infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Malaysia Produksi Vaksin Meningitis HalalMalaysia akan Produksi Vaksin Meningitis Halal

Posted by infokito™ pada 20 Oktober 2007

USMMalaysia akan membuat vaksin meningitis (radang selaput otak) yang halal yang pertama di dunia. Vaksin tersebut yang akan membawa manfaat bagi jutaan orang terutama yang melakukan ibadah haji akan diperkenalkan oleh Universiti Sains Malaysia, USM dalam waktu dua tahun mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pendidikan Malaysia Mustapa Mohamed.

finlay“USM dalam hal ini bekerja sama dengan dengan Institut Finlay di Kuba untuk memproduksi vaksin tersebut. Malaysia dan Kuba bersama sama akan menanggung biaya produksi vaksin itu dalam proyek senilai 6 juta ringgit Malaysia dimana sebanyak 2 juta ringgit diperoleh dari Departemen pendidikan Malaysia dan pihak institut Finlay dari Kuba akan menanggung biaya selebihnya,” kata Mustapa Mohamed dalam acara ramah tamah hari raya Idul Fitri di Fakultas Kesehatan USM di kota Baharu, seperti dilansir kapanlagi.com.  

Hal itu sesuai dengan perjanjian kerja sama dengan Kuba antara institut Finlay dan pihak USM yang disepakati Desember tahun lalu.

Mustapa Mohamed juga mengatakan sebayak 12 orang ahli kedokteran dari USM dan 30 orang ahli dari institut Finlay Kuba akan berkerja sama memproduksi vaksin tersebut yang terbuat dari bahan-bahan dasar yang halal yang diambil dari hewan yang disembelih sesuai dengan aturan Islam.

Pada saat ini vaksin meningitis diimport dari negara-negara Barat yang menggunakan bahan dasar dari sari pati hewan babi, yang merupakan hal yang haram menurut ketentuan agama Islam kata Mustapa Mohamed.

Selama ini negara-negara Muslim bergantung sepenuhnya kepada vaksin non halal tersebut guna memenuhi kebutuhan yang disyaratkan oleh pemerintah Arab Saudi untuk para calon haji yang akan melakukan ibadah haji maupun umrah.

Mustapa juga mengatakan Institut Finlay dipilih sebagai mitra kerja oleh USM untuk proyek ini karena merupakan salah satu pusat penelitian kedokteran yang terbaik di dunia.

“Hal ini merupakan keberhasilan USM dan menjadi kebanggaan bagi bangsa Malaysia apabila dapat mewujudkan rencana tersebut membuat vaksin halal bagi umat Islam sedunia.

Meningitis merupakan penyakit paling umum yang disebabkan oleh jamur kriptokokus. Meningitis adalah infeksi pada lapisan urat saraf tulang belakang dan otak. Penyakit ini dapat menyebabkan koma dan kematian. Kriptokokus juga dapat menginfeksikan kulit, paru, dan bagian tubuh lain. Risiko infeksi kriptokokus paling tinggi jika jumlah CD4 di bawah 100. Jamur ini masuk ke tubuh kita waktu kita menghirup debu atau tahi burung yang kering. (kpl/rit/infokito)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: