infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

YLKS: Layanan Buruk, Operator Telekomunikasi Bisa Dituntut

Posted by infokito™ pada 22 April 2008

Sejumlah lembaga perwakilan konsumen menyatakan keluhan masyarakat terhadap buruknya layanan operator telekomunikasi akhir-akhir ini. Menurut Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Palembang, jika disertai bukti kuat, operator layanan seluler yang bersangkutan dapat dituntut ganti rugi. Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Sriwijaya (YLKS) Beni Irawan mengatakan, dalam waktu sebulan ini pihaknya telah menerima keluhan masyarakat mengenai buruknya layanan operator seluler.

“Apalagi sejak maraknya promosi tarif murah belakangan ini. Mungkin karena pelanggan semakin banyak, menyebabkan jaringan overload (kelebihan beban). Akibatnya, konsumen merasa dirugikan karena aktivitas sehari-hari dan bisnis mereka terganggu,” terangnya Senin kemarin.

Dia menuturkan, lembaga yang dipimpinnya selalu terbuka untuk menerima keluhan dari masyakarat. “Konsumen jangan takut memperjuangkan haknya. Kalau ada bukti yang kuat, perusahaan yang terbukti lalai memberikan layanan yang baik dan merugikan konsumen bisa dituntut,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Palembang Sutikno. Menurutnya, berdasarkan UU No.08/99 tentang perlindungan konsumen, jika disertai bukti yang kuat, konsumen dapat menuntut ganti rugi kepada perusahaan yang terbukti memberikan layanan yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

Dia menjelaskan, ada mekanisme yang harus ditempuh untuk proses tuntutan tersebut. “Pertama konsumen dapat melayangkan keluhannya kepada lembaga perwakilan konsumen, lalu kami akan memanggil perusahaan tersebut untuk menjalani sidang. Jika memang ada bukti-bukti yang kuat, tuntutan ganti rugi dapat dikabulkan,” jelasnya.

Sementara itu, Humas PT Excelkomindo (XL) Palembang Yusuf Ridwan menegaskan, pihaknya akan berusaha untuk meningkatkan layanan jaringan telekomunikasi. Dia mengakui, sejak diluncurkannya tarif murah dua bulan terakhir ini, traffic komunikasi di wilayah Sumsel meningkat signifikan.

“Peningkatannya mencapai 300 persen.Hal ini memang diluar perkiraaan kami,” ujarnya. Akibatnya, dia mengakumenerima beberapa keluhan pelanggan mengenai layanan keterlambatan penerimaan SMS dan proses pemanggilan (out going call).Untuk itu,lanjut dia, perusahaan telekomunikasi wajib memperbaiki jaringan secepatnya. “Misalnya melalui penambahan kapasitas trafficdan jumlah BTS. Tapi, perbaikan tersebut memang butuh waktu,” tandasnya. (akrimah/SINDO)

2 Tanggapan to “YLKS: Layanan Buruk, Operator Telekomunikasi Bisa Dituntut”

  1. […] ^ https://infokito.wordpress.com/2008/04/22/ylks-layanan-buruk-operator-telekomunikasi-bisa-dituntut/ […]

  2. hargadiri said

    memang perlu langkah panjang untuk jadi sempurna, ada banyak hal yang mesti diperhatikan… ini saya alami sendiri sebagai pedagang pulsa yang menjual pulsa murah all operator

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: