga.

Masyarakat Kabupaten OKUT dan sekitarnya juga harus kembali bersabar, untuk menikmati suplai listrik yang normal. Karena hingga detik ini, Gardu Induk (GI) yang berlokasi di Desa Margo Mulyo Kecamatan Belitang, tak kunjung dioperasikan.

Manager PLN Ranting Martapura Hormat Lumban Raja, ketika ditemui di ruang kerjanya, tak dapat memberikan komentar dan kepastian perihal pengoperasian GI. “Kita juga belum tahu kapan akan dioperasikan, karena yang mengerjakan ini adalah kontraktor langsung dari Jakarta,” terangnya. (marzuki/SINDO)

7 Tanggapan to “Masyarakat OKU Timur Jengkel Layanan PLN”

  1. Lisrik adalah salah satu alat yang vital dan sangat urgen bagi penerangan sehingga jika ada cahaya listrik dapat mengurangi kecelakaan dimalam hari dan mengurangi perampokan dan pencurian karena disetiap lampu mati dimanfaatkan oleh para grandong untuk mencuri sapi dan mencegat para pengendara sepeda motor.oleh karenanya dimohon pihak PLN dapat kooperatif dengan menambah daya watt untuk kab OKUT karena pemakaian sekarang lebih banyak selain banyaknya gedung dan perkantoran masyarakat juga sudah semakin banyak yang makai listrik oleh sebab itu tidak boleh disamakan dengan dulu dan harus ditambahi wattnya supaya kuat dan tidak mati-mati lagi.

  2. tyo said

    Saya pernah bermalam di daerah kecamatan Lempuing dan Pematang Panggang serta Belitang III, kondisi kelistrikan di daerah ini sangat memprihatinkan, selain voltase yang sering naik turun serta pada saat beban puncak pukul 18.00 – 23.00, voltase (tegangan arus) listrik di daerah ini bisa kurang dari 100 volt. Sungguh ironis sekali…. bagaimana masyarakat dihadapkan pada kondisi yang gelap hampir setiap malam bahkan pemadaman pun bisa terjadi hampir setiap hari. bagaimana daerah bisa maju dan ekonomi bergerak menuju yang lebih baik jika salah satu penunjang /infrastruktur seperti ini terus menerus.

  3. Ho'ok said

    Aku ni tinggal di OKUT tepatnyo di Belitang. Pokoknyo dak pacak ngomong lagi mang…, jangankan malam hari, sekarang ini teko siang hari bae tegangan pln drop nian oiii.
    Kalo malam lebih gilo lagi sekitar 90Volt, ado dak daerah laen yang mak ini yo hehehehe…
    Urusan listrik bae dak beres, makmano urusan laen pacak beres mang…

  4. sudarni said

    Saya ikut prihatin dengan kondisi tersebut, apalagi kalau malam hari. Bisa dibayangkan bagaimana warga di sana sulit beraktivitas. mati lampunya itu lho yang gak nahan, “lama banget, rata-rata ber-jam-jam”
    Ini perlu komitmen dari pengambil kebijakan. Ironis, daerah lumbung beras tidak mendapat layanan listrik secara maksimal.Listrik adalah kebutuhan dasar.
    OKUT HEBAT: penuhi listrik, perbaiki jalan, pastikan aman.
    SALAM HORMAT BUAT BAPAK BUPATI “DERU”. Trim.

  5. abah said

    Layanan PLN OKUT pecak taik anjiNg…!!!!ku doakan nian untuk kepala pLN okut mati makan sumpah kejengkelan masyarakat okut…!!!dari dulu dak ado perkembangan msalah listrik belitang,dari dulu sampe skarang cma mati idup be,ngerusak alat electro…..apo tnggapan dri pemerintah setempat dlam msalah ini…dak usah nak ngmngkan msalah tunggakkan !!!msalah pln dulu apo gunonyo mati idup lampu ini …!!!dak usah nak ngmngkan msalah tunggakan pmbayaran ..!!!duet be yg ado di hati kamu ..!!!tp layanan kmu cak taik anjing…..!!!!!

  6. abah said

    La mati lampu bensin mahal …!!8500/ltr nak jdi apo belitang ini…??? Po gawe nyo ngenjuk julukan “kota terpadu mandiri”hadeeeewww……dri thn 1989 smpe skarang dak ado kemajuan msalh PLN….la dri dulu gonta ganti pemimpin samo be hasil nyo nihil msalah PLN…kota itu pcak maju man la di masuki pengusaha…mak mano nak usaha man lampu mota mati be …iyo lemak man yg wng beduit pnyo genset mesin mobil,man cak kami ni genset dri mesin jaet..!!!mkir dak kamu tu …brentilah nak cri muko mntak dukungan masyarakat okut man msalah mak ini dak pcak slesai di kamu …

  7. abah said

    Dak usahlah nak becerito msalah tunggakan pembayaran masyarakat okut ….ceritokan dlu po gawe listrik ni mota mati …mak mano kami dak nak nunggak man bayar sebulan listrik nyo normal cma 3 hari ….!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: