infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemprov Sumsel akan Mendapat Bantuan Dua Unit Kapal Cepat

Posted by infokito™ pada 10 April 2008

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel mendapatkan bantuan dua unit kapal cepat (jet foil) dari Departemen Perhubungan (Dephub). Rencananya, kapal cepat dengan kapasitas 50 penumpang dan memiliki fasilitas AC tersebut akan melayani rute Palembang–Sungsang pulang pergi (PP) dan sebaliknya. Kepal Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel Akhmad Najib mengatakan,kapal jenis jet foil tersebut merupakan bantuan dari Dephub guna mengoptimalkan angkutan sungai di Sumsel.

Satu dari dua unit kapal tersebut telah tiba di Palembang pada akhir Maret 2008 lalu. ”Saat ini kapal itu bersandar di Pelabuhan Sungai Tawar Sekanak Palembang. Saat ini sedang dalam proses persiapan pelayaran dan dalam waktu dekat segera dioperasionalkan,” ujarnya di Kantor Dishub Provinsi Sumsel Rabu kemarin. Kapal cepat dengan fasilitas AC tersebut merupakan bantuan tahun 2007 yang baru terealisasi pada 2008 ini.

Sementara, satu unit kapal lagi merupakan bantuan tahun 2008 yang diperkirakan baru akan tiba di Palembang paling lambat awal 2009 mendatang. Pada tahap awal akan dioperasionalkan gratis guna melayani masyarakat dari Sungsang–Palembang dan sebaliknya.Rencananya tidak hanya melayani dari Palembang ke Sungsang, tetapi juga ke beberapa daerah lain sekitarnya yang selama ini mengalami keterbatasan angkutan sungai.

Menurut Najib, saat ini belum diketahui berapa besaran tarif karena tarif yang akan diberlakukan belum diperhitungkan. Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Rahmat Zeth mengatakan, guna mendukung program Visit Musi,Pemprov Sumsel menyediakan beberapa kapal motor yang dapat digunakan untuk melayari Sungai Musi dan mengunjungi beberapa objek wisata yang disediakan. (berli zulkanedi/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: