infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

30 Ribu Warga Kota Prabumulih Terdaftar Jamkesmas

Posted by infokito™ pada 20 April 2008

Kepala Dinas kesehatan (Kadinkes) Kota Prabumulih Lazuardi menuturkan, sekitar 30 ribu masyarakat terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

”Nilai ini sebenarnya tidak jauh lebih dari kuota penerima Jamkesmas yaitu 30 ribu orang,” ujar Lazuardi acara menghadiri acara lomba Prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat nasional di Kelurahan Wonosari, Kecamatan Prabumulih Utara, Sabtu (19/4) kemarin.

Menurutnya, pihak Dinkes sudah menyiapkan ahli untuk melakukan verifikasi terhadap penerima Jamkesma yang merupakan program baru pengganti Askes.

“Jumlah Jamkesmas diperkirakan tidak jauh berbeda dengan penerima Askeskin di Kota Prabumulih. Kita sudah bentuk tim verifikator,yang jumlahnya dua orang, dan sudah cukup lama dibentuk untuk menyiapkan program tersebut. Tim verifikator terdiri dari Dinkes,” tambahnya.

Lazuardi mengharapkan, program Jamkesmas dapat mengurangi beban masyarakat yang ingin berobat. Dia berharap, pelayanan kesehatan masyarakat akan optimal, sehingga tidak ada lagi keluhan.

”Pelayanan kesehatan masyarakat saat ini menjadi prioritas dan harus diutamakan,” ucapnya. Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kota Prabumulih Ali Indra melalui satuan pengawas internal RSUD Prabumulih Fikri mengatakan, program Jamkesmas tersebut merupakan program yang selama ini dilakukan oleh masyarakat dan RSUD.

”Tapi setiap pengguna Jamkesmas itu harus dilakukan verifikasi, tapi hingga kini kita belum miliki verifikator yang dibentuk oleh Dinkes,” ujarnya. Fikri mengatakan, akibatnya, rencana program tersebut belum dimulai dan kapan akan dimulai dirinya tidak mengetahui. Namun dia mengaku, pihak RSUD sudah menerima data calon penerima Jamkesmas.

“Data itu tidak jauh berbeda dengan data penerima Askeskin, dan data tersebut sudah disahkan oleh pak wali kota,” katanya. Dia menjelaskan, mengenai persyaratan tidak jauh berbeda dari penerima Askeskin sebelumnya, dia menegaskan, syarat yang terpenting adalah surat keterangan tanda miskin (SKTM), selain itu identitas penerima Jamkesmas.

Selain itu, Fikri menjelaskan, pelayanan Jamkesma sama halnya dengan pelayananAskeskin. “Saat masyarakat berobat dan cek kesehatan saat jam dinas, tetap dilayani. Yang jelas, pihak RSUD siap untuk melayani dan merawat pasien penerima Jamkesmas,” ungkapnya.

Fikri menambahkan, terbentuknya rencana program baru tersebut, dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tidak mampu. ”Saya berharap program ini dapat dimanfaatkan masyarakat, ” imbuhnya. (sutami ismail)***Harian SINDO

Satu Tanggapan to “30 Ribu Warga Kota Prabumulih Terdaftar Jamkesmas”

  1. erweend said

    KEPADA PAK WALIKOTA PRABUMULIH YANG TERHORMAT.

    KAMI MEWAKILI WARGA KOTA PRABUMULIH.

    MAK MANO PAK. !!!!!

    UJINYO JALAN DAN LORONG-LORONG DI KOTA PRABUMULIH NAK DIBANGUN…, TAPI NGAPO BELUM TERLAKSANA JUGO.
    TERUTAMA LORONG-LORONG YANG DI ARAH BELAKANG PASAR JANGANKE NAK DI PERBAIKI, DIBUAT BAE BELUM PERNAH.

    JANGAN MAK ITU PAK, KAMI LAJU KECEWA, TOLONG NIAN MEN NAK DIHARGOI OLEH RAKYAT KECIK.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: