infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Dana Politik Anggota DPRD Kalsel Dicairkan Tiap 3 Bulan

Posted by infokito™ pada 22 Maret 2008

Dana Politik Alokatif anggota DPRD Kalsel yang totalnya mencapai Rp16,5 miliar dan kemudian dibagi-bagi kepada 55 anggota, sehingga masing-masing anggota akan kecipratan dana mencapai Rp300 juta untuk disampaikan kepada masyarakat, ternyata dicairkan per tiga bulan sekali. Pola pengajuannya, bulan Januari hingga Maret, April hingga Juni, Juli hingga September, dan Oktober hingga Desember.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kalsel Bachruddin Syarkawi, kemarin. “Artinya, setiap triwulan itu jatah anggota DPRD mencapai Rp75 juta saja,” ujarnya.

Menurut Ketua DPD PDIP Kalsel ini, pola seperti itu telah disetujui antara eksekutif-legislatif. Dengan pola seperti itu, paparnya, tidak akan terlalu memberatkan.

Pria yang memiliki hobi memancing ini mengaku baru saja melakukan reses. Ternyata, banyak konstituen yang meminta perbaikan infrastruktur atau permintaan bantuan sosial lainnya. “Kita meminta konstituen segera membuat proposal permohonan bantuan dana yang ditujukan ke Gubernur Kalsel. Kemudian, sampaikan ke Fraksi, kemudian kami kumpulkan dengan proposal lain untuk diteruskan ke Biro Kesra. Sayang, jika tidak dicairkan dana alokatif tiga bulan pertama ini,” ujarnya.

Anggota FPDIP DPRD Kalsel Muhaimin SH MH sendiri mengakui, dengan pola dana politik alokatif tersebut sebenarnya sangat menguntungkan konstituen. Sebab, selama ini, “pintu” permintaan bantuan permohonan dari Pemprov Kalsel sangat sulit ditembus oleh masyarakat biasa. “Namun kini, pintu itu semakin banyak,” jabar politisi Magister Hukum sekaligus Magister Kenotariatan UGM ini.

Memang Anggota DPRD Kalsel baru saja pulang dari melakukan reses ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Kembali ke Rumah Banjar, wakil rakyat nan terhormat tersebut pasti akan dititipi sejumlah proposal bantuan dari konstituen. Enaknya, dananya telah tersedia yang dikemas dengan Dana Politik Alokatif. Dana itu berada di Biro Kesra. Pemprov pun berkewajiban memprioritaskan proposal konstituen yang disampaikan oleh anggota DPRD Kalsel.

Sebagaimana kesepakatan antara Pemprov-DPRD Kalsel, anggota DPRD berhak membawa proposal permohonan bantuan dari konstituen, ke Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Kalsel. Setelah menerima proposal bantuan, Biro Kesra akan melakukan kajian dan telaahan, termasuk kelayakan atau ketidaklayakan pengucuran bantuan tersebut. Jika disimpulkan memang pantas dibantu dan tidak terjadi tumpang tindih, maka dana tersebut dapat dicairkan.

“Pencairan tersebut dilakukan secara simbolis. Atau bisa juga masyarakat yang mengambil ke Pemprov. Bukan anggota DPRD yang mengambilnya,” katanya. (RB/pur)

http://kepritoday.com/content/view/4065/52/

2 Tanggapan to “Dana Politik Anggota DPRD Kalsel Dicairkan Tiap 3 Bulan”

  1. […] Anggota DPRD yang mungkin masih punya niat baik dan rela membantu. Kebetulan pula, saya tahu anggota DPRD Kalimantan Selatan mendapat dana alokatif sebesar 300 juta rupiah perorang pertahun (khusus untuk 4 orang jajaran pimpinan DPRD, bahkan dapat 400 juta rupiah). Total dana untuk […]

  2. Adiputra said

    Apakah dana tsb ada pertanggung jawabanya ?… kl tdk tdk enak bener udah gaji besar insentif lagi besar,apakah ini yg dinamakan rampok uang Rakyat dg mengatasnamakan rakyat
    menurt saya selaku anak bangsa yg juga peduli dg kasus Korupsi yg kian merajalela di negeri ini,mengetahui anggaran dana politik kl tdk digunakan sebagaimana mestinya
    orang2 tsb hars diseret ke pengadilan segera,jangan ada DPRD dari Prtai makan uang Rakyat dg atas namakan Rakyat….

    Gubernur hars minta bukti pengeluaran2 uang /3 bulan tsb dikemanakan,kl tdk ada indikasi KORUPSI….kami siap mengawal pemakaian uang tsb agar benar2 sampai pada Rakyat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: