infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Kantor PKS Kabupaten Bandung Dibom Molotov

Posted by infokito™ pada 15 April 2008

Kantor sekretariat DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Bandung, Jabar, yang beralamat di Jalan Terusan Kopo No.193 KM.12,3 dilempari 4 botol bensin menyerupai bom molotov oleh tiga orang pria, Senin (14/4/2008) sekitar pukul 13.15.

Akibat pelemparan benda mirip bom molotov tersebut, bagian depan sekretariat PKS yang dipakai sebagai etalase penjualan atribut menghitam dijilat api. Selain itu, 3 buah motor milik anggota PKS yang terparkir di depannya ikut terbakar.

Dua sepeda motor Vega-R warna oranye hitam nopol D 3282 VO dan D 5262 VR serta sebuah motor Supra X warna hitam nopol D 4224 VI, bagian bodinya rusak dan melepuh terkena jilatan api. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Belum diketahui apakah pelemparan ini terkait dengan hasil Pemilihan Gubernur Jabar (Pilgub Jabar) yang dimenangkan pasangan yang diusung PKS dan Partai Amanat Nasional (PAN), yakni Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf.

Menurut keterangan beberapa saksi di lapangan, aksi pelemparan tersebut dilakukan oleh tiga orang pria. Satu orang berhasil ditangkap dikenali bernama Didin Tadjudin (28), warga Kampung Cinangka RT.4 RW.7, Desa Wargaluyu, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung. Sedangkan dua orang lainnya berhasil melarikan diri.

Didin yang menggunakan vespa jenis P150XE berwarna biru dongker tanpa plat nomor berhasil ditangkap oleh warga sesaat sesudah dia melemparkan botol bensin. Dari motor tersangka didapat sebuah STNK vespa tersebut bernopol D 3206 BC. Tersangka berhasil ditangkap warga karena vespa yang dikendarainya mendadak mati mesin dan sulit untuk dinyalakan.

Pelaku melemparkan sebanyak 4 botol bensin 1 literan ke arah gudang dan showroom atribut DPD PKS. Setelah itu, pelaku langsung menyulut korek api dan melemparkannya ke arah kantor sekretariat PKS. Beruntung anggota PKS yang sedang ada di dalam mendengar bunyi letupan api dan langsung memadamkan api yang sudah membesar dengan air.

Bukan Bom Molotov
Kapolres Bandung, AKBP Ahmad Dofiri MSI, membantah jika benda yang dilemparkan tersangka merupakan bom molotov, namun benda tersebut hanya 4 botol bensin ketengan yang kemudian disulut api oleh tersangka.

“Itu bukan bom molotov, hanya botol-botol bensin ketengan yang dilemparkan ke arah kantor sekretariat PKS. Setelah dilemparkan, tersangka lalu menyulut api dengan korek dan melemparkannya sehingga terjadilah kebakaran,” katanya.

Bukan bom molotov, kata kapolres, bisa dilihat dari tidak adanya kain penyulut di seluruh botol yang dilemparkan tersangka. “Kalau bom molotov tentu ada sumbu penyulutnya, ini tidak ada hanya botol bensin yang dilempar lalu disulut api,” tegasnya.

Berdasarkan keterangan tersangka, pelaku hanya dirinya sendiri. “Tersangkanya hanya satu berdasarkan keterangan dari saksi dan dari tersangka yang berhasil ditangkap, tidak ada pelaku lainnya. Tersangka mengaku melemparkan 3-4 botol bensin,” kata kapolres.

Mengantisipasi adanya kasus serupa, kapolres langsung menambah personelnya di sekretariat DPD PKS Kabupaten Bandung dan KPUD Kabupaten Bandung dengan pengamanan ketat.

Sementara itu, Wakapolda Jabar, Brigjen Pol Suprihadi Usman, membenarkan telah terjadi beberapa ancaman terhadap basis-basis PKS di Jawa Barat. “Di Sekretariat PKS Kabupaten Bandung merupakan kasus pembakaran, sedangkan di Bogor ada ancaman serupa tapi saya belum menerima laporan lengkapnya,” jelasnya saat meninjau TKP.

Mengenai kaitannya dengan hasil Pilgub Jabar, wakapolda mengatakan pihaknya masih terus melakukan penyelidikan. “Belum, kita masih terus melakukan penyelidikan secara mendalam,” jelasnya.

Basis-Basis PKS Diancam
Ketua Bidang Tim Advokasi PKS Wilayah Jabar, Sabar Muslihat, mengatakan selama hari Senin (14/4/2008) telah terjadi tiga kali aksi pengancaman terhadap basis-basis PKS di Jawa Barat. Aksi pertama terjadi di Sekretariat DPD PKS Kabupaten Bandung dan Sekretariat DPD PKS Kota Bogor.

Di Kabupaten Bandung, kata Sabar, bukan lagi ancaman tapi sudah nyata ada pelemparan bom molotov di kantor PKS, sedangkan di Bogor dan Depok muncul selebaran gelap yang berisi ancaman akan terjadi pengrusakan dan pembakaran sekretariat PKS di kedua kota tersebut.

“Di Kabupaten Bandung bukan lagi ancaman, ini sudah nyata-nyata terjadi pembakaran kantor PKS menggunakan bom molotov oleh pihak tak bertanggung jawab, sedangkan di Kota Bogor dan Depok muncul selebaran akan ada aksi pembakaran sekretariat DPD PKS,” jelasnya, seusai mendatangi Mapolsek Katapang. (TJ/SRIPO)

Satu Tanggapan to “Kantor PKS Kabupaten Bandung Dibom Molotov”

  1. suwandi said

    saya berharap kepada pihak kepolisian agar menangkap dalang dibalik pelemparan bom tersebut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: