infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Bakal Hadir BPR Khusus Petani

Posted by infokito™ pada 23 Maret 2008

Wakil Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel Leonardo Hutabarat mengatakan, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sriwijaya Primadana akan diarahkan menjadi BPR khusus penyaluran kredit bagi petani. Pasalnya, selama ini petani sering mengalami masalah dalam memperoleh modal.

”Kita arahkan BPR itu menjadi BPR khusus petani, tetapi kita tunggu (BPR) menjadi gemuk dahulu. Sekarang kanbaru beberapa bulan diresmikan,” ujarnya di Palembang Sabtu kemarin.

Leonardo mengaku tidak mengetahui berapa tahun hal tersebut dapat terwujud. Namun, sebelum hal tersebut tercapai, BPR Sriwijaya Primadana juga sudah memberikan kredit lunak kepada usaha kecil menengah (UKM) dan petani untuk mendapatkan modal dalam menjalankan aktivitasnya.

Mengenai teknis pelaksanaan penyaluran kredit, lanjut Leonardo,dapat saja disediakan kredit dengan bunga rendah dan tanpa agunan. Pasalnya, selama ini hambatan utama perkembangan pertanian disebabkan tidak tersedianya agunan yang dipersyaratkan perbankan. Padahal, petani dan sektor pertanian secara keseluruhan merupakan salah satu penyumbang terbesar pembentukan produk domestik regional bruto (PDRB) Sumsel.

”Pertanian itu memberikan andil yang besar. Selain itu, dari sisi penyerapan tenaga kerja juga sangat banyak tenaga kerja yang bekerja di sektor pertanian dan perkebunan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel Syaimul Chotib menambahkan, pertanian dan perkebunan memberikan sumbangan yang cukup besar terhadap PDRB Sumsel.

”Jika diukur secara nilai pertanian memberikan 23% dan sekitar 11% dari sektor perkebunan,” katanya menambahkan. Dua komoditas utama yang menjadi andalan Provinsi Sumsel saat ini dalam bidang perkebunan, yakni karet dan produk sawit (CPO/crude palm oil).

Sementara di sektor pertanian, Sumsel juga memiliki target produksi sebesar 1,9 juta ton pada 2008. ”Dari 1,9 juta ton tersebut, cukup banyak menyerap tenaga kerja,” sebutnya sambil mengatakan sangat wajar jika dibentuk BPR khusus petani. (berli zulkanedi/SINDO)

2 Tanggapan to “Bakal Hadir BPR Khusus Petani”

  1. Fahis said

    Alhamdulillah sudah ada jalan untuk mendapatkan modal. Sekarang tinggal masyarakatnya, mari kita kerja cerdas. Jadikan potensi pertanian yang kita miliki menjadi sebuah kekuatan besar dalam peta politik dunia. Sehingga kita bisa menjadi bangsa yang disegani lagi.

  2. iIR said

    iya neeh susah dapet modal. ngomong2 ini bank lokasinya dimana ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: