infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Hari ini Pilkada Walikota Prabumulih

Posted by infokito™ pada 3 April 2008

Nasib masyarakat Kota Prabumulih lima tahun ke depan akan ditentukan hari ini. Apakah akan lebih baik atau malah sebaliknya, masyarakat Kota Prabumulihlah yang menentukannya, dalam drama pencoblosan secara serentak di 259 TPS yang tersebar di Kota Prabumulih hari ini.

Ketua KPUD Prabumulih Syamsudin Burhasin optimistis Pilkada Kota Prabumulih hari ini berjalan lancar dan aman. Hingga Rabu kemarin, semua keperluan pencoblosan telah siap. Logistik pilkada, mulai dari kotak suara, surat suara, dan lainnya telah disebar ke PPK di kecamatan dengan dikawal ketat pihak keamanan kemarin.

Pencoblosan sendiri rencananya akan berlangsung pukul 07.00–13.00 WIB. ”Insya Allah pemungutan suara berjalan lancar,” katanya.

Sementara itu, anggota KPUD Kota Prabumulih Wagiyo menjelaskan, jumlah mata pilih yang akan mencoblos hari ini berkisar 10.540 pemilih, terdiri dari 37 desa dan kelurahan dari enam kecamatan yang ada di Kota Prabumulih.

”Dari jumlah mata pilih itu diprediksi sekitar 85% pemilih yang menggunakan hak pilih. Alasannya banyak kesibukan atau ketidakpedulian masyarakat,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolres Prabumulih AKBP Edi Ciptianto di dampingiWakapolres Kompol Bangkit Priyogo dan Kasat Intelkam AKP Nara Depa mengatakan, pihaknya sudah siap mengamankan proses pencoblosan wako dan wawako hari ini.

”Kita sudah back up, secara full untuk pengaman pencoblosan ini, termasuk proses pengiriman logistik kemarin,” ujar Edi Ciptianto kepada SINDO Rabu kemarin.

Jumlah personel yang diturunkan untuk mengamankan pilkada sebanyak 526 personel, yang berasal dari personel TNI, Polda Sumatera Selatan, Polres Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dan Polres Ogan Ilir (OI).

”Semua personel tersebut berada dalam posisi on call dalam artian siap siaga yang menyebar ke setiap TPS dan kediaman para kandidat cawako dan wawako, kita masih bersyukur bahwa sampai saat ini situasi keamanan kondusif, walaupun ada riak-riak intimidasi,” katanya.

Edi Ciptianto menambahkan untuk pengamanan kantor KPUD Prabumulih, pihaknya memberikan pengamanan khusus. Selain menyiagakan personel juga akan dipasang kawat berduri di pintu masuk areal kantor KPUD. ”Kita siagakan 100 personel khusus menjaga kantor KPUD,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Susel Syahrial Oesman, Rabu kemarin, terlihat meninjau kesiapan proses pencoblosan Pilkada Kota Prabumulih.

”Saya sekadar mengecek kesiapan saja,mulai dari KPUD, PPK, dan TPS,” kata Syahrial kemarin. Gubernur mengimbau masyarakat Prabumulih untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani dan juga untuk menjaga stabilitas keamanan selama proses pilkada. (sutami ismail/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: