infokito

jembatan informasi kito

Persiapan Penyelenggaraan Haji 2007

Posted by infokito™ pada 27 Oktober 2007

Insya Allah, pada 17 November hingga pertengahan Desember 2007, sekitar 210 ribu umat Islam Indonesia, akan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. Secara bergelombang, para calon jamaah haji Indonesia bergerak meninggalkan Tanah Air untuk melaksanakan syarat, rukun dan wajib haji. Seperti berpakaian Ihram, Tawaf, Sa’i, Wukuf di Padang Arafah, melempar jumrah, mabit di Mina dan Muzdalifah serta memotong rambut (tahallul). Hal yang sama, tentu juga akan dilakukan calon jamaah haji dari negara-negara lainnya.

Bagaimanakah persiapan penyelenggaraan haji Indonesia di tahun 2007 ini? Termasuk di dalamnya antisipasi persoalan katering, pemondokan dan penerbangan? Seluruh umat Islam di Indonesia tentu berharap, penyelenggaraan haji tahun 2007 ini lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. ”Persiapannya sudah selesai semua. Kita tinggal menunggu pemberangkatan kloter pertama pada 17 November 2007,” jelas Menteri Agama (Menag) RI, HM Maftuh Basyuni seusai Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Menko Kesra, Jumat (5/10), seperti dilansir harian republika.

Beberapa persoalan serius yang ditangani Departemen Agama (Depag) dalam memperbaiki penyelenggaraan haji tahun ini antara lain, masalah pemondokan, katering dan penerbangan. ”Soal pemondokan juga sudah tidak ada persoalan. Hanya saja, saat ini rata-rata berjarak lebih dari 1,4 kilometer (km) Masjidil Haram (Makkah),” jelasnya.

Namun demikian, lanjutnya, bagi jamaah haji yang mendapatkan pemondokan lebih jauh dari 1.400 meter (1,4 km) akan disediakan kendaraan gratis yang akan membawa mereka menuju Masjidil Haram. ”Jamaah yang pemondokan sangat jauh, uang sewanya lebih murah dibandingkan dengan yang dekat. Dan sisa uang yang sudah disetorkan akan dikembalikan lagi pada jamaah,” tambahnya. Menag menambahkan, pada musim haji 2007 ini, pihaknya juga menambah jumlah pemondokan untuk menampung seluruh jamaah haji Indonesia.

Sementara itu, menyangkut katering haji, Menag menegaskan, pihaknya sudah berupaya untuk mengantisipasi kemungkinan terlambatnya pasokan makanan kepada jamaah haji yang sedang melakukan ibadah dengan melakukan kontrol dan pengawasan yang ketat. ”Kita masih memakai katering terdahulu, namun Depag akan mengawasi proses pelaksanaannya,” tegasnya.

Mengenai muassasah, lanjut Menag, Depag hanya melibatkannya sebagai koordinator saja. ”Untuk katering kali ini, kita bekerjasama dengan muassasah yang ditunjuk sebagai koordinatornya,” jelas Menag. Ia meyakinkan, bahwa pelaksanaan katering tahun ini lebih bagus dan lebih murah dibandingkan tahun sebelumnya.

Agar penyelenggaraan haji berjalan dengan baik, tegas Maftuh, pihaknya meminta jaminan dari pemerintah Arab Saudi. Sebab, pihak Arab Saudi telah mensyaratkan 20 persen jumlah biaya yang dibayarkan agar disetorkan ke Departemen Haji. ”Jika terjadi sesuatu, dana itu bisa kita cairkan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Dana itu merupakan jaminan atau bank garansi,” jelasnya.

Namun demikian, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Said Abdullah, masih menyesalkan terlambatnya proses penandatanganan penggunaan pesawat Garuda Indonesia Airlines (GIA) dan Saudi Arabia Airlines (SAA). ”Dengan Garuda baru ditandatangani pada 21 September, sementara dengan Saudi Arabia belum dilakukan penandatangan. Ini sangat kita sayangkan,” tegas Said, Senin (8/10) lalu seperti dilansir harian republika.

Padahal, lanjut Said, DPR RI telah menyetujui kerjasama dengan kedua maskapai itu untuk mengangkut jamaah haji Indonesia pada empat bulan silam. ”Selama lebih empat bulan, mengapa dengan Garuda baru saja melakukan penandatanganan, sementara dengan Saudia malah belum?” ungkapnya. ”Jika hingga tanggal 20 Oktober 2007 belum ada juga kepastian dengan Saudia, sebaiknya segera cari maskapai penerbangan lain. Bisa dengan China, Rusia atau pun negara lainnya,” tegas Said.

Said mengungkapkan, selama ini pihak pemerintah Arab Saudi, khususnya maskapai Saudi Airlines, seringkali mengulur-ulur waktu. Hal itu berakibat pada buruknya penyelenggaraan ibadah haji Indonesia. ”Saya tegaskan, pihak Saudi Airlines jangan berbuat sesuatu yang berakibat pada buruknya citra jamaah haji Indonesia. Pemerintah Indonesia siap mencari maskapai lain yang mungkin pelayanannya lebih baik,” paparnya.

Sejumlah pihak, seperti konsultan haji, maslahat haji, Rabithah Haji Indonesia, IPHI, biro haji khusus yang tergabung dalam AMPHURI berharap penyelenggaraan haji tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Mulai dari penerbangan yang tidak mengalami delay (penundaan), katering yang cepat dan baik serta tidak mengalami keterlambatan distribusi dan masalah pemondokan yang bisa menyenangkan dan menentramkan jamaah. ”Kita semua sangat berharap, penyelenggaraan haji tahun ini bisa lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kalau pun ada persoalan, hendaknya itu persoalan kecil dan bisa diatasi dengan segera tanpa merugikan jamaah,” jelas Ade Marfuddin, ketua umum Majelis Pimpinan Pusat Rabithah Haji Indonesia (MPP-RHI). [sya/republika]

Berikut link donlot Jadwal Rencana Perjalanan Haji untuk tahun 1428 H/2007 M ini.
Link Donlot » Klik disini

Berikut link Data Penyelenggaraan Haji 1428 H, meliputi rekapitulasi Pemberangkatan Jamaah Haji, Jadwal Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji dan Data Jamaah Haji Indonesia tahun 2007 ini.
Link » Klik disini

» Untuk mengetahui update perkembangan haji tahun 2007 ini bisa diakses melalui alamat www.informasihaji.com

4 Tanggapan to “Persiapan Penyelenggaraan Haji 2007”

  1. AMESYAHADI said

    JADWAL KEBERANGKATAN HAJI DAN PEMULANGAN HAJI SELURUH KOTA TAHUN 2007

  2. AMESYAHADI said

    MOHON DIKIRIMKAN JADWAL KEBERANGKATAN HAJI DAN PEMULANGAN HAJI SELURUH KOTA TAHUN 2007

  3. Adjie said

    Iya nih nyari jadwal haji susah banget padahal itu prnting buat yang terikat cuti

  4. Please let me know if you’re looking for a writer for your blog.
    You have some really great posts and I think I would be a good
    asset. If you ever want to take some of the load off, I’d
    really like to write some material for your blog in exchange for
    a link back to mine. Please blast me an e-mail if interested.
    Thanks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: