infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemprov Sumsel Kucurkan Dana Pendidikan

Posted by infokito™ pada 27 April 2008

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Gubernur Sumsel, Ir. Syahrial Oesman, Sabtu (26/4/2008) mengucurkan dana pendidikan Rp 726,3 miliar atau 20% dari dana APBD untuk guru, siswa, dan mahasiswa di Sumsel. Dana itu diserahkan secara simbolis di Griya Agung Palembang. Porsi anggaran pendidikan 20 % ini sudah dilakukan sejak tahun 2007 atas persetujuan DPRD Sumsel.

“Upaya ini merupakan cara untuk mendukung terciptanya pendidikan yang berkwalitas. Sebab, pendidikan merupakan prioritas utama pembangunan,” kata Syahrial usai menyerahkan bantuan kepada guru-guru, mahasiswa, dan siswa yang kami kutip dari harian Sripo.

Jenis bantuan yang diberikan ini berupa beasiswa untuk siswa dari keluarga kurang mampu. Dengan perincian, dana Rp 448.654.097.000 untuk siswa kurang mampu, beasiswa untuk mahasiswa S1, DIII TKJ dan mahasiswa Politeknik sebesar Rp 1.286.207.500. Bantuan guru honor, guru komite/yayasan, bantuan kualifikasi, sertifikasi guru dan bantuan guru pruna bakti dan biaya pendidikan S2 sebesar Rp 142. 162.100.000.

Bantuan kepada yayasan pendidikan sebesar Rp 9 miliar. Bantuan pembangunan infrastruktur pendidikan mulai dari SD sampai dengan sekolah menengah sebesar Rp 119.500.908.000.

Bantuan 60 unit sepeda motor untuk guru SD-SMP satu atap SMP terbuka sebesar Rp 1.179.540.000. Bantuan mobil taman bacaan masyarakat Rp 400 juta. Bantuan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) sebesar Rp 2.650.200.000. Juga bantuan transportasi bagi tenaga lapangan pendidikan masyarakat (TLD Diknas), fasilitator desa intensif dan bantuan transportasi bagi penilik pendidikan luar sekolah sebesar Rp 1.927.200.000. Total bantuan yang akan diserahkan berjumlah Rp 726.360.852.500.

Dijelaskan oleh Gubernur Sumsel, Ir. Syahrial Oesman bahwa fokus pendidikan di Sumsel untuk meningkatkan mutu dan hasil pendidikan, menciptakan sekolah yang murah dan gratis bagi yang kurang mampu, dan membangun sekolah yang berdekatan dengan masyarakat.

Langkah yang dilakukan dalam upaya peningkatan kualitas itu dengan memberikan dana operasional yang memadai kepada yayasan pendidikan. Selain itu, meningkatkan kesejahteraan guru baik honor, yayasan atau komite, juga guru negeri dan swasta melalui program sertifikasi, termasuk memberikan beasiswa kepada anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi sehingga tetap terus bisa belajar. [sripo/infokito]

3 Tanggapan to “Pemprov Sumsel Kucurkan Dana Pendidikan”

  1. leelly said

    moga aja bantuan ini benar-benar tersalurkan kepada orang-orang yang tepat tanpa harus singgah dari meja satu ke meja lainnya.

    budget bantuan untuk yayasan pendidikan 9 milyar, yayasan pendidikan seperti apa ya???? kok ada yayasan pendidikan?? yayasan itu dibentuk dalam rangka apa dan untuk apa ya?? baru tahu saya ada yayasan pendidikan. saya kira cukup langsung ke sekola-sekolah aja (entah negeri atau swasta) yang dapat bantuan tentunya berdasarkan kualifikasi dan kategory sih. kalo yayasan pendidikan di buat apa ya dananya?? ga ngarti nih saya maksudnya yayasan pendidikan seperti apa. atau mungkin karena bukan praktisi pendidikan ya jadi saya tidak mengerti apa yang dimaksud yayasan pendidikan???

    mohon donk buat infokito lebih detail menginvestigasi tentang yayasan pendidikan ini. maklum ketidak tahuan akan kegunaan dana sebesar itu tentu akan menimbulkan pertanyaan-pertanyaan besar di masyarakat seperti saya ini.

    tuk Pak Gubernur:
    kok sudah dekat pilkada ya Pak dananya baru diturunkan?? yah semoga aja ga ada unsur-unsur politisi dalam pengucuran dana APBD ini deh. kemurnian dan niat baik itu selalu di nilai loh sama Allah juga masyarakat.

  2. Zinkser said

    waH pak syAHrial oEsmaN..

    KaTa nyA bApaK maU meMbeRiKan bAnTu paDa sisWa yg kuRng maMpU seBsR 300 ribu yG biSa di aMbiL laNgSuNG dr bAnk suMseL…

    Ko’ saMpai sKrG maSiH nGk aDa kaBarnYa laGi..???
    SayA saNgaT tErSiNgGu aPa lag saYa sBg siSwA sMa negeri1 muAra eNim(sayA tiDak mW bErBoHoNG) yg tErbiLng bElum mAmpu..

    Apa kAh bApaK kAlah dLm piLkaDa iNi mElawaN ALDY??

    JiKa dUiT iTu tDk diBagIkaN bApaK biSa di pEriKsa oLeH KPK..

    ApaLAgi bApaK uDah aDa masaLaH dGn pElaBuHan aPi2..
    ApakaH bApaK bELuM puAs maKan duIt haRaM iTu??

    Ko’ mW meNgMBIl duIt dr raKyAt miSkin…!!!

  3. basri said

    iya bener, mana buktinya
    saya udah tedaftar di sekolah bwat program tersebut, tapi kok belum ada kabar lagi ampe sekarang

    apo sekolahnyo nyingiti duit, apo belum cair dari pemerintah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: