infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemkot Palembang Segera Batasi Pembangunan Tower BTS

Posted by infokito™ pada 21 Maret 2008

Pemkot Palembang segera membatasi pembangunan menara (tower) BTS (base transceiver station) seluler yang kian menjamur. Polanya dengan sentralisasi atau disebut menara bersama sehingga menepis anggapan Kota Palembang seperti hutan menara. Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra sangat setuju pembangunan menara bersama.

”Sementara ini di Palembang ada sekitar 10 operator seluler. Kalau semua operator membuat tower masing-masing, tentu nantinya Palembang jadi hutan tower, ”kata Eddy Kamis kemarin.

Dia mengungkapkan, pembangunan menara bersama dapat mengurangi kepadatan lalu lintas seluler dan bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD) Kota Palembang. Sebab, pemasukan selama ini hanya dari pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB).

Regulasinya nanti, pemkot akan mengendalikan menara operator telepon. ”Masih kita kaji lagi bagaimana proses perizinan tower bersama ini,” katanya.

Pengendalian menara BTS itu bisa melibatkan pihak ketiga dalam operasionalnya. Sebab, mungkin tidak bisa dilakukan pemkot sendiri, perlu menggandeng pihak lain untuk membangun dan mengoperasikan.

Eddy yakin, jika nantinya satu menara BTS digunakan beramai-ramai, dampaknya akan bagus. Sebab, menara-menara tidak bertebaran di mana-mana dan tetap dalam pemantauan.

“Satu tower nanti bisa disewa oleh semua operator. Tidak lagi sendiri-sendiri buat tower,” tukasnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, untuk menara BTS yang telah berdiri akan disesuaikan hingga berakhir masa berlakunya. Dengan begitu, maka bisa disarankan untuk bergabung dengan menara yang telah ditentukan.

Direktur Utama PT Tradisi Cakrawala Network (TCN) Ramli Sutanegara yang juga investor untuk membangun menara bersama ini menjelaskan, keberadaan menara tersebut dapat menyerap seluruh operator yang ada.

Satu menara nantinya dapat disewa 3–4 provider. Pihak PT TCN berencana akan membangun 30 menara dengan investasi masing-masing satu menara Rp1,5–2 miliar.

”Yah, perkiraan kita bisa Rp60–70 miliar untuk semua tower. Kita tidak ingin Palembang menjadi hutan tower,” imbuhnya. Mengenai lokasi yang bakal dibangun, masih akan dibicarakan lebih lanjut. (siera syailendra/SINDO)

Satu Tanggapan to “Pemkot Palembang Segera Batasi Pembangunan Tower BTS”

  1. ouja said

    kemungkinan tabrakan signalny gmn kl jadi hutan menara O_O

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: