infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Jembatan Ogan IV Rampung

Posted by infokito™ pada 28 April 2008

Meski terlambat sekitar lima bulan dari jadwal, akhirnya proyek Jembatan Ogan IV rampung dan segera diresmikan penggunaannya. Seperti diberitakan, jembatan lengkung rangka baja ini termasuk salah satu proyek menggunakan APBD 2007 yang telat masa penyelesaiannya. Bahkan sebelumnya, Bupati OKU sempat mengancam akan memutuskan kontrak jikalau proyek ini tidak selesai dengan tambahan waktu 50 hari kerja.

Bupati OKU H Eddy Yusuf mengatakan, dengan diresmikan Jembatan Ogan IV, dapat memperlancar sarana transportasi pertukaran barang dan jasa. Termasuk, dalam memperluas Kota Baturaja yang saat ini hanya terpusat di seputaran Kelurahan Pasar Baru dan Kemelaraja, meluas hingga ke daerah desa Tanjung Baru.

Menurut Bupati, perluasan Kota Baturaja sesuai dengan program Pemkab OKU. Selain di kawasan Jembatan Ogan IV, pembangunan akan dilakukan di sekitar kawasan Kelurahan Batu Kuning. Dengan begitu, Kota Baturaja akan lebih semarak dengan diikuti percepatan pembangunan perekonomian. “Kalau tidak begini, Baturaja tetap seperti ini saja tak ada kemajuan. Kalau tidak tangan kita, siapa lagi,” kata Bupati saat meninjau proyek Jembatan Ogan IV, Sabtu (26/4).

Untuk menunjang kenyamanan sarana transportasi, selain jembatan Pemkab OKU pun telah menyelesaikan pembukaan jalan berikut pengaspalannya dari Jembatan Ogan IV hingga Desa Tanjung Baru. “Sedangkan pada 2008, kita pun akan memperlebar jalan dari RM Kota Baru menuju simpang tiga Kelurahan Batu Kuning, dengan anggaran sekitar Rp18,5 miliar,” kata dia.

Ditambahkan Kepala dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya melalui Kasubdin Bina Marga Ulia Mahdi, proyek pembangunan jembatan pelengkung Ogan IV dengan panjang 100 meter termasuk pembangunan jalan menuju Jembatan Ogan IV sistem ATB, dengan panjang 1,6 km dan lebar 20  meter, dikerjakan selama masa pelaksanaan 270 hari, dengan alokasi anggaran APBD 2007 dan nilai kontrak Rp24.734.093.000. Proyek pembangunan sendiri dilaksanakan PT Anugrah Artha Abadi Nusa dengan konsultan supervisi PT Indah Karya.

“Keterlambatan penyelesaian jembatan karena terkendala faktor cuaca. Selain itu,rangka baja pun harus dipesan khusus dari luar Sumatera,” kata dia. Ditambahkan Kepala Bappeda OKU Gunawan Somad, setelah rampungnya Jembatan Ogan IV dan digunakan dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menggambar pembentukan taman di sekitar jembatan, utamanya di sepanjang kanan-kiri jalan menuju jembatan.

”Akan kita ajukan draf penggambarannya. Kemudian, pada 2009 akan kita ajukan pembangunannya. Sebab, jembatan indah melengkung ini dapat dijadikan maskot baru Kota Baturaja, apalagi letaknya persis di tengah kota,” kata Gunawan sembari mengatakan, Jembatan Ogan IV bukan sembarang jembatan rangka baja.

Kabag Humas dan Protokol Setda OKU Januar Effendi menambahkan,sesuai jadwal, peresmian Jembatan Ogan IV akan dilangsungkan pada Rabu (30/4) mendatang. Dengan diresmikan jembatan ini, diharapkan dapat bersinergi dengan perkembangan pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat yang berujung pada kesejahteraan rakyat. (jimmy octa harto)***Harian SINDO

2 Tanggapan to “Jembatan Ogan IV Rampung”

  1. leelly said

    Kept Move Pak Eddy…….

    never stop for the changes……..

    always stay up and never be doubt to do war for “CORRUPTION”, “COLLUSION”
    and say “NO NEPOTISM”………….

  2. hloo kawan mari kito majukan kota kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: