infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Mata Pilih OKU 217.398 Jiwa

Posted by infokito™ pada 7 April 2008

Data potensial mata pilih di Kab OKU berjumlah 217.398 jiwa, dari total penduduk sebanyak 307.036 jiwa. Data ini diketahui melalui data agregat kependudukan per kecamatan (DAK-2) dan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) Kab OKU yang diserahkan Wakil Bupati OKU Yulius Nawawi kepada Ketua KPU Kab OKU Dewantara, Sabtu (5/4). Menurut Wabup, data kependudukan ini sesuai undang- undang (UU) No 23/2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Sementara itu, dari rancangan UU Pemilihan Umum, pemilih yang sah adalah pemilih yang mempunyai nomor induk kependudukan (NIK). Dengan demikian, pada DP4 otomatis tercantum NIK sebagai identitas tunggal sehingga pemilih tersebut tercatat sebagai penduduk di database kependudukan Kab OKU. “Jadi, tidak perlu lagi kartu pemilih,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan pemberlakuan kartu tanda penduduk yang memiliki NIK bagi pemilih, maka efisiensi anggaran dalam penyelenggaraan pemilu mendatang pun dapat terealisasi. Selain DP2 dan DP4,juga menjadi acuan bagi KPUD untuk penyusunan daerah pemilih dan daftar pemilih sementara. Data penduduk yang diserahkan kemarin, lanjut dia, adalah DP4 khusus pelaksanaan pemilu DPR,DPRD,dan DPD RI pada 5 April 2009.

Sebelumnya, Kepala Kantor Catatan Sipil dan Kependudukan Kab OKU Etty Poernawati menjelaskan, data agregat kependudukan Kab OKU ini merupakan data per 31 Maret 2008. Jumlah penduduk OKU dalam data tersebut berjumlah 307.036 jiwa dan jumlah potensi pemilih sebanyak 217.398 mata pilih. Sementara itu,Ketua KPU Kab OKU Dewantara mengatakan, data yang diterima adalah data untuk pemilihan legislatif. (jimmy octa harto/SINDO)

Satu Tanggapan to “Mata Pilih OKU 217.398 Jiwa”

  1. pooneeviapilm said

    vdndrsoaqxqxiekwwell, hi admin adn people nice forum indeed. how’s life? hope it’s introduce branch 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: