infokito

jembatan informasi kito

  • ahlan wa sahlan

  • Tulisan Terbaru

  • Laman

  • Arsip

  • Kategori

  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2.485.015 tampilan

Motif Songket Khas Palembang Diduga Dicuri Malaysia

Posted by infokito™ pada 7 November 2007

Motif songket khas Palembang, Sumatera Selatan, diduga sudah dicuri dan dikembangkan di negara Malaysia. Oleh karena itu, legislatif mendorong agar Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mematenkan semua motif songket milik perajin Palembang. Demikian dikatakan Fatimah, anggota DPRD Sumsel, Selasa (6/11).

Menurut dia, songket ini disiapkan untuk menjadi salah satu souvenir khas Sumsel pada saat pelaksanaan “Visit Musi 2008” mendatang. Namun, dia menyayangkan karena ada informasi yang beredar bahwa motif dan corak songket ini sudah dijiplak serta dikembangkan di negara jiran tersebut. “Karena itu, pemerintah harus segera menginventarisasi semua perajin songket di Palembang, beserta motif yang diproduksi. Informasi sementara, sudah ada sekitar 100 motif songket yang didaftarkan Dirjen HAKI,” kata dia. (ONI/kmps)

14 Tanggapan to “Motif Songket Khas Palembang Diduga Dicuri Malaysia”

  1. billy said

    mati lah kau sano malaysia!!!!!

  2. Jangan galak melok2 terpropokasi macam di jawo nih oi, Wajar bae songketnyo mirip kareno samo2 Budaya Melayu, jgn melok2 latah lah, samo2 keluargo dewek…Yg sedih tuh songket kito jd tradisi suku lain yg di pakek untuk upacara perkawinan yg beda akidah sm kito, yg mak itu dak di rebotke heran nian aku…

  3. Ado nian men kato Mang Cek Plembang Jayo tuh, dak usah melok latah-latahan lah…Pecak Barongan yg di Rebotke oleh wong Ponorogo tuh, yg main ke nyo jg wong Jawo tu lah. Ingat jg lah nenek moyang wong Malaysia tuh Rajo Pamesewara tuh Pangeran Plembang, jadi kalu ado budaya nyo samo apolagi songket wajarlah…Pesen aku dak usah melok2 latah yeh…samo2 dulur Melayu & Islam.

  4. Moan said

    Halah…
    emang dasar tuh Malingsia…. gak tau dehhh. kenapa sihhh mereka tuh selalu maling//….! mungkin maling itu juga udah jadi kebudayaan mereka kali yah??? ckckck… kasian…!
    Untuk semuanya… TERUS BERJUANG MEMBELA BANGSA KITA….

  5. Oi Moan jangan galak jadi propokator yeh, hobby nian nak manas2i suasano, banyak nian wong pecak kau nih, jgn meraso paling bener dewek yeh, kagek malu dewek…dak usah nak makek2 namo bangsa lah, meluat nian wong besak mulot pecak kau nih…

  6. sumila said

    Assalamualaikum,

    Saudara/saudari Moan, tak baik bilang begitu..kita orang Malaysia pun ada kelebihan kita..kalau dikaji, apalah sangat bezanya Malaysia dan Indonesia..satu rumpun bangsa dan agama..so, tidak heranlah kalau cita rasa kita juga sama, kerana asal datuk nenek moyang kita juga adalah sama..kata orang, cakap siang pandang2, cakap malam dengar2..jangan sampai ada yang terluka hatinya..wallahuaklam.

  7. julia said

    Saya pernah dengar berita tentang menteri pariwisata malaysia yang menyatakan” kami merasa berhak untuk ikut melestarikan seni budaya Indonesia karena kita adalah bangsa serumpun”.Kini beberapa warga Malaysia juga bilang hal yang sama.

    bangsa serumpun??? saya akui memang kita bangsa serumpun, tapi bukan berarti bisa seenaknya bilang seni budaya bangsa Indonesia sebagai asli milikmu! Bangsa yang serumpun seharusnya bangsa yang saling menghargai….

    Untuk pemberitahuan saja, banyak sekali orang china di negara Indonesia ini tapi kami tidak mengaku-ngaku bahwa Barongshai adalah asli kesenian kita. Walau warga Indonesia asli pandai menari Barongshai dan bisa membuat sendiri peralatan keseniannya tapi kami tetap bilang bahwa Barongshai adalah kesenian asli China.

    Jika warga Malaysia masih mengaku warga serumpun, seharusnya mereka tidak memperlakukan beberapa pekerja Indonesia seperti budak, yang nasibnya mengenaskan!!

    Kini rasa serumpun dengan Malaysia rasanya sudah hilang. Kalo dibilang “Klepto” rasanya sudah tak pantas karena Malaysia memang sudah berniat mencuri apapun milik bangsa Indonesia. Bangsa Pencuri adalah sebutan yang pantas untuk Malaysia.

  8. nha said

    bener.. jangan mengaku sebuah negara maju klu ternyata tercipta budaya ambil sini..ambil sana..sikat..

  9. soro said

    emang INDONESIA KAYA dan malaysia miskin sampai2 budaya INDONESIA aja di curi negara pencuri (malaysia). emang bener julukan malingsia. negara malingsia cuma bisa hasilkan TERORIS

  10. rahmad said

    wah… mak cacam agak manas.. tapi yang perlu digarisbawahi memang satu rumpun bangsa melayu tapi yang perlu ditandai dengan remark yang bahaya adalah kenapa motif yang merupakan motif songket khas palembang harus dicaplok dan dipatenkan sebagai milik bangsa sendiri, padahal setiap rumpun melayu masing2 mempunyai motif yang bezo-bezo!!! masalah songket adalah memang kain khas melayu yang tidak bisa dipisahkan, tapi perkara motif adalah masing2… mengapa harus memplagiat seperti pencuri tak bertanggung jawab seperti itu.. harus malu sebagai bangsa melayu sebagai mana datuk kita berbicara tentang menjaga kearifan lokal…(pangeran abdurrahman sabokingking)

  11. ady said

    malingsia(malaysia) ga tau malu x yah.,atau malah ga punya malu…
    dah maling kebudayaan orang.,lagu kebangsaan di bikinin ma INDONESIA bukanya makasih malah nusuk dari belakang.,dasar….ga kreatif banget sih…..

  12. boleh niru , asalkan jangan dipamerkan ke indonesia .

  13. MALAYSIA SAMPAI KAPANPUN , AKAN DISEBUT NEGARA MALING , TAK PUNYA BUDAYA , TAK PUNYA ETIKA . JANGAN DISEBUT NEGARA MAJU , KERJAANNYA AJA MALING >.<

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: