infokito

jembatan informasi kito

  • ahlan wa sahlan

  • Tulisan Terbaru

  • Laman

  • Arsip

  • Kategori

  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2.485.015 tampilan

28 Produk China Dinyatakan Berbahaya

Posted by infokito™ pada 11 September 2007

Kepala Bidang Sertifikasi Layanan Informasi Badan Pengawas dan Obat Makanan (POM) Palembang Dra Arofah Nurfaini Apt mengatakan, saat ini banyak beredar makanan, minuman, dan kosmetik yang mengandung bahan pengawet serta kimia yang berbahaya pada beberapa produk asal China.

Dia mengimbau, masyarakat supaya berhati-hati dalam menggunakan sebuah produk di pasaran.” Kita telah mengeluarkan 28 produk asal China yang mengandung formalin dan bahan kimia berbahaya, agar tidak dipergunakan. Serta melakukan penarikan terhadap produk-produk yang dilarang tersebut,”tandasnya.

Dia mengatakan, beberapa produk yang dilarang merupakan hasil investigasi dan pengujian laboratorium Badan POM RI pada 2006 dan 2007 terhadap beberapa jenis kosmetik yang beredar di masyarakat. Kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya dan dilarang digunakan yaitu, Merkuri (Hg), Hidroquinon lebih dari 2%, Retinoic Acid/Tretoin, zat warna Rhodamin B, serta beberapa jenis bahan kimia lainnya,” terang dia. Nurfaini menjelaskan, masyarakat yang menggunakan kosmetik dan beberapa jenis produk berbahaya lainnya,tidak mengetahui secara jelas kandungan yang terdapat di dalamnya.

Hal ini sering kali menimbulkan dampak negatif setelah menggunakan sebuah produk. ”Masyarakat tidak jeli dalam menggunakan sebuah produk sehingga berakibat fatal dan terkadang kondisi pengguna bertambah buruk,”ungkapnya. Dia menjelaskan, Hidroquinon lebih dari 2% dapat menyebabkan iritasi pada kulit sehingga menjadi berwarna kemerahmerahan dan terasa terbakar. Dia menambahkan, bila bahan tersebut dikonsumsi akan menyebabkan kelainan pada ginjal, kanker darah,dan sel hati. (edy parmansyah/SINDO)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: