infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Perpanjangan Run Way Bandara SMB II Terancam Tertunda

Posted by infokito™ pada 19 April 2008

Setelah tertunda dari rencana awal pada tahun 2007 lalu, perpanjangan landasan pacu (Run way) Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter kembali terancam tertunda. Pasalnya, dana yang dibutuhkan untuk penguatan lapisan atas landasan belum tersedia.

Asisten Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Sekda Provinsi Sumsel Budi Raharjo belum dapat memastikan bandara SMB II dapat disinggahi pesawat berbadan lebar jenis Air Bus atau Boeing 747, sebab kebutuhan dana sebesar Rp53 miliar untuk penguatan lapisan atas tersebut belum tersedia.

”Mungkin tahun ini pada APBN Perubahan, tetapi kita lihat lagi kemampuan APBN karena proyek perpanjangan ini dengan anggaran APBN,” ujarnya, di Pemprov Sumsel, Jumat kemarin.

Proyek tersebut memang telah dimulai dan dibangun. Pemindahan peralatan navigasi pendaratan dan pemindahan jalan masyarakat yang terkena proyek tersebut juga telah selesai dilakukan. Namun, untuk dapat menahan beban pesawat berbaban lebar tersebut dibutuhkan penguatan lapisan atas setebal 11 centimeter lagi.

”Penebalan itulah yang perlu anggaran Rp53 miliar itu,” kata Budi. Budi menolak menyebutkan berapa besar anggaran yang telah dikeluarkan pusat untuk mulainya proyek perpanjangan landasan tersebut. Namun untuk tahap akhir ini masih diperlukan dana sekitar Rp53 miliar tersebut guna penguatan lapisan atas.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Depag Sumsel Mal An Abdullah mengatakan, pihaknya bersama Pemprov Sumsel terus mengupayakan untuk dapat mengejar target perpanjangan landasan pacu tersebut. Sehingga pada musim haji mendatang dapat menggunakan pesawat berbadan lebar. Namun Mal An menolak memastikan tahun 2009 dapat menggunakan pesawat seri 747 tersebut.

”Harapan kita itu dapat terlaksana dan layanan embarkasi Palembang lebih baik. Tetapi tidak dapat dipaksakan, kalau memang landasan itu belum kuat kita tidak dapat berbuat apa,” ujarnya menerangkan.

Menurut Mal’An, walaupun perpanjangan landasan pacu telah selesai, sebenarnya tidak banyak berpengaruh terhadap tahapan pelaksanan haji. Namun, dari sisi pelayanan dan persyaratan sebuah bandaran internasional, maka perpanjangan landasan pacu itu harus dilakukan.

Sebelumnya,Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel Akhmad Najib mengatakan, perpanjangan landasan pacu Bandara Internasional SMB II Palembang, yang sempat tertunda ditargetkan selesai awal 2009. Menurut Najib, belum dimulainya kegiatan pembangunan itu karena masih menunggu proses pemindahan peralatan pemandu pendaratan pesawat,

”Saat ini tengah dilakukan perpindahan beberapa peralatan navigasi seperti lampu dan sebagainya, oleh pihak angkasa Pura sendiri,” ujarnya, di Palembang belum lama ini. (berli zulkanedi)***SINDO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: