infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Panwasda Larang Sosialisasi Melalui Media Massa

Posted by infokito™ pada 21 April 2008

Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Panwasda) melarang semua pasangan calon wali kota-wakil wali kota melakukan sosialisasi di media massa. Di antaranya memasang iklan dan advertorial di media,menggiring opini publik untuk mendapat simpati, dan kegiatan sejenis lainnya di media.

“Itu juga merupakan bentuk pelanggaran pilkada karena termasuk kategori pencurian start kampanye,” kata Ketua Panwasda Palembang Donny Suryadi di Sekretariat Panwasda Minggu kemarin.

Panwasda, kata Donny, terus mencermati semua bentuk kampanye terselubung yang dilakukan pasangan calon melalui media massa. Rencananya, hari ini suratnya akan dikirim ke seluruh pasangan calon dan pimpinan media massa agar dilaksanakan.

Jika pelanggaran-pelanggaran tersebut terus dilakukan, Panwasda mengancam akan merekomendasikan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Palembang untuk memberikan sanksi kepada pasangan calon tersebut. Sebab, tindakan pencurian start kampanye merupakan tindakan pelanggaran administratif pilkada dan merupakan kewenangan KPUD untuk memberikan sanksi.

Ketua Tim Pemenangan ASRI (Asmawati-Ahmad Rizal) Syofwatillah Mohzaib menilai, larangan Panwasda tersebut sebagai tindakan yang arogan. Menurut Opat, sapaan Syofwatillah, sebelum mengeluarkan larangan, Panwasda harus memahami dulu makna kampanye.

“Yang namanya kampanye itu mengajak orang untuk memilih salah satu pasangan calon. Sementara, yang dilakukan di media massa dan lapangan itu bentuknya sosialisasi yang merupakan hak asasi manusia,” tandas Sekretaris DPD Partai Demokrat Sumsel ini.

Jika Panwasda tetap bersikeras pasangan calon bertemu dengan masyarakat atau memperkenalkan dirinya melalui media massa, menurut Opat, Panwasda telah melanggar konstitusi. Sebab, dalam UUD 1945,setiap warga negara berhak untuk bersosialisasi dan berkumpul dengan sesamanya. ”Apa harus berdiam diri di rumah dan tidak boleh bertemu orang-orang?” (ahmad fajrihidayat/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: