infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pabrik Biodiesel Segera Beroperasi di OKU Timur

Posted by infokito™ pada 5 April 2008

Pabrik biodiesel di Kabupaten OKU Timur segera beroperasi. Diperkirakan, pabrik ini mampu menghasilkan hingga 6 ton biodiesel/hari. Sebelumnya, Kab OKU Timur telah memiliki tiga unit mesin pengolah biji jarak menjadi jatropa crude oil (JCO) yang merupakan bahan baku biodiesel. Tiga unit mesin yang berlokasi di Desa Tuni Jaya,Kec Martapura, ini statusnya masih menjadi milik Kementerian Negara Riset dan Teknologi.

Namun Jumat kemarin, seluruh aset, mulai pengelolaan hingga menghasilkan biodiesel, telah diserahkan kepada Pemkab OKU Timur. Serah terima aset dilakukan Deputi Perkembangan Riset Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada Kementerian Negara Riset dan Teknologi Bambang Sajito Pratomosunu yang diterima langsung Bupati OKU Timur H Herman Deru di Pemkab OKU Timur, Martapura.

Menurut Bambang, tiga unit mesin pengolah biji jarak tersebut dibangun menggunakan dana sebesar Rp5 miliar, sementara pembangunan pabrik biodieselnya menelan biaya Rp8,5 miliar. Setiap mesin mampu menghasilkan 2 ton JCO setiap hari atau 6 ton JCO per hari. Kemudian, diolah menjadi 6 ton biodiesel pula setiap hari.

“Untuk mengolah 6 ton JCO setiap hari, diperlukan bahan baku biji jarak sebanyak 18 ton per hari,” terang Bambang. Untuk itu, dalam pemenuhan bahan baku, pihaknya akan memindahkan sekitar 42.000 bibit jarak yang berada di Agro Techno Park, Indralaya. Bibit dengan tinggi lebih 1 meter tersebut, lanjut dia, akan dipindahkan ke sekitar areal mesin dengan lahan sekitar 200 hektare.

Bambang yang didampingi Asisten Deputi Urusan Perkembangan Rekayasa Deputi Bidang Perkembangan Riptek Agus Rusyana Hoetman menilai, kualitas bahan bakar biodiesel tidak kalah dengan solar dari Pertamina karena oktananya sudah teruji. Begitu pula dengan harganya yang relatif lebih murah dibandingkan dengan solar. “Jika solar harganya R p 4 .400/liter yang telah disubsidi pemerintah,maka untuk biodiesel harganya berkisar Rp 4.300/liter,” jelas Bambang.

Biodiesel ini nanti akan digunakan untuk masyarakat OKU Timur sebagai bahan bakar alat-alat mesin pertanian. Apalagi, OKU Timur ini terkenal sebagai lumbung pangan nasional sehingga konsumsi akan biodiesel menjadi sangat tinggi. Di samping menguntungkan bagi masyarakat OKU Timur, dengan dioperasikannya mesin pabrik biodiesel ini, Bambang yakin mampu menyerap tenaga kerja lokal.

Untuk satu mesin saja, setidaknya diperlukan tenaga kerja untuk memeras jarak antara 3–4 orang. Lalu, untuk pabrik biodiesel mampu menyerap enam tenaga kerja,belum lagi dengan petani dan buruh angkut jarak. Sedangkan untuk operasionalnya, ujar dia, Kementerian Negara Riset dan Teknologi juga menyertakan tenaga ahli yang akan dibantu dari siswa SMK yang berada di sekitar pabrik.

“Petani jarak dapat memanfaatkan lahan,di mana di antara pohon jarak dapat ditanami jagung dan kacangkacangan sehingga dapat menambah penghasilan mereka (petani),”ucapnya seraya menambahkan, mesin dan pabrik ini segera beroperasi pada semester kedua tahun ini.

Sementara itu, Bupati OKU Timur H Herman Deru menyambut baik pelimpahan aset ketiga mesin dan pabrik biodiesel dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi kepada Pemkab OKU Timur. “Selama ini, kita bingung apakah mesin dan pabrik itu aset kita atau bukan,” tandas Bupati.

Namun, sejak kemarin, kata dia,statusnya menjadi jelas setelah semua aset tersebut diserahkan ke Pemkab OKU Timur. Untuk mempercepat beroperasinya ketiga mesin dan pabrik, pihaknya telah membentuk unit pelaksana teknis dinas (UPTD).

“Dalam waktu dekat akan kita uji coba terlebih dahulu,” imbuhnya. Bupati menyatakan, setelah mesin pengolahan biji jarak dan pabrik biodiesel resmi diserahkan ke Pemkab OKU Timur, kini masyarakat mampu membuat, memproduksi, dan menghasilkan sendiri bahan bakar yang dapat digunakan untuk alat-alat mesin pertanian. (m marzuki/SINDO)

27 Tanggapan to “Pabrik Biodiesel Segera Beroperasi di OKU Timur”

  1. muhammad handrason said

    assalamualaikum alhamdulillah.

  2. Banusungkowo.SE said

    Selamat dan sukses atas telah diserahkanya pabrik pengolahan biodiesel ini,karena disamping dapat meningkatkan perekonomian rakyat setempat juga menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitarnya,ada satu hal yang ingin saya tanyakan tantang bahan baku buah jaraknya apakah masyarakat juga dapat ikut terlibat dalam supply penyediaan bahan baku ini,karena hal ini juga dapat meningkatkan sektor pendapatan penduduk sekitar dengan mengelola ladang mereka menjadi ladang jarak untuk disupply ke pabrik pengolahan biodiesel ini.( mohon balasan atas E-mail ini di : banu_jiib@yahoo.co.id )

  3. deni said

    mudah-mudahan banyak sarjana oku timur yang dapat memberikan ilmunya untuk daerah kita ini

  4. Dedy said

    Mohon info penghasil/pabrik full Jatropa oil yang export quality (biodiesel). Kalau ada info mohon email ke dedy90a@yahoo.com

  5. Riky Fajrin said

    Assalamualaikum. saya adalah mahasiswa Kimia tingkat 4 Institut Pertanian Bogor.saya berdomisili di dusun rahayu jaya gumawang. alhamdulillah oku timur telah mampu memproduksi biodiesel dari jarak pagar.di kampus, saya pernah mengikuti pelatihan pembuatan biodiesel. informasi tambahan, jarak pagar tidak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, akan tetapi bungkil dari jarak pagar bisa dimanfaatkan sebagai biobriket. Semoga setelah lulus nanti saya dapat bergabung dalam pembuatan biodiesel demi kemajuan oku timur.mohon informasinya jika ada lowongan kerja tentang biodiesel ini. Hidup Rakyat OKU Timur…

    • haris said

      salam saudara,
      mungkin anda bisa berbagi pengetahuan dengan kami tentang biodiesel secara detail??
      karena kami sangat buta tentang hal tersebut..

  6. Marsudi said

    Wah hebat dong OKU Timur. Ayo tunjukkan kepada dunia. Sy mahasiswa tgkt 3 STIPER Jogja. Sy stju skli bila d OKU timur akan d kmbngkan jarak pagar. Soalny jarak mrpkn tnaman yg mudah d budidayakan wlo pun d lhn yg gersang.

  7. edi susilo said

    luar biasa semoga dengan adanya pabrik biodiesel di oku timur turut menambah sejahtera rakyat oku timur. nuwun
    edi http://www.cerdaspos.blogspot.com

  8. assalamu’alaikum Bapak bupati OKUT,Bapak Herman Deru SH. Saya Imam Subkhi dari desa kumpul mulyo kec.martapura yang sekarang berada di surabaya dan telah selesai S1 di IAIN surabaya turut senang atas dibukanya pabrik biodiesel semoga dengan adanya pabrik ini nanatinya kesejahteraan masyarakat okut bisa terangkat dan sebagai kabupaten baru OKUT bisa sejajar dengan kabupaten-kabupaten yang lain diindonesia yang sudah maju dan mendapat piala ADIPURA karena bagaimanapun juga bapak bupati sangat berperan penting dalam mengangkat OKUT lebih Progresif dan visioner.Bravo bapak bupati dan masyarakat OKUT

  9. tolong dibalas di Email saya http://www.aimamsubkhi@yahoo.co.id

  10. aries said

    Alhamdullilah!
    Sebagai masyarakat OKU aku ngucapin syukur!!! atas keberhasilan nya! ya mudah mudahan dengan adanya pabrik tersebut bisa ngurangin pengangguran yang ada di OKU, OKU timur maupun OKU Selatan, Kalau ada info Lowongan kerja jangan lupa Email ya ke aries_xtm@yahoo.co.id , Ok di tunggu loe info nya

  11. aries said

    eithhhhh lupa tapi khusus nya info ker nya untuk Lulusan SMK jur TKJ ya!!!! maklum aja, tau ndiri laa, keadaan ekonomi!! okee

  12. Alfonso said

    Apa nama Pabrik biodieselnya?????

  13. mirhan said

    Saya sarjana pertanian, butuh pekerjaan, tolong kasih informasinya jika ada penerimaan karyawan baru ke alamat email saya : spmirhan@yahoo.co.id, thanks.

  14. Rudie said

    Ditunggu program pemberdayaan Daerah dan masyarakat untuk bidang yang lain oleh Pemerintah
    Semoga ini menjadi titik awal yang baik untuk kemajuan masyarakat OKU Timur.

  15. mike manik said

    mohon diberitahu alamat pabrik biodiesel minyak jarak yang sudah beroperasi di OKU Timur.
    Terimakasih.

  16. rendi said

    kok gak di bahas info lowongan kerjanya sekalian nya pada aku juga ingin daftar lo di pabrk bio diesel

  17. BenIng said

    apakah dengan adanya biodisesel di oku timur dapat mengurangi kecenderungan pengangguran di uku timur

  18. andi said

    kalau ada lowongan tolong kirim ke email saya antonius.meka@gmail.com..
    saya lulusan D3 teknik MEKATRONIKA univ. sanata dharma jogja..
    terima kasih..

  19. agung said

    Kepada saudara di Kalimantan yang bermonat dengan Kompor biji jarak ,kami siap bantu anda untuk mewujudkan desa mandiri energy dengan kompor biji jarak. Hub ke email : brutus_macho@yahoo.com kompor terbuat dari plat di cat silver berat 2 kg tahan 2 tahun harga kompotitif dan bersaing peluang usaha sebagai agen daerah anda. siapa kuasai informasi dia BER “UANG” ……TERIMA KASIH.

    AGUNG

  20. MURSID said

    Yth. Pengelola web
    Dengan hormat,
    saya lulusan D3 Teknik Sipil Transportasi
    bila ada lowongan pekerjaan tolong hub.

  21. suradi said

    Kpd bapak dan ibu yang menerima kariawan
    nama saya suradi
    alamat baturaja jln imam bonjol lrg abadi
    tamatan smk negeri 3 bagian teknik permesinan
    saya ingi menanyaka kapan perusahan bapak dan ibu membuka lowongan pekerjaan lagi
    saya tunggu jawaban nya terimakasih atas perhatiannya

  22. nova riansyah said

    kiranya bapak membutuh kan karyawan saya ber minat hub no hp 085729576632 n 087882141472 dan apa sja persaratanya

  23. bram said

    kami tertarik melakukan penawaran pembelian biji jarak pagar
    dengan kualifikasi:
    umur biji,ready stock, suply >6 ton/minggu
    kami tunggu kabarnya

  24. haris said

    mohon infonya,
    saya ketua koperasi serba usaha “KREASOR”
    domisili di tanjungpinang – kepulauan riau
    saya ingin daerah saya seperti Kabupaten OKU Timur
    ada yang bisa membantu??
    mohon bantuannya

  25. haris said

    mohon infonya,
    saya ketua koperasi serba usaha “KREASOR”
    domisili di tanjungpinang – kepulauan riau
    saya ingin daerah saya seperti Kabupaten OKU Timur
    ada yang bisa membantu??
    mohon bantuannya…
    ksu.kreasor@gmail.com

  26. Novi Riana said

    Selamat, semoga semakin sukses dan maju.
    Btw, saya perlu referensi alamat pabrik biodiesel di jabodetabek, barangkali ada tolong di kirim ke saya alamat dan contact person nya. Terima kasih banyak.
    jnoviriana@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: