infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

SFC Belanja Pemain Rp13,6 M

Posted by infokito™ pada 5 April 2008

Sriwijaya FC (SFC) tidak mau tanggung-tanggung menghadapi gelaran Superliga. Uang sebesar Rp13,6 miliar pun digelontorkan untuk belanja pemain. Laskar Wong Kito jelas tidak ingin melepas supremasi sepak bola nasional, seperti ketika merebut Piala Liga dan Piala Copa musim 2007/2008 lalu. Angka sebesar itu terbilang fantastis. Sebagai perbandingan, PSM Makassar hanya mengeluarkan Rp4,5 miliar untuk belanja pemain, sedangkan semifinalis Copa Indonesia musim lalu, Pelita Jaya, cukup dengan angka Rp9 miliar, dan Persitara Jakarta Utara Rp6 miliar.

Pengurus SFC Bidang Humas dan Promosi Agus Sutikno mengungkapkan, anggaran pembelian pemain itu sendiri tidak jauh berbeda dengan angka musim lalu. ”Angka total dari kebutuhan belanja pemain SFC yang sudah ada memang sekitar itulah. Kalau dilihat darirata-rata, dibanding musim lalu tentu kontrak pemain ada kenaikan,” jelas Agus Jumat kemarin.

Belanja pemain pada musim lalu hampir mendekati angka Rp13 miliar. ”Musim lalu kita menggunakan 27 pemain, sekarang hanya 25 pemain. Penghilangan dua pemain ini tentu bisa diefisienkan. Musim lalu belanja SFC hampir mendekati angka Rp13 miliar, sekarang jumlah Rp13,6 miliar lebih karena kenaikan harga,” imbuhnya.

Wakil Komisi II DPRD Sumsel ini menyebut, nilai sebesar itu tidak dikeluarkan sekaligus, tapi untuk kebutuhan satu tahun. Untuk membayar DP, SFC hanya mengeluarkan 30% atau Rp3,9 miliar.

”Sisa dari itulah yang jadi pembayaran per bulan,” katanya. Dia mengungkapkan, jumlah Rp13,6 miliar itu tidak termasuk bayaran Keith Jerome ‘Kayamba’ Gumbs dan pelatih Rahmad Darmawan. Sebab, kontrak dua nama ini sudah masuk nilai kontrak musim lalu, karena mereka dipagar SFC untuk dua musim atau hingga 2009 mendatang.

Berdasarkan hasil rapat pengurus SFC di Sekretariat SFC di Palembang Square, pada 14 Maret lalu, secara keseluruhan Laskar Wong Kito membutuhkan fulus sebesar Rp23 miliar. Dana tersebut masih belum termasuk kebutuhan Ferry Rotinsulu dkk jika mereka bermain di luar negeri untuk mewakili Indonesia pada Piala Champions Asia (LCA) 2009 nanti.

Dari kebutuhan Rp23 miliar itu, baru terkumpul sebesar Rp16,5 miliar. Artinya, lebih dari tiga perempat dana yang dimiliki SFC sudah tersedot hanya untuk belanja pemain. Sebelumnya,Wakil Ketua Umum SFC Sofyan Rebuin menguraikan, untuk mengatasi kekurangan anggaran tersebut, pihaknya sesegera akan mempercepat pencarian donatur atau sponsor. Sudah ada beberapa pihak ketiga yang belum dihubungi.

Di antaranya Sampoerna dan Gudang Garam. Selain itu, ada juga yang sedang proses negosiasi,seperti dari Telkomsel, Indosat, dan proXL, namun belum ada angkanya. ”Tentu kita mengharapkan ini bisa terkejar agar kebutuhan klub sebesar Rp23 miliar tadi selesai,” jelasnya. (sidratul muntaha/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: