infokito

jembatan informasi kito

  • ahlan wa sahlan

  • Tulisan Terbaru

  • Laman

  • Arsip

  • Kategori

  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2.485.004 tampilan

Kontroversi Gambar Nabi di Wikipedia

Posted by infokito™ pada 9 Februari 2008

Anda mungkin akrab dengan Wikipedia, ensiklopedia online yang gratis untuk diakses. Kali ini, pemuatan tulisannya tentang Nabi Muhammad SAW ternyata mengundang kontroversi. Pasalnya, situs ini memuat pula sejumlah ilustrasi bergambar beliau.

Gambar yang kontroversial itu ada dalam edisi berbahasa Inggris. Tak urung, protes secara online pun merebak dalam beberapa pekan terakhir, demikian menurut harian International Herald Tribune edisi 5 Februari lalu.
177774-1196726764-main.jpg
Sejumlah surat elektronik dikirimkan kepada Wikipedia. Tak hanya itu, sebuah petisi online menyebutkan bahwa Islam melarang memuat gambar Nabi Muhammad SAW. Petisi itu mengklaim telah memiliki lebih 80 ribu tanda tangan, meski banyak di antara mereka yang mengirim tanda tangan ke situs ThePetitionSite.com ini tanpa identitas.

”Kami telah mendapat banyak masukan yang mirip, email yang kelihatannya mirip juga, mulai pertengahan Januari,” kata Jay Walsh, juru bicara Wikimedia Foundation di San Francisco, Amerika Serikat.

Sementara itu dalam bagian tanya jawab di situs Wikipedia, dijelaskan kebijakan situs ini secara sopan namun gamblang, yang intinya tetap menolak menarik gambar-gambar tersebut.

”Karena Wikipedia adalah ensiklopedia yang tujuannya mewakili seluruh topik dari sudut pandangan netral, Wikipedia tidak menyensornya atas kepentingan kelompok tertentu,” demikian tulisan yang tertera pada halaman tentang Nabi Muhammad SAW.

Bagaimanakah komentar dari pembaca?

”Ini jelas tidak bisa diterima, menampilkan gambar Nabi,” kata Saadia Bukhari dari Pakistan, dalam surat elektroniknya. ”Itu menunjukkan tidak peka terhadap perasaan umat Islam dan harus dihapus sesegera mungkin.”

Sementara itu gambar-gambar yang ditampilkan di Wikipedia dalam bentuk gambar atau lukisan yang diambil dari naskah-naskah pada abad pertengahan. Misalnya lukisan karya Rashid Al-Din, pada sekitar 1315 M, kemudian lukisan Al-Biruni pada abad ke-15, serta lukisan Persia yang menunjukkan saat Nabi Muhammad SAW melakukan Mi’raj. (yyn/republika/infokito)

10 Tanggapan to “Kontroversi Gambar Nabi di Wikipedia”

  1. Apakah data-data yg disajikan Wikipedia untuk banyak hal ini valid dan bisa dijadikan rujukan yg benar dan akurat? 🙄

  2. fiagla said

    gmbrny aja udh mengundang kontroversi, mungkin isiny juga
    *berangkat ke TKP*

  3. hariadhi said

    Valid kok sebenarnya. Gambar itu memang ada.

    Wikipedia itu kan cuma kumpulan kesimpulan dari berbagai macam buku. Jadi kalau sampai ada gambar seperti itu yah kenapa juga yang disalahin wikipedianya? Wong itu sudah mulai ada di buku-buku sejak tahun 1960an kok.

  4. hariadhi said

    Kalau mau lihat sumber gambarnya, coba klik gambar yang dianggap bermasalah itu, biasanya ada keterangan discan dari buku apa, karangan siapa, dan kadang di perpustakaan mana buku itu disimpan.

  5. Ari said

    Sebaiknya administrator “info kito” menghapus artikel ini dari situsnya, untuk mencegah keingintahuan lebih jauh dari para pembaca.

    Bagi yang sudah membuka, gambar itu hanya lukisan, yang tidak perlu dikomentari dan dihayati, apalagi dianggap benar bahwa figur atau sosok Rasulullah s.a.w. seperti yang dilukiskan.

    Perlu saya informasikan bahwa di tempat saya bertugas sekarang ini, pernah juga ada demonstrasi besar-besaran menentang pencabutan karikatur Rasulullah s.a.w yang pernah bikin heboh dulu. Lalu Rektor Universitas Clemson, South Carolina, AS, menanggapi: Kita memang negara bebas, bebas mengemukakan pendapat apa saja. Tapi sangat tidak etis menggunakan kebebasan itu untuk melukai hati seseorang. Apalagi yang merasakan luka itu jumlahnya jauh lebih besar dari jumlah penduduk negara ini. Apa mau negara kita dianggap sebagai negara yang tidak punya toleransi.
    Akhirnya demonstrasi menentang pencabutan karikatur itu berubah menjadi demonstrasi mendukung pencabutan karikatur.

  6. hariadhi said

    hehehe malah lucu kalau punya pemikiran kaya begitu. Informasi di internet ya seperti bisul. Mau disembunyiin segala rupa juga suatu saat juga orang pasti akan ketemu. Jadi daripada disembunyi-sembunyikan ya mending dibahas saja dengan akal sehat, daripada ditutupi tapi malah menimbulkan tafsir yang aneh-aneh.

    Saya pikir aneh lah.. Udah bisa make internet tapi ga bisa bedain mana bukti sejarah dan mana yang buat disembah.

    Oh ya, saya setuju kalau disebut itu sebenarnya sekedar karya lukisan. Jadi nilainya subjektif, sama sekali ga mencerminkan apa benar Muhammad mukanya seperti itu atau tidak. Interpretasi mah tidak bisa dihalang-halangi.

  7. Assalamu Alaikum Wr wb

    Masya Allah………. sadar… sadar ….. sadar ……..
    andaikan tahu siapa RASULULLAH SAW sebenarnya maka hal ini tidak akan jadi perdebatan dan pertengkaran dan apalah namanya..

    mengapa Rasulullah saw Melarang gambar beliau karena :

    1. Memamang tidak bisa digambarkan
    2. dikhawatirkan akan disembah manusia seperti agama lain yg ada gambarnya.
    3. Tidak perlu gambarnya karena yg penting mengamalkan ajaran beliau dan menjauhi larangan beliau secara benar dan kaffah.
    4. Rasakan saja nikmatnya Dzikir yg diajarkan Rasulullah Saw

    Demikian sekedar masukan dari saya dan mohon maaf jika salah/khilaf.

    Wassalam

  8. “Allahuma Sholi ‘Ala Muhammad Wa ‘ala ali muhammad”

  9. itulah indonesia negara demokrasi tapi trlalu korosi pemikiranya,mudah terpancing dan emosi
    mudah terlihat oleh negara lain kelemahan kita,coba dulu slidiki,jangan sedikit2 demo,senang benar dengan demo.liat jepang pakai otak,kalau indonesia pakai otot,kalau sdh kejadian,
    bilangnya kaasihan,utunglah…..bagaimana bangsa ini mau maju,semua gila demo,kedudukan….cape dechhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh……..

  10. harusnya kita melakukan suatu perbuatan yang tidak menimbulkan dosa pada diri kita dan tidak menimbulkan dosa pada diri orang lain. kalau diterus2in, bukan hanya perang mulut yang terjadi, bahkan pertumpahan darah pun bisa jadi. wallahu a’lam. allahumma sholli ala sayyidina muhammad.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: