infokito

jembatan informasi kito

Sumsel Rangking Tiga Penyalahgunaan Narkoba

Posted by infokito™ pada 14 Februari 2008

Penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa di wilayah Sumsel sudah sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan survey populasi dan sampel penggunaan narkoba bagi pelajar dan mahasiswa di seluruh provinsi se-Indonesia,S umsel mendapat rangking ke-3 di bawah DKI Jakarta dan Sumut.

”Ini dibuktikan melalui indikator praperensi dari 100 orang pelajar dan mahasiswa, indikator presentase penyalahgunaan narkoba mencapai angka 5,6%,” ujar Penyuluh Madya Bidang Pencegahan BNN Yudi Rusmayadi, seusai Dialog Interaktif bertema ”Badai Narkoba dan Judi Menerpa Artis, Pejabat dan Anak-Anak” di Ball Room Hotel Swarna Dwipa Palembang Rabu (13/2) kemarin.

Yudi menjelaskan, 6% dari 27.000 total responden, terindikasi terlibat penyalahgunaan narkoba. Responden diambil mulai dari pelajar SLTP, SLTA dan Mahasiswa. Yudi menjelaskan, untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba dikalangan pelajar dan mahasiswa diperlukan formulasi yang tepat guna, tidak hanya aparat kepolisian yang bertugas menyelesaikan, akan tetapi warga masyarakat juga dapat berperan aktif dalam memantau perederan dan penyalahgunaan narkoba.

Caranya dengan mengenal lebih jauh, apa itu narkoba, ciri dari anggota keluarga dan lingkungan sekitar yang menggunakan narkoba, serta menginformasikan kepada aparat setempat jika terindikasi di lingkungannya ada warga yang menggunakan narkoba atau bahkan mengedarkan narkoba.

Tujuannya untuk lebih mengikis lebih dalam dan menekan angka penyalahgunaan narkoba di Sumsel dan mengembalikan pelajar dan mahasiswa kembali ke jalur akademisi. Kapolda Sumsel Irjen Pol Ito Sumardi menjelaskan, formulasi paling tepat untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dan mahasiswa dengan menyatakan ikrar seperti yang dilakukannya terhadap seluruh jajaran Polda Sumsel.

Yakni, menyatakan ikrar bersama antara polisi, pelajar dan mahasiswa untuk tidak menggunakan narkoba. Bila perlu didampinggi Kapolri, BNN, Diknas, bila terbukti mengunakan narkoba sanksi tegas bagi aparat kepolisian dan PNS adalah dipecat secara tidak hormat.

Kapolda menambahkan, Maret 2008 mendatang, pihaknya bekerjasama dengan Gubernur Sumsel Syahrial Oesman akan mendeklarasikan Sumsel bebas narkoba. Ini merupakan wujud keseriusan Kapolda bersama Gubernur dalam menekan angka penyalahgunaan narkoba di Sumsel. (CR-15/SINDO)

Satu Tanggapan to “Sumsel Rangking Tiga Penyalahgunaan Narkoba”

  1. cia said

    BOHONG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: