infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Limbah Sungai Ogan Disorot

Posted by infokito™ pada 20 Maret 2008

Sungai Ogan yang tercemar limbah rumah tangga dari pemukiman sepanjang pinggiran sungai mendapat sorotan Bupati OKU H Eddy Yusuf. Dia menuding para pemilik rumah toko (ruko) di sepanjang pasar menjadi produsen limbah terbesar yang mengotori Sungai Ogan.

”Pembuangan seperti itu harus dicek agar pencemaran Sungai Ogan dapat diminimalisasi. Sebab, Sungai Ogan selain bermanfaat bagi kehidupan di sekitar sungai, air baku PDAM juga dihasilkan dari Sungai Ogan,” kata Bupati di sela peresmian laboratorium lingkungan milik Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) dan Asrama Pendidikan dan Latihan (Diklat) Baturaja, Rabu kemarin.

Menanggapi sorotan tersebut, Kepala Bapedalda Kab OKU Yuliam Wayamsyah berjanjiakanmelakukanpenelitianterhadapkadarlimbahyang telah mencemari Sungai Ogan.

”Ya,itu akan kita cek,” ujar Yuliam kepada media kemarin.

Menurut dia, pembangunan laboratorium lingkungan ini bertujuan sebagai tempat untuk menganalisis limbah cair, padat, dan udara, baik udara ambientataupun udara emisi yang dihasilkan oleh suatu kegiatan/usaha yang dibuang ke media lingkungan dan diduga dapat menurunkan kualitas lingkungan.

Lebih ringkasnya, kata dia, laboratorium ini ditujukan untuk memudahkan pemantauan limbah yang dihasilkan oleh kegiatan/usaha yang dibuang ke media lingkungan hidup. Sebab, saat ini laboratorium Bapedalda hanya bisa menganalisis limbah cair.

Dia menambahkan, dana pembangunan laboratorium ini bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan APBD Kab OKU 2007 sebesar Rp547.945.000.

Peresmian laboratorium lingkungan dan Asrama Diklat Baturaja kemarin dipusatkan di Laboratorium Lingkungan Jalan Lintas Sumatera, Kel Kemelak Bindung Langit, Kec Baturaja Timur, dan dihadiri unsur musyawarah pimpinan daerah (Muspida) Kab OKU, anggota Dewan, dan kalangan pejabat di lingkungan Pemkab OKU.

Bupati OKU H Eddy Yusuf menjelaskan, kehadiran Laboratorium Lingkungan Bapedalda ditujukan agar ke depan, Kab OKU tidak lagi bergantung pada hasil Laboratorium Bapedalda provinsi dalam menganalisis sampel limbah yang dihasilkan oleh suatu kegiatan usaha, baik secara perseorangan, menengah, maupun usaha berskala besar.

Untuk mengoperasikan laboratorium secara profesional, dibutuhkan personel sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan andal. Jika tidak, akan timbul dampak yang fatal bagi kehidupan masyarakat.

Untuk itu, peranan Sekda, Asisten III, dan BKD dalam menginventarisasi SDM mutlak dibutuhkan. Bupati mengajak kalangan pengusaha kecil, menengah, dan skala besar untuk dapat bekerja sama memanfaatkan sarana ini.Selain itu, dia juga mengimbau pelaku usaha di OKU dapat menjaga kelayakan limbah yang dihasilkan.

“Bapedalda bukan musuh bagi industri masyarakat. Tapi, Bapedalda mempunyai peranan dalam mengurusi kepentingan orang banyak di luar usaha lain, khususnya dalam hal penyelamatan lingkungan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Cipta Karya (BMCK) Kab OKU Iwan Yuliadi mengatakan, pembangunan gedung Asrama Diklat Baturaja menggunakan APBD OKU 2007 senilai Rp1.694.000.000 dengan masa pelaksanaan 270 hari kalender. Pembangunan dilakukan CV Tri Bhakti Prima dengan perencanaan dan pengawas dari Dinas PU BMCK.

“Soal fasilitas, aula seluas 348 m2 dengan kapasitas 100 orang dan kamar tidur sebanyak 20 kamar dengan kapasitas 80 orang,” tandas Iwan. (jimmy octa harto/SINDO)

Satu Tanggapan to “Limbah Sungai Ogan Disorot”

  1. Sarto said

    Mohon informasi nomor telpon laboratorium lingkungan Bapedalda Kab. OKU tersebut.
    Terima kasih

    Sarto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: