infokito

jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Awas Upal Berseri YLC-146xxx

Posted by infokito™ pada 22 Desember 2007

Warga Kota Palembang patut waspada jika mendapatkan uang pecahan Rp 50 ribu-Rp 100 ribu bernomor YLC 146305-146400 dan 246331. Pasalnya, uang tersebut diduga telah dipalsukan sindikat pemalsu dan pengedar uang palsu (upal).
Terungkapnya aksi kejahatan ini, setelah M Basirudin (41) yang diduga anggota sindikat pengedar uang palsu dibekuk jajaran Polsekta Gandus pimpinan Iptu Joko Soemarjono, di salah satu warung milik Raden Abrianto (20) kawasan Jl Sakyakirti Musi II, Jumat (21/12) sekitar pukul 03.00.

Kapoltabes Palembang, Kombes Pol Drs Zainul Arifin, SH, MH melalui Kapolsekta Gandus, Iptu Joko Seomarjono mengatakan, penangkapan terhadap M Basirudin berdasarkan laporan Raden Abrianto ke Polsekta Gandus yang mengaku curiga dengan uang pecahan Rp 50 ribu yang dibelanjakan di warungnya. Pelaku saat itu membelanjakan uang Rp 50 ribu untuk membeli 3 bungkus rokok.

Berdasarkan laporan ini, Joko segera memerintahkan petugas Unit Reskrim untuk melakukan penyelidikan termasuk memeriksa uang yang dibelanjakan pelaku. Setelah dipastikan ada kejanggalan pada uang ini, petugas segera bergerak dan membekuk Basirudin yang saat itu sedang berada di kawasan Dua Kafe Musi II, sekitar pukul 03.00.
Selanjutnya petugas segera menginterogasi warga Dusun II Teluk Betung Pulaurimau Banyuasin ini dan melakukan penggeledahan. Petugas kemudian memeriksa motor Yamaha Jupiter MX milik pelaku dan dari jok motor itu ditemukan 20 lembar pecahan Rp 100 ribu dan 60 lembar pecahan Rp 50 ribu dengan upal mencapai Rp 5 juta.

Menurut salah seorang petugas penyidik yang melakukan pemeriksaan, tanda-tanda uang itu merupakan uang palsu setelah dilihat dari bentuk, warna uang, serta gambar termasuk benang pengamanan tidak ada pada uang tersebut. “Memang tidak ada perbedaan dengan uang asli dan para pelaku sudah cukup canggih melakukan pemalsuan,” katanya.

Sementara itu, setelah menjalani proses pemeriksaan, Basirudin belum dapat ditemui. Sebab pria empat anak ini dibawa petugas yang melakukan pengembangan ke kawasan Banyuasin tempat tinggal pelaku.

Terkait dengan pengembangan ini, Joko belum dapat memberikan komentar. Tetapi mantan Kanit Reskrim Kepolisian Pelaksanan Pengamanan Pelabuhan (KP3) ini menegaskan, diduga uang itu sudah beredar di kawasan Palembang dan Banyuasin. Untuk membuktikan kebenaran itu petugas saat ini masih melakukan penelusuran dan penyelidikan di lapangan.

Ditambahkan Joko, melihat bentuk uang yang hampir menyamai uang asli itu, diperkirakan para pelaku merupakan sindikat dan memiliki peralatan yang canggih. Namun belum dapat dipastikan apakah dicetak di Palembang atau dari Jakarta. Selain itu seri uang juga berbeda-beda dan berurutan yakni, YLC 146305-146400 dan 246331, tetapi dicetak ganda. “Tanda lain dari uang ini palsu adalah beberapa seri atau nomor pada uang dicetak ganda. Ada yang dua lembar ada juga yang tiga lembar. Diduga mereka merupakan sindikat besar. Hal inilah yang tengah kita dalami, sebab ada beberapa keterangan yang sepertinya sengaja tidak diungkapkan pelaku,” tegas Joko.(ndr/cw6/sripo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: