infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Kawasan Timur OKI Disahkan

Posted by infokito™ pada 18 Maret 2008

Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten OKI,kemarin mengesahkan rencana pemekaran Kawasan Timur OKI. Pengesahan ditandai dengan penandatanganan surat keputusan pemekaran Kabupaten OKI menjadi dua, yakni Kabupaten OKI dan Kabupaten Kawasan Timur OKI.

Penandatanganan surat keputusan dilakukan Ketua DPRD OKI H Engga Dewata Zainal disaksikan Bupati OKI H Ishak Mekki, 45 anggota DPRD OKI,serta ratusan masyarakat Kawasan Timur OKI.

Juru bicara (Jubir) Panitia Khusus (Pansus) DPRD OKI Askweni menjelaskan, pemekaran dilakukan setelah mendengar aspirasi masyarakat dari Kawasan Timur OKI. Mereka (masyarakat) mengajukan surat tentang pemekaran ke Pemkab dan DPRD OKI sejak beberapa waktu lalu.

“Pansus pemekaran dibentuk sejak 30 Agustus 2007. Setelah itu kita serahkan pada IPDN dan Unpad Bandung untuk melakukan penelitian,” terangnya. Sebelumnya, selama kurang lebih enam bulan, Pansus DPRD OKI bekerja sama Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) melakukan pengkajian terhadap rencana pemekaran Kawasan Timur OKI.

Askweni mengungkapkan, sebelum pansus ini dibentuk, Bupati OKI H Ishak Mekki merekomendasikan surat ke DPRD OKI. Isinya, pihak eksekutif merasa tidak keberatan bahkan mendukung bila Kabupaten OKI dimekarkan menjadi dua kabupaten. Setelah disepakati, lanjut dia, kemudian Pansus DPRD OKI menunjuk Unpad dan IPDN sebagai lembaga independen untuk melakukan penelitian dan menjadi acuan dalam melakukan survei.

“Survei dilakukan dari bulan Oktober hingga Februari 2008 kemarin,” terangnya. Dia mengakui, meski data pendukung seperti potensi pendapatan asli daerah (PAD) sulit untuk diraih, namun berdasarkan hasil kajian akademis, OKI layak untuk dimekarkan. Kabupaten pemekaran (Kawasan Timur) ini mencakup lima kecamatan, Air Sugihan, Pangkalan Lampam, Tulung Selapan, Cengal, dan Sungai Menang.

Sementara Kabupaten OKI, ujar Askweni, meliputi 13 kecamatan, terdiri atas Kota Kayuagung, Lempuing, Lempuing Jaya, Pedamaran, Teluk Gelam, Mesuji Induk, Mesuji Makmur, Mesuji Raya, Pedamaran Timur, Sirah Pulau (SP) Padang, Jejawi, Pampangan dan Tanjung Lubuk.

“Pansus memutuskan pemekaran kabupaten baru ini berdasarkan atas skor tertinggi dari hasil penelitian,” timpalnya.

Bupati OKI H Ishak Mekki mengatakan, tujuan pemekaran untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan pada masyarakat dan meningkatkan stabilitas politik serta dapat menyejahterakan masyarakat secara merata.

“Mudah-mudahan pemekaran ini jangan dijadikan alat untuk kepentingan kelompok atau segelintir orang,” tegasnya. (darfian/SINDO)

17 Tanggapan to “Kawasan Timur OKI Disahkan”

  1. pepen said

    mari optimalkan potensi oki bro..!! andalas-fc surya adi is the best!!

  2. m.w sandi said

    aku setuju, oki di mekarkan, krn menurut ku, kabupaten oki, sangat luas, dan yang terparah lagi, sumsel kalah dgn bengkulu, dan lampang dalam pemerataan pembangunan,dg ada pemekaran kabupaten secara otomatis akan ada pemerataan pembangunan, dari anak lematang sumsel yang mendukung pemekaran daerah

  3. m.w sandi said

    aku sebagai anak sumsel dukung pemekaran di sumsel, itu semua biar sumsel pemerataan dlm pembangunan, krn sumsel kalau dg bengkulu, lampung, dalam pemerataan pembangunan, makasi

  4. anton said

    bagaimana cara melihat peta sumsel oki mesuji raya

  5. terk said

    Urusi dulu infrastruktur terutama jalan di Kab. OKI,sebagai contoh jalan di setiap desa di Kecamatan Mesuji gak ada yang waras,apalagi klo musim hujan susah untuk di lewati kendaraan.

  6. taufik said

    pak kalau bisa mesuji makmur,mesuji induk. mesuji raya juga di mekarkan.soalnya pembangunan tidak sampai di daerah situ.

  7. sand said

    pemekaran mesuji, mesuji makmur, mesuji raya, lempuing dan lempuing jaya dapat memberi dampak positif terhadap pemerataan pembangunan di daerah tersebut yang selama ini tidak tersentuh…

  8. sand said

    Sumsel memang jauh tertinggal dari prop. lampung yang belum lama ini membentuk 3 kabupaten baru.

  9. putra oki said

    oke oke saja asalkan tidak dijadikan ambisi sekelompok orang untuk mengejar kekuasaan semata…./

  10. aku setuju dengan pedapat-pendapat kalian semua!pokoknya kabupaten oki harus di pecah lagi menjadi kabupaten baru.secepatnya kalau bisa.soalnya masyarakat sudah bosan hidup di desa yang belum di sentuh pembangunan.kalau pengen negara maju, dari desa sudah di bangun.soalnya pendapatan terbanyak berasal dari desa.

  11. yadi said

    mudah2an oki tambah maju..atas rencana pemekaran tsb..

  12. joker sabura said

    seharusnya yang dimekarkan itu lempuing, lempuing jaya, mesuji, mesuji makmur, mesuji raya menjadi kabupaten baru. karena dari segi potensi PAD, SDA, SDM dan luas wilayah serta jumlah penduduk sudah sangat memadai unutk berdiri sendiri. tapi kenapa pantai timur yang dimekarkan? atau para penguasa itu takut tidak lagi mendapat jatah kue yang banyak dari daerah lempuing mesuji?

  13. andes said

    seharusnya yg di mekarkan duluan adalah eks transmigrasi pematang panggang dan lempuing meliputi mesuji,mesuji makmur,mesuji raya,lempuing dan lempuing jaya.karena dari pendapatan daerah dan fasilitas lebih memungkinkan di banding daerah lain.selain itu agar pembangunan merata dan masyarakat dekat dgn fasilitas publik.kita seharusnya mencontoh lampung dgn pemekaran tulang bawang dgn mesuji dan tulang bwang barat.mereka lbih berani memekarkan wilayahnya yg menurut sy lbh lyk mesuji dan lempuing oki.ataukah qt hrs seperti pagar alam bila tdk di mekarkan akan gabung ke bengkulu dan qt ke lampung?

  14. Indra said

    perlu kalian sadari, dr mana pemda kab. OKI mendapatkan penghasilan kalau Lempuing, lempuing jaya, mesuji, mesuji raya dan mesuji makmur sampai memisahkan diri. kalian lihat saja pembangunan yang sekarang sedang berkembang di kota kayu agung begitu pesat. jalan2 yang mulus dan gedung2 yang megah-megah, sedangkan di kecmatan diatas jalannya masih bubur merah trus pembanguannya mana?? apa??, kita hanya bisa berdoa dan berharap semoga wakil-wakil kita yang duduk di DPRD sana mau berbicara dan membuka mata untuk memperhatikan wilayah dengan kec. yang tersebut diatas dapat memisahkan diri dari Kab. OKI…..

  15. jerrico thomas said

    sabar bro,smua itu butuh waktu dan perjuangan..semua ada pada program pemerintah tapi tidak semudah seperti meminum air dalam gelas..

  16. DELTA BOY's said

    aku setuju bae,asal seluruh guru honorer dingkat menjadi PNS demi pemerataan guru di Kab.baru.
    dan keamanan dari pangkalan lampam s/d tl.selapan terjamin dari penodongan dan semacamnya.dan aku mohon utmakan jalan raya
    di bangun dengan baik.dari desa deling s/d tl.selapan.sebab desa deling adalah perbatasan kabupaten.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: