infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

PD Pasar Siap Ambil Pasar 16 Ilir

Posted by infokito™ pada 24 April 2008

PD Pasar Palembang Jaya siap mengambil alih pengelolaan Pasar 16 Ilir Palembang. Pasalnya, hingga kini kondisi pasar masih semrawut dengan prasarana yang kurang memadai.

Direktur Umum (Dirut) PD Pasar Palembang Jaya Syaifuddin Azhar mengatakan, pihaknya tidak percaya bila pengelolaan Pasar 16 Ilir dikatakan merugi. Alasan rugi yang dikemukakan PT Prabu Makmur sebagai pengelola hanya untuk menghindari perjanjian yang belum terpenuhi.

PD Pasar juga mengungkapkan masih banyaknya keluhan dari pedagang terhadap fasilitas yang disiapkan pihak pengelola, misalnya banyak WC yang bocor saat hujan. Selain itu, ruangan yang dirasakanpengapkarenakurang berfungsinya sistem ventilasi.

”Kalau nak mundur, yah silakan. Saya pikir targetnya tidak tercapai karena banyak lapak yang tidak laku. Lantai empat dan lima kosong, paling hanya dipenuhi pedagang baju bekas dengan sewa harian. Kalau begini kita siap mengambil alih Pasar 16 Ilir, termasuk dari segi pendanaannya. Paling cuma perbaikan ringan benerin yang bocor sedikit-sedikit,” ungkapnya.

Mengenai pemutusan kontrak, menurut Syaifuddin, kebijakan itu diserahkan sepenuhnya kepada Pemkot Palembang. Sebab, perjanjian yang telah disepakati sudah berlangsung lama sejak 1995. Pemutusan kontrak sudah diatur dalam perjanjian. Misalkan ada klausul yang mengatur perselisihan dengan musyawarah atau pengadilan.

”Sekarang begini, kalau dia (PT Prabu Makmur) menyerahi urusan ke kita, mengapa kita tidak siap,” bebernya.

Dia mengungkapkan, ihwal Pasar 16 Ilir dikelola PT Prabu Makmur karena pascakebakaran pada 1990-an lalu, keuangan daerah masih belum memungkinkan untuk membangun pasar tersebut dalam waktu singkat. Padahal, kebutuhan masyarakat terhadap pasar sangat tinggi sehingga harus segera dibangun.

”Sehingga datanglah Alai yang siap membangun. Jadi, sedikit banyak dia punya jasa karena sanggup membangun itu,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setda Kota Palembang Ali Zaman M Nur mengakui fasilitas yang harus disediakan di Pasar 16 Ilir ternyata tidak terealisasi sebagaimana mestinya.

Karena itu, sering mendapat keluhan dari para pedagang. Misalkan saja, tempat parkir dan tangga masuk yang telah dipenuhi pedagang sehingga mengganggu kenyamanan berbelanja. (siera syailendra)***Harian SINDO

2 Tanggapan to “PD Pasar Siap Ambil Pasar 16 Ilir”

  1. leelly said

    ya.. kalo pengelola nakal di jewer aja pak.. jang takut ngejewer kok, karena kalo dibiarkan nanti keenakan mereka. yang rugi ga cuma pemerintah daerah tapi pedagang dan pembeli juga pada akhirnya jadi tumbal.

    semua yang dikeluhkan PT. Prabu Makmur itu cuma akal-akalan aja biar terbebas dari kewajiban. jadi kenapa takut “ngejewer” kalo memang salah!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. NOPRIADI AM.D said

    saya,hanya berharap pengelola pasar yg baru memang benar2 membuktikan perencanaan atau pun janjinya untuk pengelolaan pasar 16 ilir dengan lebih baik dari pengelola sebelumnya. jangan omongan kosong belaka, sebab kami tidak tinggal diam apabila kami pedagang kecewa, sebab kita semua berharap pasar 16 jadi icon sumsel sebenarnya yg bisa dibanggakan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: