infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Kisruh Anggota Dewan Ditinggal Ketua Komisi ke Luar Negeri

Posted by infokito™ pada 11 April 2008

Kekisruhan para anggota Komisi IV DPRD Palembang kian meruncing, pasalnya tanpa pemberitahuan, ketua, wakil ketua dan Sekretaris Komisi IV pergi ke luar negeri (Malaysia dan Singapura) Kamis (10/4). Akibatnya, rapat-rapat komisi membahas masalah rakyat menjadi terhambat.

Anggota Komisi IV yang melancong keluar negeri yakni, Ketua Komisi Irmaidi, Wakil Ketua Hasbullah Akib dan Sekretaris Komisi Isa Anshori Yusuf serta Wakil Ketua DPRD Palembang AD Jauhari. Anggota Komisi IV DPRD Palembang Harmen Abbas menyayangkan kepergian ketua komisi ke luar negeri tanpa penjelasan apa pun.Hal ini jelasnya tidak sesuai dengan etika kelembagaan.

”Kita sudah cek ke bagian Sekwan DPRD namun belum ada surat pemberitahuan,” ucapnya kepada SINDO, Kamis (10/4) kemarin. Dia menjelaskan, sebanyak 8 orang dari 11 orang Anggota Komisi V kecewa terhadap sikap yang dilakukan ketua komisi. Bahkan, pihaknya sudah melakukan rapat internal komisi untuk menentukan sikap mosi tak percaya terhadap ketua yang dianggap telah melecehkan.

”Harusnya dia hengkang dari jabatan ketua komisi. Sekarang ini ibarat ayam, kita ini anak ayam yang kehilangan induknya,” tukas politisi partai golkar tersebut. Tanpa mandat, jelasnya, secara otomatis komisi tidak dapat melakukan kegiatan sehingga berkas-berkas yang masuk secara administrasi terpaksa ditunda. Karena dalam prosesnya harus melalui tanda tangan ketua komisi.

”Kita heran kok tanpa sepengetahuan anggota lain pergi begitu saja. Sebenarnya ada apa ini,” tanyanya. Dia menuturkan, setiba di Palembang pihaknya berhak mempertanyakan agenda dan sikap yang dilakukan ketiga orang tersebut. Bila sudah di floor kan di komisi bila memungkinkan bisa diadukan ke Badan Kehormatan(BK) DPRD,” ujar Harmen yang juga ketua BK DPRD Palembang.

Sementara itu, Anggota Komisi IV Indra Jaya SAg sangat mengherankan kepergian ketua dan jajaran komisinya ke luar negeri. Berdasarkan informasi yang diterima kepergian itu diundang dari Badan Narkotika Kota (BNK) untuk menghadiri seminar tentang AIDS di Singapura. Namun komisi belum menerima surat dari BNK. ”Memang aturan kehadiran di DPRD tidak begitu tegas. Namun kita menyayangkan sikap beliau tanpa pemberitahuan sama sekali,” ucapnya. (siera syailendra/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: