infokito

jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Arkeolog Temukan Arca di Delta Berbak, Jambi

Posted by infokito™ pada 10 November 2007

Tim arkeologi wilayah Sumbagsel menemukan arca anjing dan sejumlah perabot China Kuno peninggalan masa Kerajaan Sriwijaya di sepanjang Delta Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi. Kawasan ini diduga kuat bekas salah satu pusat perdagangan Asia Tenggara pada abad ke-10 hingga abad ke-13.

Benda-benda peninggalan sejarah ini ditemukan terpendam dalam lahan bergambut, mulai dari muara hingga masuk ke Sungai Lambur, Sumber Naik, dan Pamusiran. Ketiga daerah aliran sungai (DAS) tersebut kondisinya telah mengering akibat proses alam selama berabad-abad. Permukaan sungai-sungai ini mengalami penurunan sehingga diperkirakan aliran airnya beralih ke DAS Sungai Batanghari.

Ketua Tim Proyek Penelitian Arkeologi dari Balai Arkeologi Palembang Haris Susanto, Kamis (8/11), mengemukakan, sebagian besar temuan tim berupa keramik dan gerabah, tetapi sudah menjadi pecahan-pecahan. Sejumlah barang yang masih utuh telah ditemukan jauh sebelumnya oleh masyarakat sekitar dan disimpan atau diperjualbelikan.

“Kami juga sempat mengambil sampel temuan arkeologi yang masih utuh dan disimpan oleh warga setempat di rumahnya.” tuturnya.

Dalam penelitian tahap II, proyek yang berlangsung selama dua bulan ini, tim mendapatkan arca anjing kecil, mangkuk keramik, kendi gerabah, tempat minum, tutup cepu berbentuk angsa, vas, serta buli-buli atau botol gerabah. “Seluruh temuan ini kami dapatkan dari dalam gambut, sebagian lagi kami dapatkan dari masyarakat yang menyimpannya,” tutur Hari.

Menurut dia, Delta Berbak merupakan salah satu pusat persinggahan pelayaran, perdagangan, serta jalur masuk menuju pedalaman Jambi. Dari Delta, sebagian kapal berlayar masuk lewat Sungai Batanghari. Sebagian lainnya melewati Sungai Lambur, Sumber Naik, dan Pamusiran. Terkait dengan hal itu, Haris menemukan pola permukiman yang linear mengikuti alur sungai di wilayah tersebut.

Listianingsih, analis Keramik dari BP3 Jambi, mengemukakan, temuan benda-benda perabot dari bahan keramik China kuno tersebut diperkirakan berasal dari masa pemerintahan Dinasti Sung/Song pada abad ke-10 hingga abad ke-13. Pada masa itu, ekspansi pedagang-pedagang dari China memang cukup tinggi, termasuk ke Nusantara. (ITA/kmps)

3 Tanggapan to “Arkeolog Temukan Arca di Delta Berbak, Jambi”

  1. Penemuan ini menegaskan dan menguatkan fakta sejarah bahwa Jambi merupakan pusat kerajaan sriwijaya masa lampau. Setelah sebulmnya sudah ditemukannya beberapa candi dan biaro di situs muara jambi. Begitu juga saat ditemukannya reruntuhan bangunan istana Sriwijaya di Dharmasraya.

  2. Maaf sebelumnya pak Fadly, perlu kajian mendalam untuk menetukan letak lokasi kerajaan Sriwijaya. Para ahli arkeolog pun masih berbeda pendapat mengenai lokasi kerajaan ini. Masing-masing dengan data dan fakta yang akurat. 🙂

    Terima kasih 🙂

  3. anbhar said

    Pamusiran?
    sy kadang heran… nama tempat kelahiran saya Desa Pemusiran kok yang sering tertulis adalah Pamusiran
    hikzzzz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: