infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Rumah Tangga Miskin Rawan Terkena TBC

Posted by infokito™ pada 24 Maret 2008

Kepala Subdinas (Kasubdin) Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Matdani Nurtjik M Epid mengatakan, rumah tangga miskin (RTM) sangat rentan berbagai penyakit, khususnya TBC (tuberkulosis).

”Biasanya penyakit itu disebabkan kurangnya pengetahuan tentang penyakit itu dan rendahnya tingkat kesadaran masyarakat menjaga kesehatan diri, ” katanya kepada SINDO Minggu kemarin.

Dia mengatakan, pada 2007 lalu, penderita TBC mencapai angka 2.400 orang. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dari tahun 2006 lalu yang mencapai 2.159 orang. Kondisi tersebut memang cukup mengkhawatirkan dan penderitanya kebanyakan dari keluarga yang memiliki taraf ekonomi menengah ke bawah.

”RTM kebanyakan tinggal di tempat yang tidak layak untuk ditempati. Tapi, kondisi itu tidak bisa dihindari mereka karena tingkat keuangan yang memang tidak mencukupi,” tegasnya.

Dia menjelaskan, pada 2006 lalu, telah dilakukan pengobatan terhadap 1.360 pasien TBC se-Kota Palembang. Pada 2007 per Juni kemarin, telah dilakukan pengobatan terhadap 840 orang.

”Pengobatan pada 2006 target kita 85%, dan yang tercapai sekitar 86% atau lebih target. Sedangkan pada 2007, ditargetkan sekitar 70% dan hasilnya dapat diperoleh sekitar akhir bulan satu ini karena semuanya masih dalam pengobatan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Palembang Irmaidi mengatakan, peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan memperhatikan asumsi gizi merupakan salah satu cara untuk menekan angka TBC. (edy parmansyah/SINDO)

Satu Tanggapan to “Rumah Tangga Miskin Rawan Terkena TBC”

  1. Fahis said

    Pak Irmaidi (Ketua Komisi IV DPRD Kota Palembang) yang saya hormati. Agar masyarakat memperhatikan asumsi gizi bagaimana caranya ?

    Tolong dong kasih kami teladan. Para Dewan sekarang, saya khawatir, mereka tau ga pak ya…? mereka hidup diseputaran orang-orang yang miskin. Jangan buat kami jadi sakit hati dong, dengan cara hidup yang glamor dan berlebihan.

    Mungkinkah ada figur seperti Mahmoud Ahmadinejad dalam dewan dan pemerintahan kita ?, yang dikenal sering memakai pakaian yang tak bermerk terkenal dalam kegiatan diplomatiknya.

    Saya yakin itu ada. Dan saya akan dukung semua program kerjanya dengan darah saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: