infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

60% Warga Banyuasin Belum Dialiri Listrik

Posted by infokito™ pada 29 April 2008

Mayoritas warga di Kabupaten Banyuasin mendambakan aliran listrik. Saat ini,sekitar 60% warga Banyuasin terutama yang bermukim di kawasan perairan belum menikmati listrik. Padahal, Sumsel adalah lumbung energi.

Dari hasil pantauan SINDO, ada beberapa wilayah yang belum menikmati aliran listrik hingga kini, seperti desadesa di Kecamatan Muara Padang, Muara Sugihan, Pulau Rimau,Tungkal Ilir, dan lainnya. Bahkan, ada daerah yang sejak dibuka menjadi wilayah transmigrasi, belum mendapatkan listrik sama sekali.

Sarkowi , 52, warga Argo Mulyo,Kecamatan Muara Padang, mengatakan, sejak dirinya mendiami daerah transmigrasi 27 tahun yang lalu, daerahnya belum tersentuh pasokan listrik hingga kini.

“Saat malam hari, warga sekitar tidak bisa melakukan aktivitas seperti warga lainnya yang telah dialiri listrik, kecuali ada di antara warga yang memiliki genset sendiri, itu pun hanya cukup untuk satu rumah karena daya yang dihasilkan kecil,” katanya.

Dihubungi terpisah, Bupati Banyuasin Amiruddin Inoed mengaku, dari seluruh daerah di Kabupaten Banyuasin yang terdiri dari perairan dan daratan, hampir 60% wilayahnya belum dialiri listrik. Kondisi itu menurutnya, memang mengkhawatirkan. Namun, pihaknya tidak bisa begitu saja membangun instalasi listrik di wilayah yang hampir sebagian besar perairan.

“Dari jumlah tersebut, hampir seluruhnya didominasi daerah perairan, karena kita mengalami kesulitan untuk menjangkau daerah tersebut. Butuh dana yang besar untuk pembangunan jaringan listrik,” katanya. Bupati mengatakan, untuk meng-cover semua wilayah di Banyuasin dengan aliran listrik dibutuhkan waktu selama 10 tahun, sebab menjangkau daerah perairan yang tersebar luas di Banyuasin sangat sulit.

“Untuk memasuk seluruh wilayah tersebut, kita juga membutuhkan daya yang tidak sedikit.Setidaknya dibutuhkan sekitar 2×500 mega watt (MW). Sementara, hingga kini potensi batu bara low calorie yang diperuntukkan bagi pembangunan power plant belum bisa dimanfaatkan,” katanya.

Banyuasin, lanjut dia, memang memiliki potensi batu bara yang cukup besar, bahkan jika nanti dapat dimanfaatkan, kemungkinan tidak hanya akan mengaliri daerah Banyuasin, tapi juga daerahdaerah lainnya. Untuk membangun sebuah pembangkit listrik membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selain itu, dibutuhkan dukungan investor yang banyak. (yopie cipta raharja/SINDO)

3 Tanggapan to “60% Warga Banyuasin Belum Dialiri Listrik”

  1. elisahlianto said

    salam .
    saya mengharapkan pemerintah betul 2x memperhatikan masalah listrik,terutama daerah perairan seperti kecamatan airsaleh,muarapadang dll yg tentunya sangat di harapkan oleh masyarakat setempat.bagai mana masyarakat bisa maju,sedangkan untuk itu butuh media seperti televisi ,radio,bahkan untuk sekarang jamanya internet.mereka sama sekali tidak bisa merasakan,oleh karna tidak adanya aliran listrik.karna saya sendiri ikut merasakan hal tersebut.terima kasih.

  2. arief said

    Salam,

    Saya setuju dengan elisahlianto, tampa listrik daerah tidak akan pernah maju, banyak putra daerah yang terpaksa merantau karena ilmunya tidak bisa di pakai di daerah gara2 tak ada listrik.

    saya sendiri bercita2 pulang ke daerah dan mebagi sedikit ilmu tentang komputer tapi apa mau di kata ? listrik saja tak ada masa mau hidupin komputer dengan batrai ?

    mohon pak bupati yang terhormat, perhatikan masalah ini.

    Thanks

  3. kami mengembangkan listrik tenaga surya di jepang,saya orang sumsel merasa kecewa, kenapa di jaman sekarang masih ada daerah yang belum ada pasilitas kelistrikan.saya cari orang kaya yg ada sosialitas,bantu saya untuk membantu mereka? tolong hubungi saya kalau memang mau membantu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: