infokito

jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Bangunan Mirip Candi Ditemukan

Posted by infokito™ pada 18 September 2007

Salah satu bangunan bersejarah ditemukan di Dusun Pundong, Desa Pundong, Kec. Diwek, Kab. Jombang, Jawa Timur. Bangunan dari batu bata menyerupai Candi ini ditemukan Sonhaji, warga setempat, saat menggali tanah di belakang rumahnya. Penggalian itu dilakukan Sonhaji untuk menguruk kandang ayam. Awalnya Sonhaji tak menemukan keanehan saat menggali tanah itu. Namun, saat mencapai kedalaman satu meter, cangkulnya menyentuh benda keras. Mengetahui ada yang janggal, Sonhaji berhati-hati dalam menggali tanah hingga tampak bangunan kuno terlihat jelas.

”Penggalian tidak saya teruskan. Saya langsung melaporkan temuan ini kepada petugas Balai Purbakala Mojokerto,” ujar Sonhaji. Sebelumnya, dia mengaku tak mendapat firasat akan menemukan bangunan bernilai sejarah itu. Namun, dia sempat terheran-heran dengan bangunan berupa batu bata berukuran besar yang masih utuh.” Bangunannya berupa batu bata berukuran besar yang ditata seperti layaknya candi,” katanya sembari menunjukkan tumpukan batu kuno yang telah ditata rapi di dalam dapur rumahnya. Hingga sore kemarin, belum diketahui keterangan secara pasti apakah bangunan yang mirip candi itu, merupakan peninggalan zaman Kerajaan Majapahit ataukah Kerajaan Watugaluh.

”Saya diperintahkan untuk berhenti menggali sampai petugas Purbakala datang lagi ke sini. Untuk mengamankan barang temuan ini,saya juga membuat pagar keliling yang terbuat dari bambu,” tuturnya. Melihat lokasi bangunan yang hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari Desa Watugaluh, dimungkinkan bangunan itu merupakan rangkaian peninggalan Kerajaan Watugaluh. Menurut catatan sejarah, Watugaluh yang berada di Kabupaten Jombang ini merupakan kelanjutan Kerajaan Mataram yang dipindah Empu Sendok dari Pusat kerajaan di Jawa Tengah menuju Jawa Timur sekitar tahun 929 M.

Namun kerajaan baru ini tidak lagi disebut Mataram, melainkan disebut Medang. Kemungkinan lain, Candi ini merupakan peninggalan zaman Kerajaan Majapahit karena hanya berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat Kerajaan Majapahit di Mojokerto. ”Saya sendiri belum tahu apakah ini candi peninggalan Majapahit atau Watugaluh,” ujar salah satu warga sambil melihat-lihat detail bangunan dari batu bata berukuran antara 20 cm x 30 cm dengan ketebalan 5 cm ini. (tritus julan/sindo)

7 Tanggapan to “Bangunan Mirip Candi Ditemukan”

  1. suwarno said

    Halo wongkito,
    soal kerajaan watugaluh dan medang (Medangkamulyan) pacak awak jingok di hulu sungai Berantas (malang selatan) disano ado makam Mbah Wongsoredjo dan karya batu purba yang disebut sebagai mbah ompak yang tinggal 2 ikok dan kami yakin itu peninggalan watugaluh asli sampe2 anak cicit keturunan wong watugaluh itu masih ado dan dapat nyeritoke silsilah mereka. Kamek-kamek yakin kalu antaro watugaluh dan dermaga/bandar ujunggaluh yang ma’iniari jadi surabaya itu. Menurut mereka wong2 keturunan watugaluh, kerajaan mereka itu sengajo dilebur untuk ngilangke sejumlah dokumen tentang harto karun mereka. Penghancuran dilakukan oleh baik itu sriwijaya, mataram, dan belando serto inggris.
    Jadi watu galuh yang ado di Malang selatan/sumberpucung selatan pacak dijadike salah satu tempat pelacakan sejarah. kalo nak kesano kalian dak tau atau dak nyampe, kalian pacak ngubungi kamek-kamek di Slorok be2kan. Tanyoke bae namo Mul atau Chandra atau aku dewek Soewarno. Kalo nak tilpun jugo pacak ni dio nomerku 081914567189 kalu dak nyaut sekali buat duo kali atau jangan bosan hubungi kamek.
    Bukak sejarah yang bener jangan tebengkok-bengkok dak keruan.
    makasih
    Soewarno Adi Pranoto
    Swarnadwipa@plasa.com

  2. infokito said

    Mo kasih banyak informasinyo Kando Soewarno.

    Mudah-mudahan gek ado kesempatan untuk mampir2 ke sano. :mrgreen:

  3. Suwarno said

    Oi wong kito galo. Mano kamok2 tu. Payola kito gabung wong sriwijaya. mataram kuno. Jugo wong watugaluh medang kamulyan kamek tunggu

  4. wiono said

    iki kok sregep tenan

  5. wiono said

    iki berita sakjane ket mbiyen tapi aku kok gak pernah ngunjungi koyo ngopo situs candine, blegere sakpira lan kabeh-kabehe…
    saiki ijek gak yo?

  6. soewarno said

    apo kabar info kito
    lamo dak kejingok kemano bae kamok tu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: