infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Mulai Juli, RS Rujukan Jamkesmas Wajib Pakai Tarif Paket

Posted by infokito™ pada 28 Maret 2008

Semua rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi peserta program Jaminan Kesehatan Masyarakat. (Jamkesmas) diharuskan sudah menerapkan tarif baku pelayanan rumah sakit dengan sistem paket (Indonesia Diagnosis Related Groups/ INA-DRG) pada Juli 2008.”Kami sudah kasih waktu tiga bulan untuk belajar dan berlatih. Bulan tujuh nanti semua sudah harus pakai,” kata Direktur Jendral Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan Farid W Husain usai melakukan rapat tertutup dengan Komisi IX DPR RI di Jakarta, Kamis (27/3).

Pada bulan tersebut, ia melanjutkan, pemerintah akan membayar klaim pelayanan Jamkesmas di rumah sakit berdasarkan standar tarif baku INA-DRG. “Untuk sementara, dalam masa penyesuaian, Januari-Maret ini pembayaran klaim masih berdasarkan pedoman pelaksanaan Jamkesmas yang lama. Bulan April-Juni tagihan diharapkan mulai menggunakan INA-DRG,” katanya.

Ia menjelaskan, ketentuan mengenai standar baku tarif pelayanan rumah sakit dalam bentuk paket yang disusun berdasarkan diagnosis penyakit, kelas perawatan dan tipe rumah sakit itu sudah diberlakukan sejak September 2007 dan diintroduksi dalam penyelenggaraan program Jamkesmas pada awal 2008.

Namun pemerintah memberikan waktu beberapa bulan kepada pengelola rumah sakit daerah yang menjadi rujukan pelayanan Program Jamkesmas untuk mempelajari dan melakukan sejumlah penyesuaian untuk menerapkan sistem INA-DRG pada unit pelayanan kelas tiga di rumah sakitnya.

“Kami kasih waktu tiga bulan untuk belajar dan tiga bulan untuk uji coba. Setelah itu semua harus melakukan,” katanya.

Menurut Farid, INA-DRG merupakan sistem penetapan tarif yang adil bagi rumah sakit maupun pasien. Penerapan sistem tersebut, kata dia, juga akan mempermudah pengajuan klaim Jamkesmas, penghitungan biaya pelayanan kesehatan peserta Jamkesmas di rumah sakit.

“Dan yang penting, dapat mendorong terciptanya transparansi pembiayaan pelayanan rumah sakit serta memacu rumah sakit melakukan efesiensi dan meningkatkan mutu pelayanan,” jelasnya. (Ant/OL-2/Media-Indonesia)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: