infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

PTBA Perkuat Transportasi KA

Posted by infokito™ pada 28 April 2008

PT Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) Tbk memperkuat jasa transportasi kereta api untuk memperlancar pasokan batubara. Untuk memenuhi kebutuhan batubara di Indonesia sebesar 80 juta ton per tahun, terhitung mulai 2011 PTBA terus berusaha memperkuat jasa transportasi kereta api (KA) untuk memperlancar suplai pasokan.

“Pasokan batubara 80 juta ton per tahun ke pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) sebesar 10.000 megawatt (MW) bukan hanya PT BA yang menyuplai batubaranya, melainkan tiga perusahaan lainnya yang tergabung dalam konsorsium dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN),” ujar Direktur Operasi dan Produksi PTBA Tanjung Enim Milawarman, Minggu kemarin.

Dia menjelaskan, saat ini sesuai kontrak PTBA dengan PLN, pihaknya berupaya memenuhi pasokan batubara. Dia mengungkapkan, saat ini pasokan PTBA sebesar 6,1 juta ton per tahun ditambah pasokan batubara Tanjung Enim satu juta ton per tahun dan 800 ribu dari Tarahan Lampung.

“Untuk memperkuat pasokan tersebut,PTBA terus lakukan pengembangan dan perkuat sistem penyuplaian batubara melalui jasa transportasi KA,” terang dia. Mengenai harga kontrak batubara yang dinilai rendah, dia menegaskan, hanya hukum pasar yang berlaku. PT BA saat ini tetap jalankan kontrak pemenuhan pasokan batubara bagi pasar domestik.

“Kita optimistis penuhi pasokan batubara bagi PLN dengan terus berupaya meningkatkan produksi,” ungkapnya.

Sementara itu,Wakil Direktur Utama PLN Rudiantara mengatakan, 2011, kebutuhan batubara untuk pembangkit listrik di Indonesia mencapai 80 juta ton per tahun. Pasokan itu digunakan untuk program pengembangan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 10.000 megawatt (MW).

“Kebutuhan batubara meningkat seiring usaha PLN mengurangi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) pada mesin pembangkit. Pada 2011, PLN berharap penggunaan BBM hanya sebagai back up,” terangnya. (hengky chandra agoes/SINDO)

Satu Tanggapan to “PTBA Perkuat Transportasi KA”

  1. leelly said

    iyaaaaa betull Pak… ngurangi Pemakaian BBM beralih ke Non BBM….. apa benar ini udah langkah tepat??? berapa lama batu bara di Tj. Enim bisa bertahan dan mampu menyuplai ke PLN ???
    apa sampai bumi Tanjung Enim berubah jadi bekas galian semua hingga menyisakan rawa-rawa dengan lubang-lubang galian tambang menganga seperti freeport baru berhenti???
    kenapa sih ga coba mencari energi alternatif lain, yang tidak harus tambang tapi harga murah dan kualiats nyaman??

    Indonesia ini sudah habis tanahnya karena perusahaan tambang dan perkebunan skala besar.. sampai rakyatnya sendiri yang seharusnya menjadi tua tanah malah jadi penyewa tanah padahal dari nenek moyang udah lahir di Indonesia tapi tidak pernah memilik tanah indonesia…. semua karena banyak perusahaan-perusahaan tambang yang berkuasa atas tanah-tanah yang ada bahkan sampai ke pelosok desa tanah-tanah rakyat sudah tergadai menjadi milik perusahaan besar. lantas mau dikemanakan rakyat indonesia ini kalo sudah tidak ada lagi tempat untuk tinggal dan hidup nyaman??????????

    cuma curhat… jangan di ambil hati tapi mohon dipikirkan… buat Bapak/Ibu/Saudara yang berwenang dan bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: