infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Rusunawa Tawarkan Listrik Prabayar

Posted by infokito™ pada 9 April 2008

PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) menawarkan pengembangan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di Jl Kasnariansyah Palembang dengan mengembangkan konsep listrik prabayar menggunakan kartu. Tawaran ini untuk memudahkan penyewa rumah dalam menggunakan listrik.

“Pihak PLN juga tidak khawatir dengan pemutusan listrik.Untuk itu disiapkan semacam sistem voucher dengan jumlah yang telah ditentukan,” katanya, Selasa (8/4) kemarin. Dia menjelaskan, dengan penggunaan sistem voucher tersebut maka pemakaian listrik dapat lebih terkontrol pemakai. Bahkan tidak menutup kemungkinan dapat dikembangkan ke perumahan umum selain rusunawa.

Saat ini kondisi Rusunawa di tempat tersebut sudah tidak terawat lagi, padahal pembangunan sudah rampung 100%, tiang–tiang penyangga telah berlumut karena 96 kamar belum terisi padahal anggaran yang dikeluarkan dari APBN Rp7 miliar. Pihak SP2J tengah menyiapkan konsep untuk memberlakukan harga sewa kamar yang diperkirakan sebesar 26% dari upah minimum regional (UMR) karena sasaran penyewa bagi ekonomi menengah ke bawah.

Program rusunawa sendiri juga akan dibangun di tiga lokasi seperti dibangun di sebelah rusunawa Kasnariansyah, Kertapati,dan Jakabaring. Kepala Bappeda Palembang H Lukman Hakim menerangkan konsep pengembangan rusunawa harus dapat disesuaikan kondisi masyarakat. Idealnya kondisi rusunawa berada di pusat kota sehingga ongkos transportasi lebih terjangkau.

Untuk itu, perlu juga diatur untuk penyewa yang tidak mampu sehingga uang sewa dapat dilakukan dengan sistem harian. ”Masyarakat ingin praktis, kalau lokasi agak jauh maka lebih memilih untuk RSH. Keberadaan rusunawa ini juga untuk menampung pemukiman kumuh agar beralih ke rusunawa,” ucapnya. Menurut Ketua Komisi III DPRD Palembang Ilyas Hasbullah yang terpenting dipikirkan agar operasional rusunawa yang telah dibangun dengan uang negara dapat segera difungsikan. (siera syailendra/SINDO)

Satu Tanggapan to “Rusunawa Tawarkan Listrik Prabayar”

  1. Sulistra said

    Apa bisa dijelaskan caranya menggunakan listrik prabayar di Palembang ini,yang mengelola PLN atau Pemda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: