infokito

jembatan informasi kito

  • ahlan wa sahlan

  • Tulisan Terbaru

  • Laman

  • Arsip

  • Kategori

  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2.485.011 tampilan

Waspadai Garam di Fastfood

Posted by infokito™ pada 19 Oktober 2007

Segala hal yang berlebihan pasti tidak baik. Karenanya, kandungan garam yang berlebihan pada makanan tidak dianjurkan. Sebuah survei menyebut, kandungan garam pada sejumlah makanan fastfood cukup tinggi.

Consensus Action on Salt and Health (Cash) Inggris menemukan satu makanan dari Pizza Hut mengandung garam yang ukurannya 4 kali lebih banyak dari batas konsumsi garam harian untuk anak usia 6 tahun. Hal itu juga ditemukan untuk beberapa jenis makanan di KFC, McDonalds, dan Burger King. Demikian dilansir dari BBC, Kamis (18/10/2007). 

Semua restoran cepat saji itu mengklaim telah mengurangi garam dalam produk mereka pada tahun-tahun belakangan ini.

Orang dewasa memang sebaiknya maksimum mengonsumsi 6 gram garam per hari, anak usia 7-10 tahun mengonsumsi 5 gram per hari, dan anak 4-6 tahun mengonsumsi 3 gram per hari.

Berdasarkan survei Cash, suatu keluarga yang terdiri dari 4 orang makan bersama di Pizza Hut. Mereka memilih menu sebuah Cheesy Bites Meat Feast, Super Supreme ukuran medium, seporsi garlic bread, beberapa iris kentang, chicken wings, dan makanan penutupnya adalah sebuah cheesecake. Dari tiap makanan itu, mereka bisa makan 12,3 gram garam.

Dengan demikian, jumlah garam yang dikonsumsi dalam satu makanan adalah lebih dari dua kali batasan harian untuk orang dewasa, dan 4 kali lebih banyak untuk anak umur 6 tahun.

Bagaimana dengan di KFC? Satu keluarga memilih 8 mini breast fillet, 2 porsi reguler popcorn rasa ayam, 4 porsi reguler kentang goreng, seporsi besar BBQ, seporsi besar selada, dan 1,5 liter Pepsi. Makanan tersebut dibagi rata untuk 4 orang, sehinga tiap orang mengonsumsi 5,2 gram garam.

Untuk makanan yang dikemas khusus untuk anak-anak, kandungan garamnya bervariasi dari 4,3 gram pada sebuah Pizza Hut chicken wrap dan 0,6 gram pada chicken nugget di Happy Meal McDonald’s.

Cash mengatakan, semua restoran memiliki informasi kandungan garam pada makanannya di situs perusahaannya. Namun Pizza Hut dan KFC tidak memajang informasi tentang itu.

“Survei membuktikan, tingkatan kandungan garam pada beberapa makanan benar-benar mengejutkan. Bagaimana bisa perusahaan bisa menjual makanan yang melebihi batasan harian untuk anak dan orang dewasa pada 1 jenis makanan?” kata ketua Cash, Profesor Graham MacGregor.

Dia menambahkan, tingginya kandungan garam bisa menyebabkan tekanan darah meningkat sehingga berisiko mendapat serangan jantung dalam hidupnya.

Mengurangi Garam

Juru bicara dari Pizza Hut mengatakan, beberapa jenis pizza yang digunakan dalam survei bukanlah bagian dari paket makanan keluarga. Apalagi sejak 2004, mereka telah mengurangi garam pada makanannya.

“Setiap orangtua yang berpikiran sehat tahu kalau Pizza Hut memberi pelayanan dengan baik. Secara signifikan kami juga telah mengurangi kandungan garam dalam produk selama beberapa tahun terakhir ini,” ujarnya.

Juru bicara KFC berujar telah mengurangi garam hingga 30 persen. “Kamilah yang pertama dan yang masih menghilangkan garam dari kentang goreng. Kami membiarkan pelanggan untuk memilih mau pakai garam atau tidak,” jelasnya.

McDonald’s mengklaim telah bekerja keras mengurangi kandungan garam dalam makanan yang dijualnya. Upaya keras itu juga masih terus berlanjut. Sedangkan Burger King menjelaskan, burgernya tidak menggunakan garam tambahan.

Menu makanan yang banyak mengandung garam menurut Cash adalah sebagai berikut:

  1. Pizza Hut Meat Feast Italian Pizza Plus (meat feast pizza, potato wedges, cheesecake) dengan 9,7 gram garam.
  2. KFC Variety Meal (3 potong ayam, 2 sayap, Colonel’s Crispy Strip, kentang goreng regular, dan regular diet coke) dengan 6,3 gram garam.
  3. Burger King Chicken BLT Baguette Meal (ayam BLT baguette, kentang goreng regular, dan Coca-cola reguler) dengan 4,8 gram garam.
  4. McDonald’s Quarter Pounder dengan Cheese Meal (burger dengan keju, kentang goreng ukuran medium, dan medium Coca-cola) dengan 3,2 gram garam.

Sedangkan makanan yang kandungan garamnya cukup rendah di 4 restoran fastfood itu adalah:

  1. McDonald’s Chicken McNuggets Meal (6 chicken nuggets, kentang goreng ukuran medium, dan Coca-cola medium) dengan kandungan garam 1,5 gram.
  2. KFC Colonel’s Meal (2 ayam, kentang goreng ukuran reguler, dan diet coke reguler) dengan 2,5 gram kandungan garam.
  3. Burger King Hamburger Meal Deal (hamburger, entang goreng ukuran reguler, dan Coca-cola reguler) dengan 2,96 gram kandungan garam.
  4. Pizza Hut Seafood Lovers Pan Pizza Plus (seafood pizza, garlic bread, chocolate fudge cake) dengan kandungan 4,7 gram garam. (nvt/nrl/detik)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: