infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

OKU Timur Butuh Dukungan Dana untuk Normalisasi Sungai

Posted by infokito™ pada 2 April 2008

Masalah banjir yang kerap menengelamkan ribuan hektar sawah di wilayah Belitang dan sekitarnya dalam Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT) salah satunnya akibat tidak mampunya aliran sungai Macak dan Sungai Belitang menampung debit air yang melimpah dari saluran pembuangan irigasi Komering disamping derasnya curah hujan yang kerap mengguyur kawasan ini.

Bupati OKUT, H Herman Deru SH, disela-sela kegiatan launching pelaksanaan pembangunan saluran sekunder irigasi komering tahap II fase II di Belitang III, Selasa (1/4) mengatakan aliran sungai Macak sepanjang 60 Km dan sungai Belitang dengan panjang 61 Km tak mampu menampung pembuangan air irigasi dan luapan air hujan akibat terjadinya pendangkalan. Kondisi tersebut telah berlangsung cukup lama.

“Ke depan kita mengharapkan tidak ada lagi kawasan pemukiman dan lahan pertanian yang tergenang banjir akibat dari dangkalnya kedua saluran sungai tersebut,” ucap Deru.

Salah satu langah yang telah dilakukan Pemkab OKUT untuk menanggulangi banjir di wilayah Belitang dan sekitarnya menurut Bupati, Pemkab OKUT telah melakukan upaya normalisasi sepanjang 10 Km di aliran sungai Macak pada tahun 2007 lalu dengan dana APBD OKUT sebesar Rp 1 miliar.

Program ini akan dilanjutkan dengan pengerjaan normalisasi tahap ke dua pada tahun 2008 ini dengan menggunakan dana APBD OKUT sebesar Rp 2 miliar.

“Mengingat normalisasi sungai Macak dan sungai Belitang membutuhkan dana yang cukup besar, Pemkab OKUT memohon perhatian dan dukungan khusus dari Pemprov dan Pemerintah Pusat untuk pendanaan lebih lanjut normalisasi kedua sungai tersebut,” harapnya. (Herman/SRIPO)

3 Tanggapan to “OKU Timur Butuh Dukungan Dana untuk Normalisasi Sungai”

  1. Mahmud said

    Tim Admin Yth.

    Senang sekali membaca tulisan-2 mengenai program-2 pemkab OKUT, mudah-mudahan semua yang direncanakan dapat tercapai dengan baik.

    Kami masih ingat, dulu ditahun 70an, belitang merupakan lumbung padi di sumsel dengan proyek irigasinya yang cukup terkenal saat ini. Mudah-2an dimasa-2 yad hasil produksi pertanian akan lebih meningkat lagi.

    Tks

  2. edi susilo said

    semoga irigasi di oku timur bisa semakin lancar supaya sawahku didusun juga bisa terairi. nuwun
    edi http://www.cerdaspos.blogspot.com

  3. Handoyo said

    Saya melihat perkembangan Belitang sangat pesat, saat saya berLebaran(thn 2008)kemarin, dibanding dengan tahun2 sebelumnya. Pasar Gumawang dan pasar Sidodadi terlihat lebih ramai, di sepanjang jalan tepi BK lalulintas dgn intensitas lebih tinggi, rumah2 hunian di Rejosari semakin modern, makam2 para leluhur di Betung diperhatikan keberadaanya, dll.
    Saya ucapkan salut kepada Bapak Bupati H. Herman Deru SH, atas kerjakeras, konsistensi dan kesetiaan beliau mendampingi rakyat, semoga OKUT semakin dikenal keberadaanya.
    Pertanian, perikanan juga harus tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan, jangan dikalahkan oleh karet, ya Mang.
    Handoyo IdaMaidi, Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: