infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Lima Desa di OKI Terisolasi

Posted by infokito™ pada 23 April 2008

Lima desa di Kecamatan Mesuji Makmur, Kabupaten OKI masih terisolasi dan sama sekali belum tersentuh pembangunan. Kondisi itu terlihat dari belum tersedianya sarana dan prasarana yang menyentuh kepentingan masyarakat. Kelima desa itu yakni, Mesuji Jaya, Beringin Jaya, Karya Jaya, HTI Jaya dan Kampung Baru. Bahkan, Desa Kampung Baru mengancam akan memisahkan diri dari Kab OKI dan tertarik bergabung dengan Kab OKU Timur.

Tokoh masyarakat Kampung Baru Fugo, 40, menyesalkan lambannya perhatian Pemkab OKI terhadap lima desa tersebut. “Kayaknya pemerintah memilah-milah dalam membangun Kab OKI ini. Kami sepertinya dianaktirikan Pemkab OKI dan kami merasa terbelakang,” kecam Fugo didampingi tokoh lain Baruk,40.

Jika melihat dari rentang kendali, sambung dia, dari Desa Kampung Baru menuju Kecamatan Belitang Kab OKU Timur hanya berjarak sekitar 7 km. Apalagi, menuju ke rumah sakit Belitang, Kabupaten OKU Timur hanya sekitar 15 km. Sementara untuk menuju ke pusat kecamatan, mereka memerlukan jarak sekitar 25 km.

Dia membeberkan, di desa maupun kecamatan sendiri belum belum tersedia sarana dan prasarana kesehatan. Jika hendak berobat atau ada warga yang menderita sakit parah, terpaksa harus dilarikan ke Kecamatan Belitang, yang notabene berlainan kabupaten. Sebab, untuk menuju rumah sakit di Kayuagung sangat jauh dan memakan waktu cukup lama. Jika keadaan masih tidak berubah, mereka mengancam akan keluar dari Kab OKI dan bergabung dengan Kab OKU Timur.

“Kita baru saja memberikan surat ke Bupati OKU Timur terkait keinginan Desa Kampung Baru ini.Dan dalam waktu dekat kita akan kembali menghadap Bupati OKUTimur,” timpalnya.

Hal senada dikatakan Paryono, 38. Menurut dia, seharusnya Pemkab OKI dapat melakukan pemerataan pembangunan dan tidak mengesampingkan desa-desa lainnya.

“ Jalan dari desa satu ke desa lain memang ada dan bisa dilalui kendaraan roda empat. Tetapi,kondisinya sangat memprihatinkan,” ujarnya. Selain berdebu, jalan itu juga dipenuhi banyak lobang. Apalagi di saat musim hujan seperti sekarang. Jalan itu sangat sulit sekali untuk dilalui. Tidak meratanya pembangunan di lima daerah itu sudah terasa sejak tahun 1999. Selama itu pula masyarakat belum menikmati sarana dan prasarana infrastruktur serta sarana dan prasarana kesehatan.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi C DPRD OKI sekaligus Ketua BK DPRD OKI Agus Bandrio kemarin mengakui kondisi lima desa di Kecamatan Mesuji Makmur itu masih terisolir. Bahkan, politisi PDI Perjuangan OKI ini sudah mengetahui ancaman warga Desa Kampung Baru yang ingin memisahkan diri dan bergabung dengan Kab OKU Timur. (darfian mj suprana)***Harian SINDO

13 Tanggapan to “Lima Desa di OKI Terisolasi”

  1. rogan said

    hallo Daerah mesuji tempat tinggal gw ! thanks ya udah ada berita daerah sana

  2. adit said

    benar sekali ke 5 desa masih terisolir, inprastruktur d sana sangatlah minim. jalan2 sebagai sarana transfortasi tidk bisa di andalkan. wilayah tersebut memang lebih gampang d jangkau dari belitang OKU timur, itupun harus melalui jalan2 kebun masyarakat.
    meskipun jalan2 tersebut dapat dilalui kendaraan roda 4 tetapi itu sangat menyulitkan apalagi jika musim hujan.
    APAKAH DENGAN KEADAAN DEMIKIAN KITA DAPAT MEMAJUKAN TINGKAT PEREKONOMIAN MASYARAKAT??? TANPA ADANYA DUKUNGAN INFRASTRUKTUR YG BAIK.
    SANGATLAH WAJAR JIKA MEREKA INGIN BERALIH K DAERAH OKU TIMU.

  3. tyo said

    Di Kecamatan Mesuji mana ada jalan desa yang kondisinya bagus, apalagi di aspal. Saya tidak menyalahkan jika ada daerah/desa yang ingin masuk ke dalam wilayah kabupaten lain. PR buat Pemkab OKI.

  4. ebnumara said

    Mesuji Makmur kecamatan yang makmur ini terbukti dari hasil pertanian dan perkebunan sawit, karet. tingkat ekonomi masyarakat sudah mapan tapi sayang memang dari saya lahir kondisinya sudah begitu pemkab OKI memandang sebelah mata potensi besar di mesuji makmur. Sebagian warga Mesuji Makmur memang pindahab dari Belitang jadi mereka masih punya ikatan emosi ke OKU. Coba kalo dihitung berapa peredaran uang dari Mesuji Makmur tiap bulan dari hasil kebun karet dan kelapa sawit????? Belakangan ini jalan mulai dikoral dan diaspal apa karena menjelang PILKADA YA??????????? Keinginan untuk pisah dari OKI itu hanya sensasi saja saja karena walaupun pisah dari OKI apa akan berubah?? beberapa desa yang disebut diatas itu bermasalah dengan status tanahnya!!!!! tanah yang dijadikan desa dalam status quo.

  5. pepen said

    waktunya para pujakusuma untuk berkarya dan berdedikasi bung.,,,!!

  6. tyo said

    Satu lagi kondisi yang sangat memprihantinkan di kecamatan Mesuji dan Lempuing yang menyangkut infrastruktur di wilayah ini yaitu berhubungan dengan listrik yang sering padam dan voltase yang sering naik turun bahkan pada beban puncak voltase hanya 90 volt, yang sampai saat ini masih sangat lamban penanganannya bahkan tidak ada kepedulian dari pihak PLN, inikah propinsi lumbung energi???? sungguh cuma isapan jempol belaka. Bagaimana ekonomi masyarakat bisa bergerak maju jika kondisi infrastrukturnya masih seperti itu.

  7. masdari\dori said

    tolong bapak ir.ishak mekki bupati oki perhatikan desa pesisir pantai terutama desa kuala sungai pasir,pembangunan jembatan penyebrangan yang berdekatan dengan los pasar belum dilanjutkan pembangunannya,sehingga warga sulit nyebrang kecuali dengan numpang boat lewat atau pakai kole.dan rencana pembangunan pltd(pembsngkit listrik tenaga diesel)belum berjalan.desa kuala sungai pasir sngat membutuhkan listrik untuk penerangan.

  8. taufik said

    payo pak pembangunan dilaksanakan!jangan di kota terus pembanguan dilaksanakan,tetapi didesa juga butuh pembangunan!

  9. taufik said

    pak ishak tolong pembangunan dan pengamanan di daerah kecamatan mesuji makmur di lakukan!banyak nian perampok didaerah mesuji makmur.mohon untuk segera menindaklanjuti permasalahan ini!

  10. kapan pak sumatra selatan bisa maju, kalau dari kecamata aja tidak dibangun!jalan aja juga belum di aspal dan sekolah jenjang SMA aja belum ada di kota kecamatan mesuji makmur,padahal sekolah itu temat orang menimba ilmu,kalau orang idak berilmu kapan negara mau maju!!!!kalau bisa kabupaten OKI di pecah lagi menjadi kabupaten baru biar pembangunan sampai di desa-desa.

  11. yudi said

    asslamualikum pak bupati tolong di perhatikan warga mesuji makmur di mana ada 5 desa terisolasi dari pembangunan,,,dari saya lahir hingga sekarng belim tersentu pembangunan,,,dari jalan hingga penerangan,,,tolang di perhatikan ,,,saya sebagai warga desa mesuji jaya kec mesuji makmur sangat butu bantuan insfrakstruktur,,,,dari jalan,sekolah,puskesmas,penerangan,dll.terimah kasih.

  12. aan said

    memang mengharukan aq yg merasakan hidup di mesuji jaya. Apalagi harga kebutuhan bahan pangan sangat tingi. Di mesuji jaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: