infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Penggajian PT Pusri Terbaik

Posted by infokito™ pada 25 April 2008

Konsultan Hay Grup menobatkan PT Pusri sebagai salah satu perusahaan terbaik dalam penggajian karyawannya. Penobatan tersebut disandang PT Pusri setelah Konsultan Hay Grup melakukan survei terhadap 105 perusahaan besar dan kecil di Indonesia.

”Sesuai hasil kajian Konsultan HAY Grup, PT Pusri dikategorikan bagus dalam sistem penggajian karyawan karena mengikuti sistem yang berlaku, seperti gaji pokok ditambah tunjangan-tunjangan, baik yang umum maupun yang khusus. Yang umum, semua karyawan dapat, sedangkan yang khusus, bagi mereka yang bekerja dengan sistem shift,” ujar GM SDM dan Umum PT Pusri Erman Anwar Kamis kemarin.

Menurut Erman, karyawan baru masuk tamatan SMA digaji sebesar Rp1,8 juta. Sedangkan sarjana yang baru masuk, gaji mereka mencapai Rp3 juta. Karena itu, tak mengherankan apabila PT Pusri membuka lowongan kerja, para pencari kerja selalu memburu.

Pelamar bisa mencapai 24.000, padahal yang diterima hanya 211 pegawai. Erman mengakui, walau sudah digaji dengan baik, masih ada juga kekurangan. Namun, hal itu menurut Erman masih dalam taraf wajar.

Menanggapi aksi demo yang digelar ratusan karyawan dan pensiunan PT Pusri pekan lalu yang menuntut kesejahteraan karyawan berupa kenaikan gaji dan tunjangan-tunjangan, menurut Erman, berdasarkan PKB 2007–2009 Bab IV Sistem Penggajian PT Pusri, gaji karyawan terdiri dari gaji pokok dan tunjangan-tunjangan, disesuaikan dengan status karyawan, jenis pekerjaan, jabatan, dan subgolongan.

“Semuanya ada dalam aturan. Mengenai tunjangan risiko, telah diatur secara tegas bahwa persentase risiko diberikan kepada karyawan sesuai potensi bahaya yang dapat terjadi di wilayah kerjanya, seperti ledakan, tekanan tinggi, temperatur tinggi, keracunan, dan kebisingan. Untuk karyawan produksi, tunjangan risiko yang diberikan sebesar 100% dari tabel,” ujar Erman.

Sementara itu, bagi karyawan yang bekerja shift, perusahaan memberikan tunjangan shift sebagai kompensasi dari kelebihan jam kerja dan ketidaknikmatan bekerja dengan waktu kerja yang berubah-ubah. Kepala Humas dan Hukum PT Pusri Djakfar Abdullah menambahkan, dari beberapa aturan yang telah dilaksanakan, pihaknya terus melakukan evaluasi untuk perbaikan.

“Kita selalu berbenah. Saat ini sedang dibahas bersama konsultan untuk mengevaluasi kembali sistem penggajian yang berlaku,” ujar Djakfar. Masalah rekrutmen tenaga kerja mereka sudah sangat terbuka, jumlah karyawan yang kini mencapai 3140 orang. Padahal, idealnya Pusri hanya memiliki 2.500 karyawan.

“Rekrutmen yang kini kita lakukan untuk menutupi para karyawan yang pensiun, yang setiap tahunya mencapai 300 orang. PT Pusri akan mencapai ideal karyawannya pada 2012 nanti. Untuk itu, kita lakukan rekrutmen,” ujar Djakfar. (aina ra/hengky ca)***Harian SINDO

33 Tanggapan to “Penggajian PT Pusri Terbaik”

  1. U_dh@ said

    kalo mo buka lowongan utamakan putra daerah donk, jangan hanya dari luar yang diambil

    • wawak said

      kalo buka lowongan, bukalah secara terbuka dan transparan. jangan hanya kalangan tertentu yg dapat infonya. kayak pertamina, fair penerimaan pekerjanya.

  2. wellyyuwono said

    Gaji lancar tapi pupuk ke petani sering molor…?

  3. andyka said

    kapan reqrutmen pegawai baru pt pusri buat tahun 2009??

  4. Imel said

    Kapan reqrutmen pegawai baru PT PUSRI di Medan untuk tahun 2009?
    trimakasih…

  5. aini said

    Katanya ada lowongan Pusri di palembang ya??
    kira2 kapan buka pendaftarannya?

  6. eca said

    kira2 tanggal berapa pusri mengadakan recruitmen
    trims

  7. iis said

    maaf ya numpang lewat, kalau boleh tahu tanggal brapa ya PT.PUSRI buka pendaftaran di bulan mei ini???????????????

  8. sinto said

    kapan ? dan tanggal berapa aja pt pusri akan mengadakan lowongwn kerja lg???…. tolongg di sini terutama kota palembang masih banyak pemuda/pemudi yg kreatif tapi sayang bnyak pt yng pilih kasih dalam mmenerima karyawan…………….

  9. M315 said

    Apa aja sich selain gaji pokok?
    tunjangan perumahan,tunjangan makan,transport,gaji ke 13,THR,tunj.resiko,bonus,uang cuti ada semua gak?

  10. Sandy said

    ada sedikit kekecewaan dengan perekrutmen pusri mei 2009, dimana pendaftaran online yang susahnya minta ampun dan waktu yg selalu mepet. kenapa tesnya cuma di palembang dan jakarta.. untuk tes awal kan bisa di kota masing2 dulu.. kalo da tahap akhir, baru di palembang.. >.<

  11. Keanu said

    apakah gaji utk sma sebesar 1,8 jt dan S1 sebesar 3jt itu sudah termasuk tunjangan apa blm?

  12. Boy Plembang said

    aq dak Lulus….
    Huh….
    mg2 b taon dpn….
    Amin Ya Robbal Alamin…..

  13. PECINTA PUSRI said

    Gaji karyawan pusri tingkat SMA 3 JT non pabrik 3,8 jt pabrik
    D3 3,5 jt non pabrik 4,2 jt pabrik
    S1 4,5 JT
    belum termasuk bonus tahunan, uang cuti, THR, insentif, lembur

    • BudyGol said

      aq PENGEEEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNN NIAN BEGAWE D PUSRI,,,,,,,,
      YA ALLAH YA ROBBI TOLONG DENGARKAN DO’A HAMBAMU INI,,,,,
      AMIEN YA ROBBAL ALAMIEN,,,,

  14. supri said

    yg di sebut di atas standar gaji thn 09. yg skrg udah naik lg 10%.

  15. Dewi said

    kapan pembukaan karyawan pt.pusri tahun 2010
    saya mau melamar pekerjaan di sana .terimakasih

  16. puser-i said

    rekrutmen thn 2010 mundur sampe akhir thn.

  17. erpin said

    tahun 2011 ini kapan yah pusri buka lowongan. tahun 2010 kemaren katanya bulan september tapi nggak ada kabar sampai 2010 berakhir.

  18. puspa said

    denger2 kabar angin ribut sih bulan februari ada bukaan… tau deh apaan yang di buka.

    • erpin said

      mudah2an lokernya yg dibuka, soalnya bulan 9 nanti aku sudah kelebuhan umur buat daftar, thn2009 kemarin sudah tinggal sedikit lagi berhasil tp ternyata gagal di tahap wawancara akhir. nasib2 😦

      • puspa said

        good luck mang. tapi kemaren2 baca di sripo n sumeks cakar 2009 pada ngeluh soal gaji. ada apa gerangan???

  19. erpin said

    pusri buka lowongan untuk lu2san slta,d3,s1 bulan april tanggal 1-3. pengumuman lihat di ppjkunsri.com tanggal 22 maret nanti.
    info ini saya dpt dri karyawan pusri. lebih lengkapnya saya blum tahu

  20. keluarga petani said

    enak rekrutan thn ini, tes aptitude di tiadakan, toefl di ilangin. Standar ipk jg di downgrade. Tp rindam jd 3 bln, hehe… Mayan ada kesempatan lg.

  21. risma said

    TOEFL Score harus mengumpulkan sertifikat ASLI keluaran dr Lembaga Bahasa Resmi, atau keluaran Lembaga Bahasa dr Universitas, S1 min 450.

    Tes Aptitude tgl 17 April 2011.

    Btw, beneran gaji S1 4,5 JUTA? Belum termasuk TUNJANGAN?
    GEDE AMAT yak…. emang hidup di Palembang itu lebih mahal ya daripada di Jakarta?

    Tengkyu

  22. ddjoko said

    yoi, yg penting gak banyak komentar miring!!

    • Sasori said

      Gaji besar resiko juga besar..
      buat yg di pabrik resiko nya kematian,
      buat yg di kantor resiko ngurus administrasi n dana2, klo slah 0 satu ja abiz…

  23. frisilia_anggraeni@yahoo.com said

    Jadi untuk lulusan S1 tahun 2012 gajinya brp ya?

  24. 22 november 2012,jovan berkata,,aq berharap pt pusri mau nerimah aq jdi karyawan,,dan bisa bergabung membangun pt pusri yang terdepan…..
    buat aq
    berkerja dulu baru bisa digaji,kalau malas2an gk dapat gaji,,,,time is money.itu prinsip yg ku pegang…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: